Mengenal Berbagai Macam Cryptocurrency Populer

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah sebutan untuk teknologi blockchain yang digunakan sebagai alat tukar digital. Mata uang digital ini dianggap sebagai solusi sistem perbankan global yang selama ini tersentralisasi.

Dengan menggunakan cryptocurrency, seseorang bisa melakukan transaksi keuangan tanpa perlu melibatkan pihak ketiga. Hal ini membuat transaksi kripto bebas dari biaya transaksi. Selain itu, faktor kecepatan transfer sangat cepat melebihi kemampuan sistem keuangan yang dikenal sebelumnya.

Sejarah Kemunculan Cryptocurrency

Mata uang kripto sendiri mulai dikenal sejak kemunculan Bitcoin pada tahun 2009, blockchain ciptaan Satoshi Nakamoto ini kemudian menjadi viral dan berhasil mengalami kenaikan yang signifikan sejak diluncurkan. 

Saat pertama kali diluncurkan, nilai harga bitcoin pertama kali adalah US$ 0 saja, tidak bernilai, namun setelah melonjak di atas harga 1 dollar per koinnya pada 2010, bitcoin segera menarik minat orang di seluruh dunia.

Nilai tertinggi bitcoin dicapai pada tanggal 20 Oktober 2021, saat itu nilai kapitalisasinya mencapai US$ 65000 per koin atau setara 930 triliun rupiah. Meski saat ini nilainya mulai turun namun masyarakat dunia mulai mempertimbangkan mata uang kripto sebagai salah satu aset investasi. 

Mengenal Jenis Mata Uang Kripto

Selain bitcoin, juga terdapat berbagai macam cryptocurrency lain yang menggunakan mekanisme blockchain. Artikel ini akan mengupas beberapa jenis mata uang kripto yang memiliki prospek untuk dijadikan aset investasi.

Bitcoin

Bitcoin diperkenalkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto sebagai alternatif pembayaran yang cepat, handal dan murah, bitcoin berjalan pada algoritma blockchain yang memungkinkan transaksi finansial bisa dilakukan secara pair to pair tanpa harus melibatkan bank sebagai pengontrol transaksi.

Bitcoin menjadi mata uang kripto paling populer di dunia, dengan jumlah koin hanya 21 juta, bitcoin harus ditambang atau diperdagangkan untuk mendapatkan manfaat finansial darinya.

Litecoin

Pada tahun 2011, Litecoin diluncurkan sebagai alternatif dari bitcoin, penamaan litecoin sendiri merujuk pada kemampuan litecoin yang dapat menyelesaikan transaksi lebih cepat dibanding bitcoin. Menggunakan algoritma bernama srcypt, litecoin juga cepat menjadi daya tarik para investor kripto sebagai alternatif bitcoin yang harganya mulai naik.

Terbukti saat ini harga satu koin Litecoin dihargai 830ribuan. Meski nilainya tidak setinggi bitcoin yang pernah mencapai angka 970 juta per koin, litecoin tetap menjadi pilihan rasional untuk mereka yang tidak ingin mengambil resiko tinggi dalam investasi kripto.

Ethereum

Ethereum atau ether adalah jenis cryptocurrency yang menggunakan jaringan ethereum untuk melakukan transaksi finansial. Koin ether ini muncul pada tahun 2015, dan menjadi salah satu koin yang populer hingga saat ini. 

jenis dan macam cryptocurrency mata uang digital

Selain dapat digunakan untuk transaksi keuangan, ether juga dapat menjalankan smart contract maupun menyimpan data aplikasi pihak ketiga. Sebagai informasi nama koinnya secara resmi adalah ether dan nama jaringan blockchainnya disebut ethereum.

Binance Coin

Binance coin tercipta pada tahun 2017, mata uang digital ini tadinya dikembangkan dalam jaringan blockchain ethereum namun kemudian mendirikan platform blockchain tersendiri. Sebagai salah satu mata uang kripto terbesar, binance dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, pembelian online maupun transaksi keuangan lain. Binance Coin atau BNB sendiri tersedia hingga 200 juta unit token.

Tether

Mungkin ada yang salah fokus dengan nama Tether yang mirip ether, namun tether adalah jenis cryptocurrency yang berbeda. Dibanding jenis uang kripto lain, tether disebut sebagai stablecoin. Koin yang bertindak sebagai stablecoin menggunakan mata uang dunia nyata sebagai referensi nilainya. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya volatilitas ekstrim saat harga sebuah koin naik atau turun secara drastis. 

Tether saat ini banyak digunakan untuk melakukan perdagangan bitcoin, kurang lebih 57% perdagangan bitcoin menggunakan algoritma tether.

XRP

XRP adalah jenis mata uang yang dikembangkan oleh Ripple labs dan berjalan di jaringan Ripple. XRP kerap dijadikan mata uang untuk melakukan barter nilai dua mata uang berbeda secara cepat dan efisien. 

tips investasi bitcoin pemula

XRP adalah jenis koin yang tidak ditambang, berbeda dengan beberapa jenis koin popular lainnya.

Dimana Membeli CryptoCurrency?

Untuk melakukan penjualan dan pembelian aset kripto, kita bisa melakukannya di platform yang menyediakan layanan jual beli kripto. Namun, kita perlu memastikan layanan tersebut sudah mendapatkan ijin dari Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) untuk menjamin keamanan investasinya.

Salah satu platform yang direkomendasikan adalah Indodax. Indodax adalah platform jual beli cryptocurrency yang sudah terdaftar dan memiliki ijin untuk menyelenggarakan layanan jual beli bitcoin dan mata uang digital lain.

Keunggulan Indodax

Tentunya ada beberapa alasan memilih Indodax sebagai platform investasi atau jual beli kripto

  1. Tersedia dalam website maupun mobile apps
  2. Pembelian aset kripto dapat dilakukan melalui semua bank lokal di Indonesia
  3. Pencairan aset bisa dilakukan ke berbagai rekening bank lokal maupun e-wallet
  4. Biaya trading dan penarikan di Indodax mulai dari 0%
  5. Melayani transaksi 24 jam perhari dan 7 hari seminggu
  6. Terdapat layanan Indodax Academy untuk belajar seputar kripto

Nilai biaya transaksi yang 0% ini sangat direkomendasikan untuk rekan-rekan yang ingin memulai belajar investasi kripto, selain itu dukungan Indodax Academy bisa kita gunakan untuk memperkaya wawasan kita mengenai dunia kripto yang luas. 

Nah, buat kamu yang masih penasaran dan belum yakin untuk melakukan jual beli kripto bisa banget gabung di Indodax Academy untuk belajar mengenai peluang investasi dari mata uang digital ini.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.