Keunggulan Software ERP Manufaktur Terbaik Untuk Industri

Tentu ada alasan mengapa software ERP Manufaktur terbaik diperlukan oleh industri manufaktur, maupun perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi. Sebagai sebuah sistem, Entreprise Resource Planning merupakan sebuah tools yang wajib dimiliki oleh industri manufaktur guna memberikan keunggulan daya saing yang lebih baik dibanding kompetitor mereka.

Pada artikel kali ini aku mencoba untuk menuliskan beberapa alasan yang membuat perusahaan baik masih skala kecil atau menengah untuk mulai menggunakan ERP dalam kegiatan bisnis produksi mereka.

Alasan Memakai Software ERP Manufaktur Terbaik

Sebagai seorang entrepreneur atau bagian dari pengambil kebijakan, banyak hal diperlukan agar menghasilkan efisiensi dalam produksi, selain itu kebutuhan untuk mendapatkan decision support system berdasarkan data perusahaan menjadi keharusan untuk mengambil strategi bisnis di masa depan. Dan Software ERP Manufaktur menyediakan hal tersebut. Mengapa? Berikut adalah alasan penggunaan ERP manufaktur terbaik

cloud inventory management systemever untuk kebutuhan ERP perusahaan

Otomasi Proses Bisnis dengan Adaptibilitas Yang Lebih Baik

Entreprise Resource Planning untuk industri manufaktur mengintegrasikan berbagai hal dalam aspek bisnis perusahaan, antara lain tentang sumber daya, proses manufaktur, monitoring proses, mekanisme pelaporan, laporan penjualan, accounting serta pada bagian finance.

Dengan menggunakan sebuah software ERP manufaktur, perusahaan memiliki data yang terintegrasi dalam satu database terpusat. Sehingga, setiap alur proses, mulai dari sumber daya bahan, alokasi pekerja, proses manufaktur hingga output, sistem pergudangan serta penjualan bisa dengan mudah diketahui.

Sistem ERP memungkinkan perusahaan tidak bergantung pada salah satu individu atau sebuah divisi dalam perusahaan guna melakukan efisiensi produksi dan monitoring proses produksi. Apalagi di masa pandemi dimana, ada regulasi untuk mengatur pembagian jadwal work from home, software ERP manufaktur mampu mengeliminasi ketergantungan pada staff yang sedang menjalani WFH, sehingga perusahaan bisa tetap mendapatkan laporan secara realtime.

Mengurangi Human Error

Penggunaan software ERP terintegrasi memungkinkan perusahaan mereduksi terjadinya human error yang terjadi akibat pencatatan secara manual, error saat pengalihan catatan dari laporan bagian produksi ke bagian finance, maupun keterlambatan input dalam pelaporan hasil produksi.

Hal ini tidak hanya menghilangkan resiko ketidakvalidan data melainkan juga mampu mengakselerasi proses produksi dengan lebih baik.

Memberikan Respon Terhadap Kondisi Pasar Lebih Cepat

Perubahan kondisi pasar dapat terjadi dengan begitu cepat, misalnya di awal pandemi saat penerapan PSBB, banyak perusahaan yang sudah terlambat mengantisipasi kelebihan produksi, sehingga membuat stok gudang menumpuk sedangkan penjualan menurun dengan drastis.

BACA JUGA:   Mengenal Tujuan Utama Dari Lean Startup

Software ERP mampu memberikan analisis data penjualan secara realtime, guna merespon perubahan yang terjadi dalam pasar. Semakin cepat sebuah perusahaan beradaptasi dengan perubahan pasar, semakin baik pula tingkat efisiensi produksi yang dapat dihasilkan.

Mengurangi Biaya

Mengurangi biaya produksi sama pentingnya dengan menurunkan resiko kerugian perusahaan. Penggunaan software ERP manufaktur terbaik dapat mengurangi biaya yang diperlukan dalam proses manual, seperti pencatatan, maupun pelaporan. Cost yang dikeluarkan perusahaan menjadi lebih sedikit berkat adanya sistem otomasi dalam ERP.

Software ERP manufaktur pergudangan terbaik misalnya, mampu memberikan laporan dengan tepat dan realtime mengenai kondisi stok gudang, produk mana saja yang harus segera dilepas ke pasar untuk mengantisipasi tanggal kadaluarsa.

software ERP manufaktur pergudangan terbaik cloud systemever i7

Software ERP manufaktur juga dapat mengefektifkan cost yang dikeluarkan untuk menggaji para pekerja. Para staff accounting dan finance dapat dengan mudah menghitung biaya yang diperlukan untuk para pekerja selama proses produksi dengan lebih efektif.

Memastikan Perkembangan Perusahaan Tidak Terhambat

Perusahaan yang berkembang pesat tentu tidak hanya memiliki satu dua unit usaha saja, perusahaan mungkin memiliki banyak cabang yang tersebar tidak hanya dalam satu kota, tetapi di berbagai wilayah dalam sebuah negara.

Sebut saja, waralaba minimarket yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia, paling tidak ada satu unit minimarket yang ada dalam satu wilayah kecamatan.

