Ternyata Ini Lho Macam-Macam Teknik Jahitan

Menjahit merupakan salah satu keterampilan yang tidak dimiliki semua orang. Jika kamu hobi menjahit, kamu harus mengetahui macam-macam teknik jahitan dan berlatih terus-menerus untuk menciptakan jahitan yang rapi dan berkualitas. Teknik menjahit yang baik dan benar mempengaruhi kualitas hasil produk pakaian.

Pola yang baik, ukuran yang sesuai, bahan berkualitas, desain yang bagus dan teknik menjahit yang benar merupakan satu kesatuan dalam membuat busana mahal dan berkualitas. Jika ada salah satu diantaranya  yang tidak benar, maka produk busana yang berkualitas tidak dapat diciptakan. 

Macam-macam Teknik Jahitan

Sebelum melakukan praktik menjahit, ada baiknya kamu mengetahui macam-macam jahitan terlebih dahulu. Sehingga saat mulai menjahit, kamu sudah memiliki persiapan dan pengetahuan mengenai menjahit dengan matang. Mungkin kamu tanya, berapa macam jahitan? berikut ini merupakan macam-macam tusuk jahitan yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

  1. Tusuk Jelujur

Tusuk jelujur merupakan salah satu macam-macam jahitan yang cocok dilakukan oleh pemula.  Karena teknik ini biasa digunakan sebagai permulaan, sebelum  memasuki proses menjahit yang lebih sulit. Adapun langkah-langkah menjahit dengan teknik tusuk jelujur yaitu tusuk jarum yang sudah diberi benang ke dalam kain secara horizontal, lakukan proses menjahit secara berulang dan mulai dari bagian kanan ke kiri.

  1. Tusuk Flanel
BACA JUGA:   Inspirasi Lifestyle Pria, 5 Tren Body Pierching Tahun 2018

Teknik jahitan selanjutnya yaitu tusuk flanel merupakan teknik menjahit yang berfungsi untuk mengunci pinggiran pakaian yang diobras. Teknik ini biasanya dilakukan untuk pakaian berbahan premium. Adapun langkah-langkah tusuk flanel yaitu, jahit kain yang sudah diobras sekitar 3,4 cm dengan teknik tusukannya mundur 0,75 cm ke bawah. Setelah itu tusuk jarum ke arah kanan dan mundur sekitar 0,5 cm. Setelah itu lakukan cara tersebut berulang kali hingga selesai.

  1. Tusuk Rantai

macam teknik jahitan

Cara menjahit tangan seperti jahitan mesin yaitu dengan mencoba tusuk rantai atau teknik jahitan yang akan membentuk seperti rantai. Teknik menjahit ini seringkali digunakan ketika membuat aksesori atau hiasan pada pakaian. Adapun langkah-langkah menjahit tusuk rantai yaitu tusuk kecil di bagian pakaian atau kain yang dituju, lalu jahit dari belakang kain menuju bagian depan dengan tusukan pertama, lingkarkan benang pada tusukan pertama, letakkan jarum di bagian samping tusukan awal, lalu tarik benang hingga tembus kain, lakukan teknik tersebut secara berulang.

  1. Tusuk Tikam Jejak
BACA JUGA:   3 Game Android Offline Terbaik dan Paling Seru

Tusuk tikam jejak merupakan teknik menjahit layaknya jahitan mesin. Fungsi tusuk tikam jejak ini cocok dilakukan untuk pakaian yang robek dan jika kamu belum memiliki mesin jahit. Adapun langkah-langkahnya yaitu buat garis dan tandai kain terlebih dahulu, mulai jahit pakaian dari kanan ke arah kiri, jarak tusukan bagian bawah sama seperti dua kali jarak tusukan di bagian atas, mulai lakukan alur jahitan langkah maju lalu mundur ke belakang dengan jarak yang sama.

  1. Tusuk Silang

Sesuai dengan namanya, tusuk silang merupakan teknik menjahit yang membentuk huruf X atau silang. Teknik menjahit ini biasa digunakan untuk dekorasi, bukan hanya pada pakaian tetapi dekorasi rumah juga. Adapun cara menjahitnya yaitu, dari bagian kanan ke kiri bawah lalu ke bagian kanan atas, pada tusukan kedua dari kanan bawah ke kiri atas, ulangi hal tersebut secara berulang, pastikan letak tusukan membentuk silang.

Itulah macam-macam teknik jahitan yang bisa kamu aplikasikan ketika menjahit. Jika kamu masih pemula, kamu dapat membuat busana yang sederhana terlebih dahulu namun dengan teknik yang baik dan detail. Semakin sering latihan, kemampuan menjahit mu akan semakin bertambah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.