Mengenal Lebih Dekat tentang Information Literacy Skill

Apa itu information literacy skill? Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar tentang information literacy skill namun tak begitu tahu apa maksudnya. Information literacy skill dalam bahasa Indonesia disebut juga kemampuan literasi informasi dan bisa diartikan sebagai keberaksaraan informasi atau mudahnya adalah kemelekan informasi.

Information literacy skill merupakan kemampuan seseorang untuk mengakses serta memanfaatkan informasi yang tersedia dengan cara yang tepat. Menurut American Library Association (ALA), information literacy skill adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, mengakses dan menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif dan etis.

Kita mengenal beragam jenis informasi berdasarkan sumber informasi tersebut datang. Dalam pengertian information literacy skill, informasi yang dimaksud bisa berasal dari berbagai sumber seperti buku, majalah, internet, dan lain sebagainya. Sumber informasi tentu saja tergantung pada informasi seperti apa yang dibutuhkan.

Fungsi Information Literacy Skill

Information literacy skill memiliki beragam fungsi yang bermanfaat. Kemampuan ini berfungsi sebagai alat memilah semua informasi yang didapatkan. Kemampuan ini membuat kita bisa mendapatkan informasi seperti apa yang dibutuhkan dan bisa memberikan manfaat bagi kita. Karena, seperti kita tahu bahwa tidak semua informasi bisa digunakan.

Dengan adanya information literacy skill maka kita bisa lebih menghemat waktu. Waktu tidak terbuang percuma karena mengumpulkan informasi-informasi yang sebenarnya tidak begitu berguna bagi kita. Selain lebih hemat waktu, kemampuan ini juga membantu kita menghemat tenaga saat mencari informasi.

Kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki. Tak hanya untuk para pelajar, namun para pekerja dan orang-orang lainnya juga penting memiliki kemampuan yang satu ini. Saat memiliki skill ini, maka kita akan lebih mudah memahami suatu informasi dan menggunakan informasi tersebut untuk mendatangkan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tanda Memiliki Information Literacy Skill

Information Literacy skill

Pada dasarnya, semua orang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi. Bisa kita ketahui bahwa semua orang memiliki kemampuan masing-masing untuk menyerap informasi dan memanfaatkannya dengan benar. Namun, ternyata information literacy skill bukanlah kemampuan menyerap informasi secara sembarangan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa memahami dengan baik informasi apa yang mereka butuhkan. Tidak semua orang bisa mendapat informasi yang tepat dari berbagai sumber dan format. Tidak semua orang bisa menggunakan informasi yang telah ditemukan dalam cara yang tepat. Inilah yang dimaksud dengan information literacy skill dan tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Pentingnya Information Literacy Skill

Information literacy skill merupakan sebuah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja. Apalagi di jaman seperti sekarang ini dimana arus informasi begitu deras. Banyak sekali informasi yang bisa kita akses baik lewat media cetak, visual, maupun digital seperti lewat akses internet.

Jika kita tak memiliki information literacy skill maka akan mudah untuk terdistraksi dengan beragam informasi yang ada. Oleh karena itu, kita harus bisa mengasah kemampuan kita dalam menyerap informasi dan menyeleksi informasi berdasarkan kebutuhan. Kemudian, kita harus bisa menggunakan informasi tersebut dengan cara yang tepat.

Pemanfaatan informasi saat ini juga harus sangat diperhatikan. Tidak sedikit orang yang akhirnya menyalahgunakan informasi yang mereka terima. Padahal, jika tidak benar mengambil sikap bisa jadi akan berakibat buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Tanpa adanya information literacy skill kita bisa menanggung kerugian besar hanya karena informasi yang sering kita anggap sepele.

BACA JUGA:   Psikologi Spontan
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.