Lokasi Wisata Alam Jogja yang Sesuai Ekspektasi Kamu

Bicara soal wisata alam, Jogja tak mau kalah, kota pendidikan ini mungkin tidak memiliki cukup banyak wisata alam, namun empat kabupaten di Provinsi yang sama memiliki banyak keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Pada liburan Natal dan tahun baru 2023 ini saja, ada lebih dari 2 juta kendaraan yang masuk dan memenuhi berbagai destinasi wisata di Jogja, nah kira-kira wisata alam Jogja mana aja yang sesuai dengan ekspektasi kamu?

Yuk simak daftarnya

Wisata Alam Jogja yang Sesuai Ekspektasi Wisatawan

Sobat dolan berikut daftar wisata alam Jogja yang sesuai dengan ekspektasi wisatawan untuk berkunjung kesana

Menatap Keindahan Pantai Selatan di Bukit Pengilon

Daftar pertama yang kita miliki adalah Bukit Pengilon yang berada di kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul. Kawasan Bukit Pengilon sendiri terbilang unik karena merupakan hamparan rumput di perbukitan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

wisata alam jogja bukit pengilon

Konon, bukit ini adalah kaki Gunung Api Purba yang terangkat dari permukaan laut. Di sini kalian bisa menyaksikan pantai Wedi Ombo dan Pantai Siung. Jarak pantai ini dari kota Jogja terbilang jauh, sekitar 75 kilometer. Dan kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa travel setempat untuk mencapainya.

Harga tiketnya sendiri cukup murah kok hanya lima ribu rupiah saja, belum termasuk parkir.

Camping Ground Tepi Pantai Wohkudu

Masih berada di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Wohkudu berada di desa Girikarto kecamatan Panggang. Pantai yang cukup menarik karena menyediakan pengalaman camping dalam tenda di tepi pantai, jangan kuatir karena pantai ini diapit oleh dua tebing setinggi dua puluh meter sehingga tidak perlu terlalu takut dengan angin malam.

rekomendasi wisata alam jogja sesuai ekspektasi pantai wohkudu

Dengan ukuran pantai yang tidak terlalu luas, dengan begitu kalian tidak perlu khawatir akan terlalu banyak orang disana dan bisa menikmati quality time bersama pasangan. Ehem banget deh.

Menariknya, tarif berkemah disini sifatnya suka rela, dengan parkir kendaraan menginap sebesar tujuh ribu rupiah saja, sedangkan tiket masuk, jauh lebih murah hanya dua ribu rupiah per orang.

Menikmati Senja nan Memikat di Pantai Kesirat

wisata alam jogja sunset pantai kesirat

Tidak jauh dari pantai Wohkudu kita juga bisa menemukan pantai yang bisa digunakan untuk camping sekaligus untuk berburu sunset. Nama pantai ini adalah Pantai Kesirat, berlokasi di Dusun Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul.

Pantai Kesirat merupakan pantai tebing karang dimana kalian tidak akan menemukan pasir putih karena memang pantai ini berada di ketinggian jurang yang berbatasan langsung dengan laut.

Sebagai gantinya, kalian bisa menikmati hamparan rumput dan sebuah pohon tunggal yang menjadi icon dari pantai satu ini. Mirip dengan pantai Pok Tunggal yang berada di Tepus, Gunung Kidul.

Lokasi ini banyak disukai oleh para penggemar rock fishing, dimana para nelayan menebar jaring dari satu tebing dan tebing lainnya untuk menangkap ikan.

Gemercik Air di Taman Sungai Mudal

Kalian yang tidak ingin berjalan terlalu jauh dari pusat kota bisa menyambangi wisata alam Taman Sungai Mudal yang terletak di perbukitan Menoreh. Tepatnya di Dusun Banyunganti, Jatimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Taman Sungai Mudal sendiri merupakan sebuah kolam pemandian dari sumber mata air yang berasal dari goa di perbukitan Menoreh.

Istilah Mudal sendiri berarti melimpah dalam bahasa Jawa, dan taman sungai ini memiliki debit air yang terus mengalir meski di musim kemarau. Meski demikian, tetap saja untuk mendapatkan view terbaik memang di musim hujan karena debit airnya melimpah.

wisata alam taman sungai mudal kulonprogo

Jarak destinasi wisata alam ini sekitar 32 kilometer ke arah barat dari Kota Jogja. Tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang, dan saat ini tersedia wahana seperti flying fox untuk wisatawan.

Hamparan Hijau Tumpeng Menoreh

Jika kalian lebih suka dengan suasana perbukitan yang endeus abis, maka Tumpeng Menoreh adalah jawabannya. Berlokasi di Jalan Kebun Teh Ngglingo, Pagerharjo, Samigaluh Kulon Progo ini adalah destinasi wisata yang buka 24 jam.

TUMPENG-MENOREH-Kulon-Progo

Berjarak 35 kilometer dari pusat kota, Tumpeng Menoreh berdiri di ketinggian 950 meter diatas permukaan laut. Dibangun di puncak bukit membuat kamu bisa menikmati hamparan hijau perbukitan menoreh.

Berbentuk seperti tumpeng berundak, dengan bagian atas menyerupai helipad kamu bisa menikmati pemandangan empat gunung di Jawa Tengah bagian selatan, Merapi, Merbabu dan Sindoro Sumbing di kejauhan.

Bahkan jika kalian melewatkan suasana pagi sampai sunset, kalian tetap bisa menikmati keindahan malam di Tumpeng Menoreh selama 24 jam. Keren kan?

Feeling Lost in Japan di Litto Jogja

Jika kalian ingin menikmati suasana yang lebih greget, kalian bisa mengunjungi Litto (Little Tokyo) Jogja yang berada di pegunungan seribu, tepatnya kecamatan Dlingo, Bantul.

Litto Jogja sendiri adalah sebuah resort terintegrasi dengan recreational resto, dimana kamu bisa menginap, menikmati sajian kuliner, menikmati keindahan alam dan tentunya bisa berenang dengan nyaman di perbukitan, terang saja, karena air kolam ini hangat lho bukan kolam air dingin. Dengan konsep Japanese, kalian akan merasa seperti bertamasya di negeri Sakura meski sebenarnya berada di perbukitan sewu Jogja.

wisata alam jogja litto jogja

Untuk mencapainya lebih disarankan menggunakan jalur Jogja Patuk, kemudian menyusuri ke arah selatan melewati Heha Sky View mengingat jalur sebelah selatan lebih riskan untuk pengguna kendaraan roda 4.

Disini kalian bisa menikmati cakrawala yang lengkap, mulai dari Gunung Merapi Merbabu di kejauhan maupun pantai selatan dan panorama alam yang membentang di antaranya.

Nah itulah daftar wisata alam Jogja yang sesuai sama ekspektasi kamu dan bisa kamu kunjungi segera.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.