Cara Mengetahui Kode Kadar Emas Perhiasan

Buat para ibu yang ingin berinvestasi sembari berhias, membeli emas tentu merupakan pilihan bijak, namun perhatikan kadar emas yang ingin dibeli. Berbeda dengan logam mulia yang memiliki kadar 99.99% atau dikenal dengan istilah fine gold, di pasaran banyak sekali jenis kadar emas, biasanya untuk emas perhiasan, dikenal istilah emas muda dan emas tua, emas muda adalah perhiasan emas yang memiliki kadar emas kurang dari 50% sementara emas tua, memiliki kadar emas di atas 50%, namun demikian. Tentunya jumlah kadar emas ini pun masih harus dibagi-bagi lagi.

Jenis Emas Yang Beredar di Pasaran

Emas dapat ditemukan di alam, dalam bentuk bijih maupun dalam bentuk bongkahan, emas ini awalnya ditambang secara tradisional, seiring berjalannya waktu, emas pun ditambang secar profesional di seluruh dunia. Indonesia sendiri terkenal sebagai penghasil emas sejak masa silam, bahkan pulau Sumatera di masa lalu berjuluk Svarnadwipa atau pulau emas.

Ada beberapa jenis emas yang ada di pasaran

  1. Bijih emas dan emas tambang – emas ini adalah emas yang murni didapatkan dari alam, berupa bijih dan bongkahan, umumnya emas ini bercampur dengan logam dan unsur lain sehingga harus melewati pemurnian
  2. Emas Cukim – adalah sebutan untuk bongkahan emas yang dipotong sesuai gramnya, tidak melewati cetakan, harga jual kembali emas cukim ini paling menguntungkan karena tidak dikenai ongkos cetak
  3. Emas Perhiasan – emas yang dijual di toko perhiasan dalam bentuk kalung, gelang, anting dan lain sebagainya, emas ini adalah emas campuran yang memiliki kadar berbeda-beda dan akan kita bahas di artikel kali ini
  4. Emas batangan – atau logam mulia, di luar negeri dikenal dengan sebutan Fine Gold, adalah emas kualitas terbaik yang memiliki kadar kemurnian 99.99%. Di Indonesia ada berbagai produsen emas batangan mulai dari Antam, UBS, King Halim dan lain sebagainya.
  5. Dinar – merupakan koin emas, yang pernah dipopulerkan berbagai negara terutama negara-negara muslim sebagai alat transaksi keuangan yang sah di masa silam. Dinar umumnya memiliki kadar emas 22 karat. Saat ini banyak produsen koin dinar yang independen.

Mengapa Perhiasan Memiliki Kadar Emas Berbeda?

Kita sering mendengar istilah karat. Karat adalah kadar kemurnian sebuah logam, dengan demikian karat emas menandakan kadar kemurnian emas dalam sebuah perhiasan. Kadar emas 100% adalah 24 karat, tetapi, karena sifat emas murni tersebut tidak terlalu keras, maka sulit dibentuk menjadi perhiasan.

cara menghitung kadar emas

Oleh karenanya, agar dapat dibentuk menjadi perhiasan, emas harus dicampur menggunakan logam lain, hingga muncullah istilah 23 karat, 22 karat, 18 karat dan seterusnya, semakin kecil nilai karat, semakin kecil pula persentase emas yang dijadikan perhiasan dibanding logam pencampurnya.

BACA JUGA:   5 Manfaat Software Akuntansi bagi Kesuksesan Bisnis, Gratis!

Kita harus ekstra hati-hati saat hendak membeli emas perhiasan, bisa saja kita hanya mendapat emas muda, dengan karat kecil, tanyakan pada penjualnya berapa persen emas yang ada dalam perhiasan tersebut.

Jangan sampai kita tergiur membeli emas tua tapi ternyata kadar emasnya hanya 58%, sedangkan bayangan kita 70-75%. Agar tidak membingungkan mengenai kadar emas ini, umumnya para penjual emas memiliki patokan kode kadar emas, guna memudahkan toko emas untuk mengetahui kadar emas yang dijual tanpa harus melakukan uji kadar. Meski memang untuk meyakinkan akan lebih baik jika emas yang akan dibeli diuji dulu kadar emasnya, namun sebagai orang awam tentu kita mungkin tidak bisa membedakan caranya

Cara Membedakan Kadar Emas dengan Pengujian

Untuk membedakan kadar emas perhiasan bisa dilakukan dengan berbagai metode pengujian. Pengujian ini umumnya dilakukan oleh para pemilik toko emas untuk menakar berapa harga beli yang harus ia keluarkan saat ada pelanggan yang hendak menjual emas ke tokonya.

Menguji Kadar Kemurnian Emas dengan Berat Jenis

Pengujian kadar kemurnian emas menggunakan berat jenis, dipopulerkan oleh ilmuwan Yunani Archimedes yang hidup sekitar 278-212 SM. Berat jenis atau massa jenis, berbeda dengan istilah berat. Berat, biasanya adalah ukuran berat sebuah benda, sedangkan berat jenis adalah berat dari senyawa atau unsur benda tersebut. Emas merupakan sebuah unsur dalam dunia kimia yang berkode Au atau Aurum.

investasi emas batangan

Berat jenis setiap unsur berbeda, meski beratnya sama, tapi massa jenis setiap logam berbeda-beda. Untuk menguji berat jenis emas, kita bisa menimbang satu perhiasan emas tersebut terlebih dahulu. Nilai berat ini disebut dengan berat kering. Misal hasil BK= 3 gram.

