Mengenal Fitur Aplikasi Kasir iReap untuk UMKM

Berbicara mengenai bisnis UMKM tentunya tidak terlepas dari keinginan para pelaku UMKM untuk dapat terus berkembang dan memposisikan brand mereka menjadi pilihan top of mind masyarakat mulai dari lingkungan area terdekat sampai tingkat lokal.

Untuk mendukung perkembangan UMKM tersebut hal yang juga sangat penting adalah efektivitas dalam menjalankan bisnis dan usahanya. Sebagaimana kita ketahui, kebanyakan UMKM masih melakukan segala sesuatu secara manual, dan tentunya menyita waktu pengusaha.

Hingga pada akhirnya, beberapa proses yang tidak terkait dengan core bisnis UMKM tersebut terlewatkan dan membuat UMKM susah untuk mengukur pencapaian mereka selama ini.

Bagaimana Aplikasi Kasir iReap Membantu UMKM?

lebih mudah atur transaksi UMKM dengan software iReap POS

Aplikasi kasir iReap adalah sebuah aplikasi kasir yang ditujukan untuk retail dan UMKM, iReap sendiri merupakan kependekan dari integrated Retail Application, aplikasi kasir satu ini memiliki banyak kemudahan untuk menjalankan operasional sebuah toko, resto, warung, penyedia jasa maupun layanan UMKM lain sebagai sistem point of sales dan sistem pengelolaan barang.

iReap sendiri memiliki dua pilihan aplikasi yaitu iReap POS Lite dan iReap POS Pro, keduanya sudah tersedia di link Play Store berikut

  1. iReap POS Lite untuk Android
  2. iReap POS PRO untuk Android

apa perbedaan kedua aplikasi ini?

Aplikasi Kasir Gratis Tanpa Iklan iReap POS Lite

Aplikasi iReap POS Lite merupakan aplikasi kasir gratis yang tersedia untuk pelaku usaha seperti UMKM, resto, toko, jasa service dan lain-lain. Dengan menggunakan iReap POS Lite, pelaku usaha sudah bisa memanfaatkan berbagai fitur POS yang tersedia secara gratis.

aplikasi kasir gratis iReap POS Lite

Aplikasi ini dapat diinstall di perangkat android dan tidak membutuhkan koneksi internet, sehingga cocok digunakan untuk pencatatan transaksi penjualan di toko. Meski bersifat gratis, aplikasi kasir ini tidak akan mengganggu penggunanya dengan iklan-iklan yang bermunculan saat pengguna mengakses aplikasi. Selain itu iReap POS Lite mendukung 5 bahasa yaitu Indonesia, Inggris, Rusia, Prancis dan Jepang.

Fitur iReap POS Lite antara lain

  • Point of sales
  • Stock inventory

iReap mendukung berbagai metode pembayaran mulai dari cash, card, e-wallet seperti OVO, Gopay, Dana, Shopeepay, Link Aja dan juga metode QRIS.

iReap POS Lite disarankan digunakan untuk usaha skala mikro yang hanya memiliki satu toko saja dengan pemilik usaha merangkap sebagai admin usaha. Setiap transaksi penjualan dapat dicatat menggunakan device android yang digunakan sebagai kasir. Namun untuk usaha yang memiliki berbagai cabang dan membutuhkan fitur yang lebih advanced disarankan menggunakan aplikasi kasir iReap versi Pro

Fitur Khusus iReap POS Pro

Jika sebelumnya kita sudah bisa menggunakan iReap versi lite yang dapat mensupport bisnis usaha mikro, maka sekarang kita berkenalan dengan versi yang lebih tinggi yaitu iReap POS Pro.

Dari namanya, kita sudah paham bahwa versi ini menawarkan skalabilitas yang lebih baik dibanding versi lite nya. Selain memiliki semua keunggulan iReap POS Lite, versi Pro memiliki beberapa poin yang penting dipertimbangkan pelaku UMKM yang tengah mengembangkan usahanya.

Fitur Multi User

iReap Pro memungkinkan UMKM membuat beragam user mulai dari admin, manager, supervisor dan kasir. Leveling user ini memungkinkan kebijakan akses yang berbeda dan memastikan hanya user yang berhak yang bisa melakukan akses terhadap sebuah data.

