Menghapus Ramnit

penyebab loading lama mengatasi virus komputer tanpa antivirus

Ramnit siapa yang gak kenal? jenis virus yang ngetrend setahun belakangan ini dan menjadi yang paling menyebalkan dengan berbagai variannya. Melangkah mundur beberapa tahun silam virus ini mungkin terinspirasi virus2 semacam Sality dan Heur yang demen menginjeksi file korbannya.

Gak tanggung2 yang diinjeks bukan hanya file exe, melainkan juga dll, htm\html dan scr. Yang bikin keki mungkin karena kemampuan replikasi virus ini mayan cepet, membuat file  dengan nama acak di flashdisk dan membuat antivirus kita hanya bengak bengok tanpa mampu mendeteksi file induknya.

Bagaimana sih mengatasi virus semacam ramnit?

Ya paling gampang ya instal antivirus buat jaga2, trus matikan fasilitas autoplay pada komputer agar virus tidak langsung dijalankan ketika kita menghubungkan flashdisk yang terkontaminasi.

Kemaren setelah terinfeksi virus ini dan browsing kesana kemari, nemu yang paling gampang adalah make PCMAV express for ramnit, sebenernya aku enggak terlalu rekommend sama PCMAV mengingat selama aku berurusan sama antivirus satu ini lebih banyak bloonnya menghadapi virus baru, tapi untuk kasus kali ini aku bisa acungin jempol deh.

Untuk menjalankan PCMAV, sebelumnya non aktifkan semua aplikasi GUI termasuk windows explorernya (kill aja explorernya pake Task Manager dengan mencet CTRL+ALT+DEL trus masuk ke bagian service, kill process explorer) setelah explorer dimatikan maka start menu otomatis juga ikut hilang, ya iyalah.

Jika proses scanning dan cure file2 yang terinfeksi sudah selesai dilakukan tinggal tampilkan lagi explorernya via task manager dengan masuk file – run ketik explorer, dan start menu berikut desktop icon kembali semula.

gambar dari sini

6 Komentar

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.