Bayangkan jika perusahaan harus mengelola setiap cabang tersebut tanpa keberadaan ERP agar supply produk tidak pernah telat, gudang mana yang terdekat, cabang mana yang memerlukan supply produk tertentu? Tanpa adanya sistem manajemen informasi terpusat, akan sulit untuk menjaga kepuasan pelanggan di setiap cabang minimarket tersebut.

Perusahaan juga akan kesulitan dengan sistem pelaporan dari setiap kepala cabang, kepala wilayah dan seterusnya. Oleh karenanya penggunaan software ERP merupakan sebuah keputusan yang mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan yang puas adalah pelanggan terbaik untuk perusahaan, seringkali tingkat kepuasan pelanggan menjadi tolak ukur bagaimana sebuah perusahaan berkembang ke arah yang benar. Tentunya kepuasan pelanggan ini tidak terjadi begitu saja, melainkan didukung juga oleh sistem Costumer Relationship Management yang terdapat dalam software ERP.

Dengan adanya software ERP, perusahaan dapat dengan cepat menanggapi kebutuhan para klien, keluhan mereka maupun mengirimkan produk dengan presisi pada para pelanggan.

Software ERP manufaktur terbaik perusahaan mampu mendukung dari segi on time delivering product, serta melakukan proses schedulling produksi, inventory, serta distribution channel untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan.

Mengapa Memilih SystemEver i7 Sebagai ERP Manufaktur Terbaik

Sistem Software ERP SystemEver i7 merupakan sistem cloud ERP yang terintegrasi dengan baik dan mampu memenuhi kebutuhan manajemen perusahaan yang efektif dan efisien.

BACA JUGA:   Komitmen Sinar Mas Dalam Berbagi Melalui Bazaar Rakyat 2018

perbedaan Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver

SystemEver i7 sendiri merupakan sistem ERP Manufaktur Pergudangan terbaik yang ada, dan merupakan versi ultimate dari SystemEver. Dalam SystemEver i7, terdapat berbagai software yang dapat mengelola seluruh kegiatan manajemen perusahaan secara komprehensif dan tentunya saling terintegrasi.

Selain i7, SystemEver yang dikembangkan oleh Younglimwon Softlab ini juga memiliki produk lain yaitu

  1. SystemEver i1 (Account Tax Service) yang mempermudah sistem akuntansi dan perpajakan perusahaan
  2. SystemEver i5 (Sales and Distribution) sangat cocok diterapkan pada perusahaan yang fokus pada bisnis penjualan dan distribusi produk
  3. System Ever i7 (Manufacturing) sistem ERP manufaktur yang memiliki solusi pengelolaan manajemen untuk perusahaan manufaktur.

SystemEver i7 memiliki kemampuan mengelola keuangan, akuntansi, pengadaan barang, manajemen produksi, sistem purchasing, pengelolaan SDM, sistem payroll, export import dan lain sebagainya secara akurat dan realtime.

Software ERP Manufaktur terbaik ini memiliki jaminan keamanan data dari penyalahgunaan data, baik yang berasal dari internal perusahaan maupun pihak lain yang tidak berkepentingan. Sistem penyimpanan data juga lebih reliable dengan sistem cloud yang membuat data perusahaan aman, serta dapat diakses dari mana saja.

Sistem pelaporan dalam SystemEver i7 juga mendukung peningkatan efisiensi perusahaan terkait dengan manajemen sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Memberikan sistem penggajian yang lebih efektif dan efisien, serta sifatnya yang realtime dan terstandarisasi dengan baik akan membuat proses bisnis perusahaan dapat berjalan secara maksimal.

Keuntungan Sistem ERP Cloud SystemEver

SystemEver i7 dapat diakses menggunakan multidevice, dan tetap terintegrasi, staff lapangan menggunakan sistem android, staff produksi menggunakan tablet dan dari sisi accounting menggunakan PC maupun sebaliknya tidak mengalami kendala, mengingat software ERP ini berjalan di sisi cloud sehingga lebih reliable dan mendukung berbagai perangkat perusahaan. Dengan demikian, top management perusahaan mendapatkan data yang realtime dan akurat untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang menguntungkan.

Sebagai sistem ERP yang terintegrasi, SystemEver i7 memiliki fitur multi-location inventory yang memungkinkan perusahaan dengan sistem pergudangan dan cabang terpisah dapat berjalan secara efektif, pelaporan inventory untuk setiap cabang/gudang dapat dengan dilaporkan secara lengkap, perusahaan juga bisa mendapatkan report dari setiap area operasional dengan lebih baik.

SystemEver memiliki fitur Visual K-Process Map yang memudahkan para staff perusahaan menjalankan tugas secara kolaboratif dan terintegrasi yang berorientasi pada efektifitas proses bisnis perusahaan.

Sebagai seorang entrepreneur sukses yang memiliki visi hebat di masa yang akan datang, anda dapat mempercayakan SystemEver Indonesia sebagai software ERP manufaktur terbaik yang bisa anda dapatkan sebagai mitra bisnis anda. Kunjungi https://systemever.co.id/id/join-partner untuk mulai masa depan perusahaan anda yang lebih hebat.

 

 

 

14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.