Kolom komentar WP hilang karena plugin

Bagaimana kalau kolom komentar bawaan WordPress hilang? ngeselin kan?? padahal seingetku gak pernah utak atik buat ngilangin hal itu. Lebih ngeselin dari auto moderation komentar yang selama ini udah aku set no moderation tapi tetep aja auto moderation. Brengsek beud lah

Nah ceritanya, karena wordpress meskipun powerfull juga memiliki sisi gelap alias kebangkean dalam soal urusan perloadingan. Jadinya emang aku kudu bener-bener hati-hati dalam menggunakan plugin. Urusannya adalah masalah performance vs fast loading. 

WordPress punya ribuan plugin yang oke banget buat mendukung tampilan layout, fungsi, maupun fitur lain yang powerfull dan mudah digunakan, berita buruknya, hampir semua plugin memiliki efek samping memperlambat loading tampilan blog. Ini adalah sunatullah nya, versi brengseknya ada sih, yakni jika sebuah plugin ternyata bertabrakan dengan fungsi plugin lain, yang hasilnya, layout berantakan, beberapa fitur gagal terload, situs tidak mau menampilkan body content, dan masih banyak efek samping menyebalkan lainnya.

mengatasi kolom komentar hilang di wordpress

Contoh terakhir yang aku alami adalah, kehilangan kolom komentar setelah berusaha meningkatkan load site agar lebih cepat. Selama beberapa minggu, ak gak punya kolom komentar, bangke sekali, menambahkan plugin jetpack pun tidak menyelesaikan masalah sampe akhirnya menyerah dengan menggunakan plugin FB comment.

Bagaimana cara mengatasi kolom komentar hilang di wordpress?

Aku berusaha melakukan reinstall wordpress, baik dengan cara soft mereinstall dengan menggunakan link yang terdapat pada dashboard admin, bahkan sampai mengupload setiap file dan folder selain wp-content dan wp-config satu persatu lewat FTP tidak memberikan perbedaan hasil. So permasalahan sudah pasti, incompatibilitas plugin.

BACA JUGA:   Tiga kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

Dan setelah aku cek satu persatu plugin yang kupake, masalahnya karena aku menggunakan WP-disabled, plugin ini kupakai untuk menghentikan penggunaan resource bawaan wordpress gak penting semacam gravatar, tapi ternyata punya efek samping ke kolom komentar. Setelah plugin kubabat, akhirnya kolom komentar wordpress hilang itu bisa nongol kembali ke lokasi semula

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.