4 Penyebab Gangguan Pada Sistem Pencernaan yang Sering Terjadi

Salah satu fungsi sistem pencernaan pada manusia adalah membuang kotoran dari tubuh. Dengan begitu tubuh senantiasa sehat, selain itu sistem pencernaan membantu tubuh cepat menyerap nutrisi. Sayangnya, gangguan pada sistem pencernaan sering melanda.

Penyebab Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Gaya hidup tak sehat dominan menyebabkan sistem pencernaan tidak maksimal, alhasil tubuh letih dan mudah sakit. Padahal pola hidup sehat membuat imunitas terjaga sehingga terhindar dari masalah pencernaan. Untuk itulah wawasan penyebab perihal gangguan pencernaan harus diketahui, berikut ada penyebab yang sering terjadi:

  • Peradangan Lambung

Saat mengonsumsi makanan atau minuman, lambung berperan di depan apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Tatkala anda salah mengkonsumsi makanan atau minum memicu peradangan lambung, umumnya peradangan terjadi di selaput lambung. Pastinya memicu gangguan pada sistem pencernaan.

waspada penyebab gangguan pada sistem pencernaan

Jangan salah loh, peradangan lambung bisa disebabkan oleh efek samping minum obat pereda nyeri.  Bahkan minuman beralkohol menyebabkan masalah pencernaan, sementara peradangan memiliki sensasi nyeri yang beragam. Diantaranya adalah mual dan muntah, kurang nafsu makan, kembung dan sering bersendawa dan perut terasa panas yang disertai nyeri hebat.

  • Sindrom Iritasi Usus
BACA JUGA:   Apa Saja Manfaat Kopi Untuk Tubuh?

Penyebab selanjutnya adalah sindrom iritasi usus. Sindrom tersebut adalah sekumpulan gejala yang diakibatkan iritasi saluran pencernaan, penderita akan merasakan sembelit dan sakit perut lantaran diare. Tetapi keadaan mereda setelah BAB, walaupun tak diketahui pasti pencetusnya tetapi makanan menjadi pemicunya.

Tatkala terkena sindrom iritasi usus harus tenang, jangan sampai stress karena memperburuk gejala. Apalagi penyakit tersebut tak membutuhkan pengobatan ekstra, cukup menjaga pola hidup sehat dan istirahat cukup. Dengan begitu gangguan pada sistem pencernaan tidak menyerang.

  • Tukak Lambung

Ciri-ciri infeksi saluran pencernaan berbeda sesuai penyakit yang diderita. Jika anda menderita tukak lambung, akan merasakan sakit perut di bagian atas dan perut terasa kembung. Selain itu penderita tukak lambung mengalami penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, muntah mual dan buang air besar disertai darah.

Penyakit tukak lambung bisa sembuh dengan pengobatan tepat. Waktu pengobatan jangan ditunda karena memicu komplikasi sehingga kondisi keadaan semakin buruk. Anda bisa terkena kerusakan saluran pencernaan seperti tukak berdara maupun tukang berdarah. Gangguan pada sistem pencernaan harus diobati secara efektif sehingga kesehatan kembali pulih.

  • Penyakit Asam Lambung
BACA JUGA:   Inilah Khasiat Produk Klorofil Untuk Menampik Bahaya Produk K-Link

Penyebab permasalahan sistem pencernaan selanjutnya adalah penyakit asam lambung. Penyakit tersebut terjadi karena cairan asam lambung naik ke tenggorokan, bahkan jika sudah kronis sering kambuh. Kondisi tersebut disebut Gastroesophageal reflux disease atau GERD.

Apa gejala gangguan pada sistem pencernaan? Pertanyaan tersebut diutarakan karena wawasan penyakit sistem pencernaan masih awam. Sejatinya, gejalanya berbeda. Jika anda terkena penyakit asam lambung, timbul rasa nyeri atau panas di ulu hati yang menjalar ke dada.

gejala gangguan pada sistem pencernaan

Bahkan timbul mual sampai muntah-muntah. Sakit tenggorokan, susah menelan, batuk maupun suara serak. Gejala tersebut terjadi karena katup ujung bawah esofagus atau sfingter esofagus terbuka. Saat keadaan sehat, katup otot tersebut tertutup rapat untuk melindungi cairan beserta isi perut aman di bagian tengah tubuh.

Untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah mengurangi asupan kafein. Pastinya menjaga berat badan ideal, berusahalah menjaga pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit asam lambung.

Penyebab gangguan pada sistem pencernaan masih banyak. Tetapi ulasan diatas dapat dijadikan wawasan, dengan begitu lebih menghargai kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Pastinya memperbanyak minum air putih agar cairan yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.