Tak hanya itu tersedia user administrator yang bisa diakses melalui pro.ireappos.com, user ini bisa membawahi beberapa multiple branch, sesuai lokasi toko masing-masing. Sehingga pengusaha bisa dengan mudah mengecek data penjualan tiap cabang.

Transfer Barang Antar Toko

Memiliki usaha yang berkembang misalnya memiliki beberapa cabang mengharuskan pemilik usaha melakukan restocking tidak hanya di satu toko, tetapi juga beberapa cabang, iReap Pro memiliki fitur transfer barang antar toko yang memudahkan admin melakukan pelacakan aset dari satu branch dengan branch lain.

Fitur Cloud untuk Database dan Master Data

Terkadang harga barang naik dalam beberapa bulan, tentu akan menyulitkan jika harus mengupdate harga produk di setiap cabang, iReap POS Pro dapat memudahkan semua dengan melakukan update master data dengan mudah, selain itu, iReap versi pro ini dapat diakses secara online maupun offline.

Berkat teknologi cloud, tidak perlu takut kehilangan data usaha karena smartphone kita rusak atau hilang.

Fitur Realtime dan Reporting Lengkap

Untuk urusan reporting, yang menjadi kekurangan iReap POS Lite tidak ditemukan di versi Pro, disini, pengguna bisa mengakses laporan transaksi via aplikasi dan web, melakukan exporting data ke berbagai format seperti CSV, Excel maupun PDF. Dan tentu saja, bisa mengakses data untuk setiap toko cabang yang dimiliki. Semuanya dapat diakses secara realtime.

Fitur Resep/Product Set

fitur unggulan aplikasi kasir iReap POS Pro

Seringkali untuk usaha seperti apotek, resto, yang memerlukan costumize yang diinginkan pelanggan sulit dilakukan oleh aplikasi pos biasa, iReap POS Pro memiliki fitur untuk memudahkan pembuatan resep, product set maupun sales bill of material. Dengan demikian, setiap item bahan baku yang digunakan dalam pembuatan makanan bisa kita kontrol stocknya.

Manajemen Invoicing

Biasanya dalam menjalankan usaha, pelaku UMKM memiliki pelanggan tetap dengan pembayaran yang tidak serta merta dibayarkan pada saat itu, misalnya dengan agen atau pelanggan non end user. iReap memudahkan hal ini dengan fitur iReap Invoice guna memastikan hutang piutang usaha dapat tetap dimanajemen dengan baik.

Kita bisa melihat data pelanggan mana saja yang belum melunasi tagihan dan kita bisa mengirimkan invoice pada mereka. Hal ini lebih simpel karena sudah terintegrasi dalam satu aplikasi.

Fitur Absensi Karyawan

Tentu akan lebih mudah jika pengusaha memiliki fitur yang dapat mengecek presensi karyawan, nah gak perlu pakai software lain lagi karena aplikasi kasir iReap POS Pro pun sudah menyediakan fitur presensi. Checking kehadiran dan perhitungan bonus untuk karyawan akan lebih mudah dilakukan pengusaha.

Fitur Add On Apps Kelas Dunia

Yang membuat iReap POS Pro ini semakin legit adalah kemampuannya diintegrasikan dengan berbagai software kelas dunia seperti SAP Business One, SAP Business One on Cloud, Zahir Accounting dan juga Jurnal.

Berapa Biaya Aplikasi Kasir iReap POS Pro?

Untuk mendapatkan berbagai fitur unggulan tersebut, iReap menetapkan harga langganan sebesar Rp. 99.000/bulan, atau untuk langganan selama satu tahun harga yang ditawarkan hanya sebesar Rp. 41.667 saja. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan dan kemampuan untuk mengatur manajemen penjualan di beberapa cabang, tentunya bisa menjadi pilihan pelaku UMKM dan usaha kecil.

Yuk segera download di Google Play Store dan gunakan aplikasi iReap untuk meningkatkan efektivitas manajemen usaha kita

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.