Mengatasi VMware Error Tidak Mau Start

Memakai aplikasi yang membutuhkan akses ke port itu emang agak menyebalkan, terutama klo port tersebut adalah port popular yang memang sudah menjadi default layanan tertentu, sebut saja Port 80 yang berfungsi menangani request HTTP.

Seringkali karena urusan rebutan port ini, secara bergantian aku mematikan services VMware agar bisa menjalankan apache web server dan begitu pula sebaliknya. Nah masalahnya adalah aku sering lupa buat mengenable kembali service si VM.

VMWare memiliki beberapa jenis services, yang digunakan untuk menjembatani kebutuhan mesin virtual dan komunikasi dengan resource hardware yang berada pada induk semangnya. Jika salah satu services dimatikan, maka VMware biasanya akan menolak permintaan untuk meload mesin virtual yang ada didalamnya.

VMware error

Misalnya peringatan Transport (VMDB) Error, W32AuthConnectionLaunch: ReadFile Failed. Menandakan service VMauthdservice dalam kondisi stopped. Lho bagaimana caranya kita tau service tersebut dalam kondisi tidak dijalankan?

Masuk ke task manager, lalu pada bagian services liat services yang dimiliki VMware, jika ada yang dalam kondisi tidak running, maka bisa saja VMware menolak meload OS virtual karena ketiadaan service yang melayaninya.

Solusinya, masuklah ke menu File – Run (bisa juga menggunakan start menu – run) ketik “services.msc” lalu pilih service yang ingin diaktifkan, pilih start disana ada informasi services apa saja yang sedang berjalan, mati, otomatis di load atau harus dijalankan manual. Jika ingin services tersebut selalu diload saat kita menyalakan komputer, pilih saja start up type nya automatic.

BACA JUGA:   Mengenal Jenis SD Card
cara mengatasi vmware error, cara mengatasi transport vmdb error, Vmware error saat menjalankan, cara mengatasi error di vmware, kenap pas mau start s vmware ada tulisan transport (vmdb) error, mengatasi error vmware, bagaimana cara mengatasi vmware error, cara mengatasi eror divmware, mengatasi vmware yang error, mengatasi vmware os gak bisa klik
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.