Martial Arts

Beladiri buatku adalah sebuah seni, pertama adalah seni mengolah pernafasan, kedua seni bertarung, ketiga seni mengenal diri sendiri. Mungkin di dunia ini terdapat ratusan jenis ilmu beladiri dengan beragam aliran.

Ada yang lebih condong pada penggunaan kekuatan tangan kosong, senjata dan aliran tenaga dalam atau gabungan dari ketiganya. Di antara berbagai ilmu beladiri itu semuanya memiliki kesamaan ide.

Bela diri adalah seni untuk melindungi diri bukan untuk menyakiti orang lain, itulah kenapa disebut seni bela diri bukan seni serang orang. Sebagaimana proses yang lain, bela diri didapatkan dari belajar, secara umum bela diri didapat dari seorang guru, suhu, sempai atau master. Meski ada juga yang mengembangkan jenis bela diri sendiri seperti Bruce Lee yang mengembangkan Jet Kun Do.throw-300x293 Martial Arts  wallpaperKetika seseorang ingin mempelajari beladiri, sangat disarankan dia didampingi oleh seorang guru, bukan hanya untuk mengajarinya teknik2 beladiri yang baik dan benar, melainkan untuk memberikan pemahaman bahwa apa yang ia pelajari harus diikuti dengan tanggung jawab yang besar. Semakin tinggi tingkatan beladirinya maka semakin tinggi pula tanggung jawabnya pada sesama.

Beladiri sendiri ada yang bertipe offensif dan defensif, contoh tipe offensive adalah yang menggunakan tenaga sendiri untuk menyerang, sedangkan tipe defensif adalah yang menggunakan tenaga penyerang untuk menaklukannya. Karate dan Taekwondo adalah jenis offensif sementara aikido merupakan contoh beladiri defensif.

BACA JUGA:   Ini Dia 3 Muscle Car Termahal di Dunia!

Sebagian beladiri dipertandingkan dalam berbagai event olahraga, tujuannya adalah agar para praktisi bisa saling belajar satu sama lain dan bersikap rendah hati, kekalahan harus dihadapi dengan fair play, jarang ada pertandingan beladiri yang berakhir pada tawuran masal atau perkelahian beneran. Ada juga yang terlarang untuk dipertandingkan, karena cukup membahayakan praktisinya, salah satunya aikido.

Meskipun beladiri dilatih secara intensif, tapi seyogyanya hanya dipergunakan pada saat2 yang sangat mendesak, tidak digunakan untuk pamer, gagah2an bahkan mengintimidasi orang lain. Beladiri bukan untuk menyakiti orang lain atau menjadi yang paling hebat, melainkan untuk memberikan rasa aman bagi diri kita dan sesama.

Beladiri apa yang cocok bagi kita? kembali pada kebutuhan dan keinginan kita masing2, yang pasti dengan mengikuti kegiatan beladiri kita dapat banyak teman, meminimalisir tindak kejahatan yang terjadi pada kita atau lingkungan kita.

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

12 tanggapan untuk “Martial Arts

  • Januari 16, 2013 pada 3:23 am
    Permalink

    dulu sy gak bole ikutan bela diri tp skrg anak2 sy malah di haruskan.. anak sy ikutan taekwondo 🙂

    Balas
    • Januari 17, 2013 pada 12:13 pm
      Permalink

      keke yang ikut taekwondo mbak myra? wah asik tuh moga suatu saat bisa ikut kejuaraan

      Balas
  • Januari 15, 2013 pada 10:09 pm
    Permalink

    bener banget mas, bela diri hanya untuk membela diri, bukan untuk pamer.

    saya baru tau tipe defensif, ternyata ada ya yang seperti itu, keren…

    salam kenal dari saya blogger pelajar dari Bukittinggi 😀

    Balas
    • Januari 17, 2013 pada 12:11 pm
      Permalink

      salam kenal mas rio 😀
      ada mas, jadi klo gak sedang diserang beladirinya gak bisa dipraktekin 🙂

      Balas
  • Januari 15, 2013 pada 1:03 pm
    Permalink

    cukup ajian langkah seribu, yo…
    anti spame njeleih lah kudu mikir haha

    Balas
    • Januari 15, 2013 pada 2:00 pm
      Permalink

      genah blog ku kakean spam, nganggo growmap anti spam ora pasah

      Balas
  • Januari 14, 2013 pada 6:06 am
    Permalink

    aku dulu pernah ikut karate. Banyak bgt manfaatnya loh, bkn hanya utk beladiri saja, tp bagus jg utk kebugaran ‘n kesehatan. Bagi cewek klo punya bekal ilmu beladiri jd lbh merasa pede, ‘n aman

    Balas
    • Januari 14, 2013 pada 7:32 am
      Permalink

      bener mbak, kerasa banget jaman dulu aktif beladiri staminanya bagus jadi jarang sakit, sekarang ujan dikit aja udah pilek

      Balas
  • Januari 14, 2013 pada 3:13 am
    Permalink

    Setuju deh mas, beladiri itu salah satu bentuk seni..
    Dulu aku pernah ikut pencak silat sama taekwondo, tapi gak dilanjut hehe

    Balas
    • Januari 14, 2013 pada 4:05 am
      Permalink

      yup yup wah ternyata mbak anggi pernah jadi taekwondoin ta? ajarin dunk 😀

      Balas
  • Januari 14, 2013 pada 8:16 am
    Permalink

    mas priyo, font nya nggak enak diliat. jadi males baca ni 😀

    Balas
    • Januari 14, 2013 pada 8:27 am
      Permalink

      makanya jangan dimamah font nya langsung ditelen baen

      Balas

Berikan tanggapan anda

%d blogger menyukai ini: