Mudahnya belajar bermain gitar bareng chordtela

Waktu masih duduk di bangku SMP, aku sudah tertarik bermain gitar. Maklum saat itu, banyak lagu-lagu pop bermunculan di tanah air seiring mulai bangkitnya musisi nasional di awal 2000an.

Aku belajar secara otodidak bersama temanku, dari kegiatan tersebut aku mulai memahami kunci-kunci dasar tangga nada. Meski di sekolah ada pelajaran seni, otakku gak terlalu masuk saat itu. Jadilah aku mengandalkan latihan bersama temanku sepulang sekolah.

Saat SMA, aku pindah ke Jogja dan disini mulai sedikit memahami teori mengenai tangga nada, nada mayor dan minor. Berita baiknya karena aku tinggal di kota besar aku dengan mudah mengakses literatur tentang musik.

Salah satu yang aku suka adalah buku-buku tentang chord lagu terbaru, waktu itu bahkan ada majalah bulanan yang mengulas chord dan kunci gitar lagu baru.

Hanya saja tak semua lagu baru atau yang aku suka ada disana, andaipun ada, tangga nada yang digunakan tangga nada sulit seperti C-aug9, C-dim, D-sus dan lain-lain.

Meski aku udah tau dasar teori n gimana cara menghitung urutan nadanya, bukan hal mudah mengaplikasikannya ke dalam fret gitar.

Mengenal chord dari internet

Di awal awal aku berkenalan dengan chord dari internet adalah dari guitar tab, platform yang menyajikan chord untuk gitar, bass dll ini menarik minatku meski begitu kebanyakan lagu yang diunggah adalah lagu barat. Mo gimana lagi emang website luar negeri, daftar lagu putar Indonesia dikit, jikapun ada ya hanya terbatas lagu-lagu yang meledak di pasaran. Lagu-lagu lawas gimana? Yah susah deh.

Untungnya sekarang ada chordtela

Chordtela Layanan Chord Dasar Kunci Gitar Terlengkap

cari chord dan kunci gitar mudah chordtela

Chordtela adalah layanan penyedia chord musik terlengkap saat ini, mau cari lagu dangdut, Malaysia, lagu kenangan, keroncong ada, apalagi sekedar cari lagu pop n rock duh banyak banget.

Fitur Transpose

Yang menyenangkan di chordtela ini ada fitur transpose. Buat yang belum tau, transpose adalah metode untuk menaikkan atau menurunkan nada tiap setengah nada.

Misalnya aku nemu chord yang sulit dimulai dari F#m ak bisa aja melakukan transpose ke Am atau Em.

Dengan begitu aku gak perlu memaksakan tangan buat mencet chord F#m, kamu juga bisa menggunakan transpose ini untuk menyesuaikan nada suara kamu, jadi lebih enak buat ambil nada sesuai karakter suara kamu.

Hampir setiap hari selepas mengajar aku menyempatkan diri memainkan gitar di lab sambil membuka chordtela, sekedar untuk melemaskan jari n menghibur diri biar gak spanneng sama kerjaan hari itu

Oh ya di chordtela ini misal kamu membuka chord lagu seorang artis, chordtela akan memberikan referensi lagu lain yang juga dinyanyikan penyanyi tersebut. Ada dua referensi sih biasanya yang pertama by artisnya dan selanjutnya yang punya genre sama.

Jadi di chordtela misal pengen nyanyi lagu nya Ungu satu album gampang banget.

Simplified n Original Chord

Nah,di chordtela ini, kamu bakalan dapet dua jenis chord, yang pertama adalah versi simplified dan yang kedua adalah nada aslinya, iya misal pake kunci C-aug9 tadi. Aku sendiri biasanya pake mode simplified aja yang lebih nyaman. Misal mau pake yang nada original juga bisa pake. Letak chord asli ada di akhir chord simplified nya.

Karena tangga nada atau chord yang digunakan versi simpel jadi lebih mudah buat diingat, akhirnya bisa macak ala penyanyi kafe gini kan ya?

belajar kunci gitar biar kayak penyanyi cafe di chordtela

Request Chord Lagu Tertentu

Kamu gak nemu lagu kesayangan kamu di Chordtela? Gampang kamu bisa isi Buku Tamu Chordtela buat request chord dari lagu yang ingin kamu mainkan, nantinya tim Chordtela akan menyiapkan chord gitar terbaru untuk lagu request kamu.

Selain kamu bisa melakukan request lagu, kamu juga bisa lho menggunakan tool transpose untuk meminta pengubahan chord sebuah lagu di Chordtela, jika disetujui nanti hasil gubahan kamu bisa ikutan nampang di Chordtela.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.