Menggali ide

Hari ini di kelas aku ngasih tau anak2 buat ikuan lomba karya ilmiah yang beberapa minggu kemaren dah disosialisasikan ke seluruh SMK di DIY. Mayan mumet juga waktu mikir kira2 mo bikin apa yang gak terlalu ribet n bisa dilakukan anak.

Think-idea-Boxesforweb1 Menggali ide  wallpaperDan hari ini ternyata banyak kejutan ide dari anak2 buat membuat something new ataupun pengembangan dari sesuatu yang udah ada sebelumnya, well jujur gak nyangka klo ternyata mereka bisa seagresif itu dalam menyampaikan ide2 di otak mereka, seolah seperti ledakan yang selama ini tertimbun dibalik kebengalan mereka.

Banyak anak yang tertarik buat ikutan lomba ini, meskipun mereka juga enggak terlalu mudeng secara keilmiahannya gimana, yang terpenting adalah mereka punya semangat buat mewujudkan apa yang mereka pikirkan.

Aku minta mereka mematangkan ide dan konsep mereka dulu, moga aja minggu ini dah bisa technical meeting buat membuat proposal penelitian sesuai ide2 mereka, semoga saja mereka masih bisa menjaga semangat n bisa lolos kualifikasi tingkat kabupaten. Klo lolos setidaknya itu bisa mengangkat nama mereka, tapi yang terpenting adalah mereka belajar mewujudkan sebuah ide dalam mimpi mereka menjadi sesuatu yang bisa dinikmati orang lain. Karena seorang pemimpi hanya akan menjadi seorang pemimpi, tetapi seorang pemimpi yang berhasil membawa mimpinya ke dunia ini, maka orang akan menjadikannya sumber inspirasi. Begitulah yang aku pelajari dari orang2 hebat seperti JRR Tolkien dan JK Rowling yang menjadikan mimpi mereka dapat dinikmati manusia di dunia.

BACA JUGA:   Merayakan sebuah proses

gambar dari sini

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

1 thought on “Menggali ide

    Wulan Ratnasari

    (April 4, 2012 - 4:54 am)

    dan mimpiku…membawa keluargaku pada kemapanan, kebahagiaan, dan kceriaan harus terwujud di setiap hari hari kita…

Berikan tanggapan anda