Mengenal Cloud Hosting: Pengertian dan Kelebihannya

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dengan dunia hosting, jenis hosting yang satu ini tentu bukan menjadi suatu hal yang asing. Ya, dia adalah Cloud Hosting. Cloud hosting ini merupakan salah satu jenis hosting yang populer di kalangan para webmaster, karena terkenal dengan fleksibilitas dan skalabilitasnya.

Meski begitu, masih ada beberapa orang yang bingung dengan jenis hosting yang satu ini. Kebanyakan bertanya apa kelebihannya dibanding web hosting biasa atau kapan harus menggunakan layanan cloud hosting ini.

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, mari simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan salah satu inovasi dari layanan hosting yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data website dalam sebuah cloud dan merupakan bagian dari web hosting. 

Cloud hosting menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) server dan memaksimalkan server uptime. Gabungan dari beberapa server ini biasanya disebut dengan “cloud cluster”. Semakin banyak server yang tergabung di dalam cluster, maka semakin besar juga resources yang bisa dibagikan. 

Cloud hosting memungkinkan website tetap berjalan dengan baik meski salah satu server mengalami kerusakan atau overload. Dengan menggunakan layanan cloud hosting, Anda bisa dengan leluasa mengelola server sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan Cloud Hosting

kelebihan cloud hosting

Adapun kelebihan cloud hosting yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya, antara lain:

Uptime Stabil

Karena menggunakan sumber daya dari beberapa server pada cloud cluster, maka website yang menggunakan layanan ini tidak akan mengalami downtime. Hal ini bisa terjadi sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Bahwa jika salah satu server mengalami gangguan, maka cloud hosting akan memindahkan permintaan secara otomatis ke server lain. 

Fleksibilitas

Kelebihan lain yang membuat cloud hosting ini populer adalah fleksibilitasnya. Artinya, layanan cloud hosting memiliki proses yang cepat sehingga Anda tidak perlu menyiapkan infrastruktur hardware seperti komputer, server, dan penyimpanan hardware. Layanan ini termasuk dalam cloud-self service, sehingga Anda bisa memilih kapasitas yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.

Skalabilitas

Dengan menggunakan layanan ini, website Anda dilengkapi dengan beberapa server virtual yang bisa melayani permintaan website dan aplikasi yang mungkin memiliki lalu lintas yang terus meningkat. Hal ini meminimalisir resiko downtime pada website Anda. Setelah lalu lintas kembali normal, Anda bisa menurunkan dan memperkecil sumber daya dengan mudah melalui dashboard intuitif.

Loading Time Cepat

Cloud hosting memiliki teknologi load balancing yang memungkinkan membagi beban resource kepada beberapa server yang berbeda. Hal ini menyebabkan website atau aplikasi yang menggunakan cloud hosting ini memiliki loading time yang lebh cepat dibanding layanan hosting lainnya.

Mudah dalam Melakukan Data Recovery

Salah satu hal yang cukup menjadi ketakutan pemilik website adalah hilangnya data-data penting karena hal-hal yang tidak terduga. Untuk itu layanan cloud hosting ini memilih menyimpan file pada cloud server yang berbeda dengan hosting tradisional yang biasa menyimpan file hanya pada satu lokasi.

Biasanya, penyedia layanan cloud hosting melindungi file penggunanya dengan melakukan backup dan storing di lokasi berbeda.Hal ini dilakukan untuk mencegah hilangnya data secara permanen ketika terjadi kegagalan pada pusat server.

Menjaga Performa Website

Fitur-fitur pada cloud hosting, seperti fitur optimasi kecepatan dan keamanan bisa diandalkan saat pengguna mengalami masalah keamanan seperti penyalahgunaan data serta tindak kejahatan lainnya. Fitur keamanan ini memberikan jaminan keamanan dan kerahasiaan data.

Mampu Menampung Lebih Banyak Pengunjung Website

Karena memiliki uptime yang stabil, server mampu menampung lebih banyak pengunjung website dalam waktu yang bersamaan. Hal ini bisa terjadi karena ketika salah satu server mengalami overload, maka beban pada server tersebut akan dibagi ke server lain pada cloud cluster.

Kapan Harus Menggunakan Cloud Hosting?

cloud hosting jetorbit

Setelah mengetahui kelebihan dari layanan cloud hosting, mungkin Anda juga akan bertanya-tanya, kira-kira kapan Anda harus menggunakan layanan ini. Berikut adalah jawabannya.

  • Saat Anda merasa membutuhkan sumber daya dengan dedicated.
  • Website yang Anda miliki harus beroperasi selama 24 jam penuh dalam satu minggu.
  • Website memiliki banyak konten visual seperti foto, video, gif, dan sebagainya.
  • Lalu lintas website sudah semakin tinggi.
  • Membutuhkan RAM untuk akses yang lebih cepat.
  • Membutuhkan storage tambahan.

Jika Anda merasa sudah memerlukan semua atau beberapa hal di atas, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan layanan cloud hosting.

Nah, itulah tadi informasi terkait cloud hosting yang mungkin Anda perlukan. Jika Anda masih ragu untuk beralih ke layanan cloud hosting, Anda bisa terlebih dahulu membaca perbedaan antara web hosting dan cloud hosting.

Jika sudah memutuskan akan menggunakan layanan apa untuk website Anda, Anda bisa menghubungi Jetorbit sebagai layanan penyedia hosting yang bisa Anda percaya sebagai mitra bisnis Anda. Tersedia berbagai layanan yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda. Bisnis melesat dengan pesat, pakai Jetorbit pasti mantap!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.