Komponen Mobil yang Sulit untuk Diperbaiki

Seringkali pemilik mobil harus mengeluarkan biaya ekstra ketika kendaraan mengalami kerusakan. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, apalagi jika kerusakan yang terjadi pada bagian-bagian yang memang kompleks. Namun kini banyak video tutorial atau tips-tips yang beredar di media sosial tentang cara memperbaiki berbagai bagian dari mobil.

Hal ini tentu berguna jika Anda ingin memperbaiki bagian mobil yang memang perbaikannya bisa selesai dengan cara yang sederhana seperti mengganti ban mobil atau mengganti busi mobil. Namun sebagai pengguna media sosial yang bijak serta pemilik kendaraan yang bertanggung jawab, sebaiknya Anda tidak serta merta mencoba segala macam video tutorial tersebut tanpa pertimbangan yang baik.

Karena alih-alih bisa berfungsi normal, bisa jadi kerusakan akan semakin parah jika Anda tidak terlalu memahami seluk beluk bagian tersebut.

5 Komponen Mobil yang Sulit Diperbaiki

Berikut adalah komponen mobil yang memang memiliki bagian yang rumit untuk bisa Anda perbaiki sendiri dan butuh bantuan dari teknisi profesional dari bengkel seperti bengkel resmi Suzuki.

Radiator

Komponen ini merupakan bagian penting pada mobil Anda, tanpa radiator mesin mobil bisa mengalami overheat dan mengalami kerusakan berat yang akan menghabiskan banyak biaya perbaikan. Meskipun di internet banyak beredar cara memperbaiki radiator yang bila sekilas dilihat bisa sangat mudah ditiru, namun sebaiknya jangan Anda lakukan tanpa pemahaman yang cukup tentang seluk beluk seluruh komponen radiator. Sebab kesalahan pemasangan penghubung radiator misalnya bisa menyebabkan kerusakan fatal, hingga mesin mobil bisa meledak. 

Filter bahan bakar

komponen mobil yang sulit diperbaiki

Fungsi dari komponen ini tentunya untuk menyaring kotoran yang terkontaminasi dalam bahan bakar. Tanpa penyaringan, tentunya kotoran akan menimbulkan kendala pada mobil Anda. Biasanya filter bahan bakar harus dibersihkan secara berkala, dan untuk proses ini mungkin Anda bisa mencari tahu caranya. Namun apabila kotoran yang menempel terlalu banyak, sebaiknya Anda jangan melakukannya sendiri. Terlebih jika sudah terjadi kerusakan pada filter bahan bakar. Hindari mengutak atik sendiri tanpa bantuan teknisi profesional agar kerusakan tidak semakin parah. 

Rem Mobil 

Struktur yang ada pada komponen rem mobil sebenarnya sangat kompleks. Terdapat bantalan rem, kaliper, rotor, bantalan roda hingga minyak rem yang jika Anda tidak memahami seluruh komponennya tentunya akan muncul kendala lain. Bahkan parahnya rem bisa tidak berfungsi dengan baik. 

Head Gasket

Head gasket berfungsi sebagai kompresi di ruang bakar dan menghindari oli dan cairan pendingin merembes ke ruang pembakaran. Komponen ini menjadi salah satu yang memang sulit untuk bisa diperbaiki sendiri, sebab sudah pecah setidaknya untuk memperbaikinya bisa membutuhkan waktu hingga 25 jam kerja. Jika terjadi kendala pada head gasket, sebaiknya segera hubungi teknisi yang sudah berpengalaman untuk memperbaikinya. 

Transmisi

Untuk satu unit transmisi yang ada di mobil Anda, terdapat ribuan bagian rumit yang memiliki prosedur khusus untuk bisa memperbaikinya. Untuk mengganti cairan yang ada pada transmisi saja, butuh tenaga ahli dari teknisi yang berpengalaman. Hindari mencoba-coba untuk memperbaikinya sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni jika tidak ingin menanggung biaya lebih besar untuk kerusakan yang semakin parah. Bawa mobil kesayangan Anda ke bengkel resmi Suzuki yang memiliki teknisi ahli dalam memperbaiki kerusakan pada suku cadang mobil yang kompleks sekalipun. Dapatkan juga jaminan suku cadang mobil yang asli untuk kendaraan Anda. Kunjungi https://www.suzuki.co.id/services untuk mencari tahu bengkel terdekat dan penjadwalan servis mobil Anda. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.