Manfaat Fitur Deskripsi Penelusuran yang Sering Dilupakan Blogger

Blogspot memberikan fitur deskripsi penelusuran di bagian sebelah kanan pada post editor yang kerap kali diabaikan oleh para blogger. Padahal fitur ini merupakan salah satu fitur yang sangat penting dalam search engine optimization.

Pengertian Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran adalah sebuah fitur pada blogspot yang dapat digunakan untuk menentukan cuplikan deskripsi sebuah artikel yang nantinya akan muncul di halaman hasil pencarian Google atau search engine yang lain. Meskipun tidak wajib, namun fitur ini sangat disayangkan jika tidak digunakan oleh seorang blogger pengguna mesin blogspot.

Kenapa begitu?

Sebelum itu ada baiknya kita berkenalan dengan robot google atau dikenal dengan sebutan googlebot.

Cara Kerja Robot Google

Robot Google/ Googlebot memiliki tugas untuk merayapi sebuah url baru pada website, jika kita membuat sebuah artikel baru, maka googlebot akan merayapinya. Melalui googlebot inilah, sebuah mesin pencari akan membangun database konten apa saja yang dimiliki sebuah blog

Googlebot akan merayapi semua jenis website yang ada di dunia maya, kemudian merangkum data index artikel di masing-masing situs dan kemudian menyimpannya dalam database Google. Data indeks inilah yang digunakan oleh Google untuk menjawab pertanyaan orang-orang yang melakukan pencarian lewat mesin pencari Google. Akan tetapi, robot google ini tidak dapat dipastikan kapan ia akan datang merayapi blog kita. Bisa dalam hitungan menit, atau bahkan hitungan hari.

BACA JUGA:   Apa itu SEO Doctor

manfaat fitur deskripsi penelusuran blogger blogspot

Salah satu alasan mengapa artikel baru kita tidak segera muncul di halaman hasil pencarian Google ya karena googlebot belum melaksanakan tugasnya berkunjung dan mengindeks artikel kita.

Saat robot Google melakukan indexing terhadap sebuah artikel baru di blog kita, Googlebot akan mencari beberapa elemen di artikel tersebut untuk dijadikan data dalam index terbaru mereka, data tersebut antara lain;

  1. URL
  2. Judul artikel
  3. Media pendukung, seperti gambar
  4. Deskripsi

hasil pencarian google deskripsi penelusuran

Jika Googleboot tidak menemukan deskripsi mengenai artikel tersebut, googlebot akan menentukan deskripsi artikel tersebut berdasarkan pembacaan yang dilakukannya saat proses merayapi. Bisa saja deskripsi tersebut adalah 160 karakter di awal artikel, atau paragraf random yang ada di bawahnya.

Manfaat Deskripsi Penelusuran

Oleh karena itulah, kita perlu menambahkan deskripsi artikel kita, agar googlebot bisa menampilkan deskripsi artikel pada hasil pencarian sesuai dengan apa yang kita inginkan, bukan lagi berasal dari paragraf / kalimat yang acak.

Manfaat deskripsi penelusuran yaitu agar kita bisa menentukan kata-kata apa yang seharusnya tampil saat seseorang melakukan pencarian di google. Semakin bagus kita membuat deskripsi penelusuran, semakin besar pula peluang seseorang akan tertarik pada artikel blog kita.

BACA JUGA:   Mengenal Manfaat Google Analytics

Cara Membuat Deskripsi Penelusuran di Blogspot

Untuk membuat deskripsi penelusuran artikel baru pada blogspot caranya sebagai berikut

  1. Buka dashboard blogspot anda
  2. Pilih tombol new post
  3. Buat artikel anda seperti biasa
  4. Pada bagian post setting sebelah kanan silahkan scroll ke bawah bagian deskripsi penelusuran
  5. Masukan kata yang akan anda jadikan deskripsi penelusuran
  6. Klik tombol publish

kolom deskripsi penelusuran pada blogspot

Jumlah maksimal dari deskripsi penelusuran yang diijinkan oleh blogspot adalah 150 karakter, rekan blogger juga bisa membuat deskripsi penelusuran untuk artikel yang sudah terpublish sebelumnya di blog masing-masing. Dengan demikian, harapannya, artikel yang sudah dibuat teman-teman bisa meningkat hasil pencariannya di dalam search engine.

Mas klo sudah selesai membuat deskripsi penelusuran, lalu langkah berikutnya apa?

Nah buat temen-temen yang sudah membuat deskripsi penelusuran dan sudah mempublish artikelnya, silahkan cek ke metatags.io untuk melihat seperti apa tampilan deskripsi penelusuran dari artikel yang baru saja kita publish jika muncul di halaman pencarian google. Selain itu, metatags.io juga akan menunjukkan pada kita, preview hasil sharing url artikel kita jika dipublish ke social media seperti facebook dan twitter. Apakah gambarnya muncul saat kita share link di facebook? apakah deskripsinya muncul? atau cuma ya gitu doang, cuma nongol url aja.

Klo tampilan sharing sosmednya gak maksimal, coba deh baca artikelku mengenai optimasi tampilan share blog di facebook via open graph

36 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.