USB Konverter Hardisk external – internal

Hardisk internal biasanya berupa hardisk SATA ataupun hardisk IDE (PATA) yang berukuran 3,5″ sedangkan hardisk laptop berukuran 2,5″. Hardisk external adalah hardisk yang penggunaannya di luar casing PC ataupun diluar dari body laptop. Hardisk external rata2 dikoneksikan menggunakan port USB.

Nah bagaimana cara membuat hardisk internal menjadi hardisk external?

konverter Hardisk external SATA - USB - IDERata2 hardisk external saat ini berukuran 2,5″ yang juga merupakan standar hardisk internal laptop, hanya saja hardisk external branded sudah dilengkapi dengan converter Sata – USB. Produsen penyedia hardisk external contohnya Seagate, Western Digital (WD), Samsung, Toshiba, Transcend dan masih banyak lagi.

Jika hardisk internal kita berukuran 2,5″ dan ingin diubah menjadi hardisk external, maka solusinya adalah membeli bracket hardisk external Sata – USB atau IDE – USB, tergantung dengan konektor hardisk internal kita. Untuk ukuran 3,5″ juga tersedia sih tapi agak lebih susah nyarinya.

Sementara itu untuk solusi tanpa casing, kita bisa memakai konverter IDE/Sata ke USB untuk hardisk 2,5″ maupun 3,5″. Dari segi harga baik bracket maupun konverter HDD – USB termasuk terjangkau, di kisaran 100 ribuan bahkan 50ribuan tergantung kualitasnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.