Kemudian, taruh segelas air. hitung dulu berat gelas air tersebut. Selanjutnya masukkan emas perhiasan yang ditali ke dalamnya, emas harus melayang di dalam air. Ukur lagi beratnya sebagai nilai berat basah. Berat emas dalam air – berat air digunakan sebagai nilai berat basah. Misal nilai BB = 0.5 gram.

Setelah keduanya ketemu, bandingkan berat kering dan berat basah, dari contoh diatas ketemu nilainya adalah 6. Perhatikan grafik berikut

cara menghitung kadar emas dengan grafik archimedes

Anda bisa menarik nilai 6 tersebut untuk mengetahui kadar emasnya. Ada dua kurva disana, yaitu kurva emas campuran perak dan emas campuran tembaga. Kedua logam ini paling lazim digunakan untuk campuran emas saat membentuk perhiasan. Jadi disimpulkan dari hasil perhitungan berat basah dan berat kering emas tersebut emas di atas memiliki kadar sekitar 16-18 karat bergantung logam campuran emas Anda.

Jika anda kesulitan membaca grafik diatas, Anda juga bisa menggunakan tabel gramasi massa jenis emas guna mengetahui kadar emas berdasar beratnya seperti tabel di bawah ini

tabel kadar kemurnian emas

Uji Kadar Emas Menggunakan Gold Tester

Namanya jaman modern tentu kalau ada yang mudah, kenapa enggak. Berbekal teknologi elektronika  instrumentasi, maka dibuatlah alat uji kadar emas yang dikenal dengan istilah Gold Tester.

Gold Tester adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar kemurnian emas maupun platinum. Gold tester ini banyak digunakan di toko penjualan emas, pegadaian, bank laboratorium maupun industri pertambangan emas guna mengukur kadar emas.

BACA JUGA:   Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Prinsip kerja Gold meter ini hampir sama seperti teknik Archimedes, hanya untuk urusan penghitungannya sudah dilakukan secara otomatis oleh alat, kita hanya akan mengetahui nilai kadar karatnya.

gold tester alat uji kadar emas

Gold meter bisa membedakan emas mulai dari kadar 9 hingga 24 karat, jika hasil yang ditampilkan kurang dari 9 karat, bisa dibilang emas tersebut adalah emas palsu. Emas palsu sendiri adalah sebutan untuk perhiasan emas yang memiliki kadar emas sangat kecil bahkan tidak terbuat dari emas.

Uji larutan asam

Uji larutan asam ini menggunakan senyawa asam nitrat, emas di atas 21% tidak akan merespon tetesan asam nitrat. Sementara jika kurang dari itu, maka emas akan mengalami perubahan warna. Uji larutan asam sudah cukup untuk membedakan emas tua 22K dengan emas muda yang umumnya hanya 18 karat

Menguji Kemurnian Emas dengan Teknik Gores

Paling mudah dan lazim dilakukan toko emas jaman dahulu untuk mengukur kualitas emas adalah dengan menggoreskan emas ke tiga bahan, yaitu kertas, batu atau keramik. Kadar emas rendah akan menimbulkan jejak goresan berwarna hitam, sementara kadar emas tinggi tidak akan meninggalkan bekas pada ketiga jenis benda di atas.

Namun kok ya rasanya sayang ya, takutnya bukan bendanya yang kegores malah emas kita yang cacat, cara ini meski masih banyak dipraktekan tapi mulai ditinggalkan karena tidak dapat menghitung dengan tepat kadar kemurnian emas.

Cara Mengetahui Kadar Emas dari Kode Perhiasan

Selain dengan cara pengujian di atas, ada cara lain yang lebih mudah bagi orang awam seperti saya dan anda untuk mengetahui kadar emas perhiasan dari kodenya.

Kode ini biasanya tercetak dalam keping perhiasan, atau di dalam sertifikat,label tali serta nota yang menyertainya

Kode Perhiasan EmasKeterangan Kadar Emas
37518 karat < 50% (emas muda)
42020 karat
70022 karat 70%
75022 karat 75%
91622 karat 91%
9924 karat 99%
99.9924 karat 99,99% logam mulia
Kode Emas LainKeterangan
58514 karat 58,5% emas putih (platinum) biasanya dari luar negeri
83383.3% emas kuning
85085%
87521 karat 87.5% produksi arab
91622 karat 91.6% produksi Kendari, Bali, Dubai, Bangkok
95823 karat 95.8% produksi Bengkulu, Padang, Kalimantan, Jambi

Jika anda memiliki perhiasan emas di rumah silahkan perhatikan kembali kode kadar emas yang tertera di body perhiasan, nota, label tali maupun sertifikat yang menyertainya. Jika anda menemukan 22K750 berarti emas anda 22 karat dengan persentase kandungan emas 75%, tentunya harga yang harus anda terima harus lebih besar jika dibandingkan emas 22 karat seri 700 yang hanya mengandung 70% emas.

Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana menghitung kadar emas, baik lewat pengujian maupun kode kadar kemurniannya. Anda bisa menggunakan wawasan baru ini saat berkunjung ke toko emas suatu saat nanti, semoga bermanfaat

30 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.