Dua ribu dua belas, tahun yang katanya diramalkan bakal menjadi kiamat ternyata hampir pasti terjadi bagi para blogger Multiply. Sahur tadi mendapat sms jika keberadaan blog di Multiply sudah akan dihapus per desember 2012. Itu artinya tidak ada lagi blogger yang hidup dan berumah di Multiply.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Akhir 2010 kepemilikan Multiply telah diambil alih lintah darat bernama Naspers, tujuan utama mereka jelas menginfeksi Multiply dari jejaring sosial menjadi pasar, keinginan mereka adalah uang, uang dan uang. Pelan tapi pasti, Multiply mendirikan kantor perwakilan di Indonesia, menyenangkan bukan? Ya! seandainya kantor perwakilan tersebut mengakomodir kami sebagai blogger disana, nyatanya sejak kehadiran antek kompeni di Multiply, praktis kami para blogger menjadi seperti terasing di negeri sendiri.

Mereka menggunakan nama Multiply Indonesia, siapa Multiply Indonesia??? jauh sebelum para kompeni menginvasi negeri kami, pada tahun 2004 kami telah membranded nama tersebut sebagai nama komunitas blog kami dengan presidennya Mbak Ari, Srisariningdiyah. Namun mereka tiba2 saja menggunakan nama tersebut, untuk membedakannya kami memanggil mereka MULPID untuk membedakannya dengan MPID milik kami. Yah Multiply Indonesia adalah komunitas blogger di Multiply yang telah ada sejak 2004.

Tidak hanya sampai disitu, mereka mengambil alih akun Indonesia.Multiply.com yang saat itu adalah hak milik Donny Verdian, secara tidak sah dan tanpa pemberitahuan, setelah mendapat demo dari para blogger mereka mengubah akun tersebut menjadi akun grup, kelakuan para antek kompeni terhadap blogger yang mengintimidasi, menggunakan kemampuan mengakses sistem lebih daripada kami, justru digunakan untuk memata2i lewat sistem internal, menghapus, dan mengacak2 beberapa rumah teman kami hanya karena faktor subyektif, kemarahan dan dendam, sungguh tidak profesional.

BACA JUGA:   Aikido

Sejak seringnya gesekan diantara kami, setahun belakangan ini sudah agak tenang karena baik kami maupun para staff sudah berada di jalur yang berbeda, ibaratnya kami berada satu rumah dalam dua dunia, namun setelah secara resmi Multiply (antek2 dibaliknya) mengumumkan akan menghapus segala kenangan kami, ya kami hanyalah user, kami hanyalah blogger yang memanfaatkan Multiply sebagai kampung halaman kami.

Memang ngeblog bisa dimana saja, kapan saja, tapi persahabatan yang terjalin selama ini, chemistrynya dan kenyamanannya adalah hal lain. Setiap hostingan adalah unik, sama seperti Blogspot, WordPress, Blogdetik dan lain2, teman2 pasti mengerti kenapa kalian memilih hosting tersebut, sama seperti kami, karena disana kami bisa berkumpul dengan para MPers dan berbagi cerita.

Menjelang kiamat kami, kami terus akan melawan, kami akan memperjuangkan hak kami, bagaimanapun juga Multiply dibesarkan oleh blogger, bloggerlah yang terus setia pada Multiply ketika fasilitas MP3 mereka dibantai karena kalah dari gugatan SONY, blogger yang menyuarakan gerakan penolakan SOPA, PIPA dan ACTA ketika pemilik MP merasakan kekhawatiran terhadap kelangsungan hidup Multiply, bloggerlah yang menghidupkan Multiply selama ini.

#Masih adakah peringatan ulang tahun blogger MPID yang ke 9 tahun depan? hanya Tuhan yang tahu

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.