Okey setelah kemaren kita nyoba bikin 4 buah traffic light dengan bantuan simulator isis, sekarang kita nyoba bikin countdown timer untuk traffic lightnya, seperti kita tahu countdown timer berfungsi agar para pengendara bermotor bisa bersiap2 menunggu giliran melaju di persimpangan.

Nah kali ini kita belajar membuat countdown timer untuk 1 traffic light saja, (mana ada traffic light 1 doang? minimal kan tiga???) yah namanya juga buat belajar dulu, satu aja dulu, besok dua n besoknya lagi deh baru buat pertigaan/perempatan, sementara itu kita nyoba memahami dulu cara kerjanya.

Kendali traffic light dengan countdown timer, memiliki dua fungsi yaitu menampilkan nyala lampu merah kuning hijau dan menampilkan countdown untuk nyala hijau dan merah. Biasanya kuning hanya ditampilkan karakter kotak, atau mati.

Berikut adalah kode programnya

#include <mega16.h>

#include <delay.h>

unsigned char bil[10]={0xc0,0xf9,0xa4,0xb0,0x99,0x92,0x82,0xf8,0x80,0x90};

int kanan=9;

int kiri=9;

void main (void)

{

DDRC=0xff;

DDRD=0xff;

{

while(1)

{

for(kanan=9;kanan>-1;kanan–)

{

PORTD=0x02;

PORTC=bil[kanan];

delay_ms(100);

}

for(kiri=9;kiri>-1;kiri–)

{

PORTD=0x01;

PORTC=bil[kiri];

delay_ms(100);

}

PORTC=0x00;

PORTD=0x04;

delay_ms(100);

}

}

}

Untuk rangkaiannya  dapat dilihat pada gambar berikut

selamat mencoba

anotherorion com cara membuat traffic light dengan codevision avr 2, traffic light AVR, membuat traffic light dengan condevision AVR, simulasi traffic light menggunakan proteus, simulasi rraffic light dengan count down di proteus, proteusnya traffict light menggunakan timer, membuat traffic light dengan codevision avr 2, cara membuat traffic light dengan proteus dan avr, Cara Membuat trafic light menggunakan timer tanpa delay, source code code avr counter up counter down code atmega16
BACA JUGA:   Cara membuat Running Text on Seven Segment dengan ATMega
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.