Mengenal Ikan Mas Hias dan Jenisnya


Memelihara ikan mas hias menjadi satu kesenangan tersendiri untuk para pecinta ikan. Ditambah lagi warna ikan-ikan hias tersebut cantik dan sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai hiasan di ruang tamu di rumah. Selain karena hobi, nyatanya budidaya ikan mas hias ini juga memiliki prospek bisnis yang baik. Tidak ada salahnya bukan apabila hobi ini dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan?

Tentang Ikan Mas Hias

Ikan yang memiliki nama latin Carassius Auratus ini adalah salah satu jenis ikan yang pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat. Saat ini pun ikan mas hias atau yang lebih sering disebut ikan mas termasuk dalam ikan paling populer. Sebenarnya jenis Carassius Auratus ini sudah didomestikasi dan memunculkan tubuh ikan dengan sirip ekor ganda serta berbentuk bulat dan disebut dengan ikan mas koki.

Ikan mas hias ini memiliki habitat asli di Asia Timur dan pertama kali dipelihara di Tiongkok sekitar lebih dari seribu tahun yang lalu. Semenjak itu, ikan mas berhasil dikembangkan menjadi beberapa ras yang berbeda.  Ikan jenis ini memiliki variasi berbagai macam, misalnya perbedaan ukuran, susunan sirip, bentuk tubuh, hingga beragam warna yang sangat cantik.  Harga ikan mas koki dan ikan mas jenis lainnya pun cukup terjangkau oleh masyarakat.

Jenis-Jenis Ikan Mas

Untuk Anda yang masih belum mengetahui kira–kira apa saja jenis dari ikan mas ini, berikut informasi mengenai jenis ikan mas yang sangat beragam:

Ikan Mas Calico

Ikan mas pertama adalah jenis calico. Nama calico didapatkan dari jumlah warna yang dipunyai ikan, ditambah dengan sisik transparan yang terdiri dari lima warna dasar, diantaranya warna putih, hitam, biru, dan satu warna lainnya yakni merah/ kuning/ coklat/ oranye. Ikan jenis calico ini adalah hasil dari persilangan dalam waktu yang lumayan lama.

Ikan-Mas-Koki-Calico Mengenal Ikan Mas Hias dan Jenisnya  wallpaper

Ikan Mas Lion Head

Ikan yang berasal dari daerah Cina ini bisa bertahan hidup hingga 15 tahun, bahkan bisa lebih dari itu. Ikan mas Lion Head termasuk ikan yang friendly pada ikan lain. Dinamakan lion head karena ikan jenis ini mempunyai tonjolan di atas kepala, inilah yang menjadi karakteristik utama.

ikan-mas-hias-lion-head-ikan-mas-koki Mengenal Ikan Mas Hias dan Jenisnya  wallpaper

Ikan mas lion head berenang dengan kecepatan yang lamban, jadi lebih baik jika ingin disatukan dengan ikan lain dalam akuarium yang sama, pilihlah ikan yang berenang dengan kecepatan yang sama. Jika tidak, dikhawatirkan ikan ini tidak akan mendapatkan jatah makanan karena telah direbut ikan lain.

Ikan Mas Sisik Mutiara

Ikan mas hias jenis ketiga adalah ikan sisik mutiara yang berasal dari daerah Cina dan Jepang. Ciri dari ikan ini yaitu tubuh bulat, sisik mengkilap, dan memiliki tonjolan di kepala. Ikan sisik mutiara juga termasuk dalam ikan yang ramah terhadap ikan lain dan juga memiliki kecepatan renang yang lamban.

ikan+mas+koki+mutiara2 Mengenal Ikan Mas Hias dan Jenisnya  wallpaper

Masa hidup ikan ini bisa terbilang panjang dalam waktu sekitar  10 hingga 15 tahun jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Selain itu, ikan sisik mutiara bisa tumbuh hingga sepanjang 10 – 15 cm.

Ikan Mas Sukiyu (Pompon)

Ciri dari ikan mas sukiyu ini sebenarnya sama dengan kan mas lion head dengan jaringan kumis yang ada di bagian mulut. Mirip pula dengan ikan mas lain yang memiliki warna kaliko (panca warna), merah, dan merah putih.

3 Mengenal Ikan Mas Hias dan Jenisnya  wallpaper

Ikan Mas Bubble Eye

BACA JUGA:   Resep Masakan Jepang Okonomi-Yaki

Ikan jenis bubble eye mempunyai penampilan yang unik yaitu ukuran bola mata besar. Sebenarnya hal ini bisa mengganggu penglihatan ikan dan mengganggu gerakan berenangnya. Apalagi ditambah dengan ukuran tubuh bulat dan tambun yang membuat gerakan ikan tidak cepat dan lincah. Tentunya ini akan membuat ia tidak akan kebagian jatah makan jika disatukan dengan ikan lain yang bergerak lebih cepat.

goldfish-bubble-eye-Chi-Liu Mengenal Ikan Mas Hias dan Jenisnya  wallpaper

Prospek Bisnis Ikan Mas Hias

Prospek bisnis ikan mas hias ini dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi. Meski dari segi pemeliharaannya hampir sama, namun untuk masalah penjualan tentu saja berbeda. Hal ini karena untuk ikan konsumsi biasanya akan dijual kiloan, lain halnya dengan ikan mas hias yang dijual per ekor sehingga keuntungan yang didapatkan jauh lebih tinggi.

Apabila ikan konsumsi memprioritaskan kuantitas, maka untuk ikan mas hias ini kualitas lebih mengutamakan kualitas. Jadi ketika seseorang membudidayakan ikan konsumsi, butuh lahan yang luas agar dapat menampung semua ikan peliharaannya. Sementara itu untuk budidaya ikan hias tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas sehingga dapat dilakukan bagi sesiapa saja yang memiliki lahan terbatas atau di akuarium ikan.

Demikianlah ulasan singkat tentang ikan mas hias, prospek bisnis ikan mas hingga jenis-jenis ikan mas yang banyak dipelihara orang. Bagaimana, sudahkah Anda berpikiran untuk mengembangkan hobi yang mengasyikkan ini?


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda