Mbuh Piye Carane

Di jaman aku kuliah, ada satu frase yang enggak pantas untuk ditolak ketika seorang teman meminta tolong, meskipun kadang permintaan itu agak enggak waras dan diluar kemampuan kita.

Mbuh piye carane atau anak2 dulu sering menyingkatnya dengan MPC, sering digunakan ketika temenku ada dalam kondisi terdesak dan diluar kemampuannya, jadi sesuai arahan Tantowi Yahya dia menggunakan opsi phone a friend “Dab, komputerku modyar ki, mbuh piye carane pokoke tandangono, mengko sore aku ngerti beres”

“Cangkemmu, komputermu sik modar aku sik kudu kepunthal2” mungkin bacotan semacam itu yang akan keluar secara refleks dari mulut kita menanggapi permintaan paling bangsat dari temen kita. Tapi toh memang akhirnya aku harus datang memperbaiki komputer itu, dengan mbuh piye carane juga, ra mempan dioprek ya digajul, ora gelem maning buang kalen.

Meski permintaan itu bener2 memaksa dan kek gak kenal sopan santun adat istiadat, wong njaluk tulung ra mbayar kok sak geleme dewe, tapi aku sadar cangkeman mereka itu menandakan klo buat mereka aku bisa diandalkan untuk bongkar pasang PC, meskipun gak selalu kerusakan komputer itu bisa aku tangani dengan mudah.

532132_398285283562254_992488118_n Mbuh Piye Carane  wallpaperNah, begitu juga ketika aku ada masalah tertentu aku sudah punya teman yang punya pos keahlian masing2, dan untuk minta tolong mereka secara gratis pun aku cukup modal Mbuh Piye Carane, “MPC “hapeku ngeblank dab, urusen” “cuk, gaweke rangkaian downloader nggo minggu sesuk” pol mentok aku cukup nyediain duit buat beli komponen dan udud, sisanya aku tinggal ongkang2 nunggu laporan keberesan hasil kerja mereka.

BACA JUGA:   Perawatan Wajah Kusam Tradisional di Rumah yang Mudah dan Murah

Memang kita hidup di dunia pasti butuh bantuan orang lain, dan dengan modal mbuh piye carane itu, secara tidak langsung ketika seorang teman telah memaksa aku menangani masalahnya berarti dia telah memberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuanku lebih tinggi dari sebelumnya. Ya mereka seperti melepaskan seekor anjing herder agar mengejarku sehingga aku bisa berlari jauh lebih cepat.

Dan memang, cara seperti itu menurutku jauh lebih efektif karena kita tidak akan pernah merasa sedang berada di zona nyaman kemampuan kita, karena selalu menghadapi tuntutan mbuh piye carane dari orang2 disekitar kita.

aku kudu kuat mbuh piye carane, aku kudu kuat mboh piye carane, aku harus kuat mboh piye carane, kudu kuat mboh piye carane, mbuh, dpsesukprei, mbuh piye carane artinya, prei kerjo, mbuh piye carane, carane njalok tulong

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

17 thoughts on “Mbuh Piye Carane

    accilong

    (November 6, 2012 - 3:50 pm)

    sekalipun punya banyak temen dr jawa. sy tetp ja dak bisa ngerti bahasa jowo. #paarah

      anotherorion

      (November 7, 2012 - 10:39 am)

      hayuk dunk ci belajar aku juga pengen diajarin boso makasar

    farikhsaba

    (November 6, 2012 - 9:34 am)

    Tapi biasanya MPC ini diterapkan untuk orang-orang yang sudah akrab atau dekat secara emosi. Kalau baru kenal trus MPC ya paling dijawab: Prei…! Ra sudi! dll.

    Btw, fontnya kurang enak dibaca, Mas.

      anotherorion

      (November 7, 2012 - 10:38 am)

      hahaha ngandel mbah, genah anu lagi njajal alay koh mbah 😀

    kekenaima

    (November 6, 2012 - 3:30 am)

    manusia gak mungkin hidup sendirian 🙂

      anotherorion

      (November 6, 2012 - 3:55 am)

      iya mbak gak ada yang bisa diajak ngobrol entarnya, masak mo ngajak ngobrol kambingnya acheng watanabe

    Haryo Wicaksono

    (November 5, 2012 - 4:30 pm)

    Nek saiki wong sing njaluk tulung ngomong : Piye carane..
    Sing dijaluki tulung, ngomong : Wani pirooo??? Hhaaa

      Priyo Harjiyono

      (November 6, 2012 - 2:55 am)

      goro2 demite 76 kae

      Nabura Cruise

      (November 6, 2012 - 3:45 am)

      salah satu contohnya piyo yg suka ngomong gt hahahaha

      Priyo Harjiyono

      (November 6, 2012 - 3:55 am)

      wani piro?

    Rawins

    (November 5, 2012 - 2:21 pm)

    mpc sing penting iso entuk duit
    asiiik…

      anotherorion

      (November 6, 2012 - 2:55 am)

      anggere ora dikon goyang dombret

    Priyo Harjiyono

    (November 5, 2012 - 1:38 pm)

    cc: Yohanes Eros Adijaya Purna Setyawan Endrew Indriyanto Ah Madfa Uzan Youruce Welleace

      Nabura Cruise

      (November 5, 2012 - 1:41 pm)

      yg ga dicolek boleh baca ga om?

      Ah Madfa Uzan

      (November 5, 2012 - 2:06 pm)

      wkwkwk,,,

      Priyo Harjiyono

      (November 6, 2012 - 2:54 am)

      mbak nani: boleh

      Priyo Harjiyono

      (November 6, 2012 - 2:55 am)

      Ah Madfa Uzan nyengir? ckckckck MPC suk nek kowe bali ngumpul2 jajake ya

Berikan tanggapan anda