Berkendara Setiap Hari? Simak 5 Cara Menghemat BBM Sepeda Motor Ini

Seperti yang kita tahu, sepeda motor memiliki keunggulan lebih praktis dikendarai di jalanan yang padat dibanding dengan kendaraan roda empat. Selain itu, menggunakan sepeda motor juga lebih hemat dari segi biaya operasional dibanding dengan menggunakan mobil.

Bagi Anda yang setiap hari berkendara ada cara yang bisa dilakukan agar sepeda motor Suzuki semakin efisien lagi? Dengan cara ini, Anda bisa memaksimalkan jarak tempuh sepeda motor dan menghemat bbm. Mari simak tipsnya!

Manfaatkan mode hemat

Fitur ini terdapat pada sepeda motor Suzuki keluaran terbaru. Umumnya fitur ini ditandai dengan indikator hijau pada instrumen di panel speedometer dashboard sepeda motor Anda.  Fitur ini berfungsi untuk mengingatkan pengemudi agar bisa berkendara dengan aman sehingga konsumsi bahan bakar juga tidak terkuras dan terkontrol dengan baik.

Rawat sepeda motor dengan rutin ganti oli

Tak hanya melumasi ruang mesin, oli juga berperan dalam konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan menggunakan oli asli dan berkualitas, komponen mesin pada sepeda motor akan selalu terjaga dan bekerja optimal. Sehingga otomatis konsumsi bahan bakar juga terkontrol dengan baik.

Periksa kondisi filter udara

Keberadaan filter udara memiliki peran penting menghemat bahan bakar. Sebab komponen ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mempengaruhi suplai udara pada ruang bakar. Jika filter udara tersumbat oleh kotoran, otomatis suplai udara jadi kurang dan hal ini membuat motor terpaksa menaikkan rpm jadi lebih tinggi sehingga konsumsi konsumsi bahan bakar menjadi boros. Karenanya penting bagi Anda untuk rutin membersihkan fiter udara dan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru. 

Perbaiki gaya berkendara

Cara merawat motor roda dua

Cara Anda berkendara ternyata mempengaruhi efisiensi bahan bakar sepeda motor.  Gaya berkendara yang buruk ternyata sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar menjadi boros. Hal pertama jika Anda ingin sepeda motor Anda semakin hemat bahan bakar, yang harus dilakukan adalah memperbaiki gaya berkendara. Gunakan mode hemat (ECO) dengan menarik gas secara secara urut dan perlahan agar tarikan tetap stabil, sehingga bahan bakar sehingga menjadi irit.

Cek tekanan ban

Terlihat sepele, tapi ternyata tekanan angin pada ban berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Saat kondisi ban sedang kurang angin akan menjadi, ini menambah beban motor semakin berat apalagi jika dipaksa berakselerasi. Hal ini tentunya membuat kinerja mesin jadi semakin bertambah dan penggunaan bahan bakar jadi lebih banyak. Lakukanlah pemeriksaan tekanan angin pada ban secara teratur agar sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.