Mengubah Setting Clock Pada Codevision

Seringkali setelah membuat project pada codevision, ternyata kode yang kita masukan dalam Codevision AVR tidak menghasilkan output yang sesuai ketika di download ke mikrokontroller atau pada saat disimulasikan di Proteus Simulator.

Permasalahan yang sering terjadi karena setting clock pada mikrokontroller berbeda dengan setting clock pada coding Codevision. Hal itu menyebabkan mikrokontrol tidak dapat berfungsi secara optimal dan salah dalam memberikan jawaban atas eksekusi perintah.

Contoh paling banyak adalah pada kasus UART dimana karakter yang dikirimkan akan berbentuk tidak beraturan, nah untuk mengatasi hal ini jika kita sudah terlanjur menuliskan kode cukup banyak di codevision, maka akan merepotkan jika harus mengulang membuat new file dan copas kode hanya karena salah menyeting clock.

Gunakan menu Project> Configure> C Compiler untuk merubah setting clock sesuai clock kristal yang anda gunakan.

buuku arduino biasa, rangkaian Sensor kebocoran gas gas pada proteus menggunakan atmega 8535, simulasi keypad proteus
BACA JUGA:   Membuat Digital Counter Up and Down menggunakan Tombol
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.