Perkembangan usia Hamil 6 bulan dan makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil

Masa – masa awal kehamilan memang merupakan sebuah kebahagain untuk ibu, apalagi saat anda menunggu bisa meraskan respond an juga sentuhan si kecil di dalam perut. Pada awal hamil 6 bulan, seorang ibu baru bisa merasakan respond dan juga dapat berinteraksi dengan janin. Selain bisa sedikit demi sedikit merasakan respon janin, anda juga bisa menstimulasi si kecil dengan menggunakan suara- suara seperti musik. Tentunya hal tersebut merupakan sebuah kebahagaian yang tidak pernah terpikirkan, dan menjadi hal yang paling ditunggu- tunggu.

Gerakan dan juga interaksi si kecil barus bisa dirasakan saat usia bayi memasuki 23 sampai dengan 26 minggu. Ibu bisa merasakan ketika bayi berguling- guling, menendang dan juga menonjok perut ibu. Saat awal kehamilan 6 bulan memang merupakan respon awal yang bisa diterima ibu melalui berbagai gerakan aktif yang diberikan si kecil pada ibu. Saat awal kehampilan 6 bulan berat bayi sudah mencapai 0,6 kilogram. Untuk panjangnya sendiri sudah berkisar 34,6 cm dimana pada usia tersebut bayi sudah mulai bergerak sangat aktif dan juga sudah dapat meraskan cegukan.

Adanya gerakan- gerakan berputar, berguling, menendang dna juga menonjok yang di lakukan bayi tersebut juga bisa di katakana sebagai gerakan yang bisa mmebantu bayi ketika bernafas, makan dan juga minum. Perkembangan otak bayi pun sudah mengalamai banyak kemajuan, sehingga kemampuan janin di dalam perut ibi pun sudah semakin banyak. Saat usia 6 bulan tersebut sel neuron yang ada di dalam tubuh pun mulai mengalami banyak perkembangan, dimana sel tersebut juga yang bertanggung jawab pada perpindahan otak yang dapat dijadikan sebagai persiapan ketika bayi akan di lahirkan nanti. Kemampuan motoric bayi pun sudah semakin baik, dimana dalam hal ini ibu pun harus membantu perkembangannya dengan Mengkonsumsi banyak makanan bergizi yang memang dibutuhkan bayi.

BACA JUGA:   Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa

Makanan yang di butuhkan ketika usia janin 6 bulan

Perlu ibu ketahui, otak merupakan salah satu organ tubuh manusia yang mengalami perkembangan paling awal ketika bayi masih di dalam perut. Di dalam kandungan, khususnya ketika usia janin 6 bulan otak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Agar bisa membantu perkembangan bayi di dalam kandungan tentunya ibu harus Mengkonsumsi banyak makanan yang bernutrisi agar bisa membantu otak bayi berkembang dengan pesat. Beberapa makanan yang perlu di konsumsi ketika ibu hamil diantaranya:

Daging

Perkembangan usia Hamil 6 bulan dan makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil 1

Saat ibu sedang hamil, banyak mitos yang mengatakan bahwa Mengkonsumsi daging tidak baik untuk perkembangan bayi, karena daging dianggap bisa menyebbakan kegemukan dan juga bisa berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol di tubuh ibu. Tapi sebenarnya hal tersebut pun belum tentu semuanya benar. Karena daging memiliki banyak nutrisi dan juga zat besi yang dapat membantu perkembangan otak bayi. Dan untuk zat besi ini tentunya salah satu nutrisi yang penting bati pertumbuhan otak di kecil.

Daging yang di konsumsi cukup dan tidak secara berlebihan tentu bisa mempercepat terjadinya komunikasi diantara saraf otak, karena di dalam daging terdapat banyak zat besi dan juga membnatu pembentukan mylin. Selain itu zat besi juga sangat bermanfaat untuk menyalurkan oksigen ke dalam Rahim

Bayam

 

Perkembangan usia Hamil 6 bulan dan makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil 2

Sayur bayam merupakan jenis sayuran yang memang memiliki banyak manfaat, tidak hanya ketika ibu sedang hamil saja, namun sayur bayam juga perlu di konsumsi pasca melahirkan. Kandungan asam folat yang tinggi tentunya memang dibutuhkan ibu selama hamil, dan asam folat ini lah yang dimiliki oleh sayuran bayam. Dimana manfaatnya sendiri dapat membantu pembentukan syaraf otak dan juga sumsum tulang belakang nayi. Selain itu asam folat sangat penting untuk bisa memproduksi DNA baru serta dijadikan sebagai pengatur metabolism. Bahkan kekurangan asam folat di dalam kandungan sangat beresiko membuat bayi cacat ketika lahir.

BACA JUGA:   Tips Berkendara Mobil untuk Wanita Hamil

Telur

Perkembangan usia Hamil 6 bulan dan makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil 3

Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik yang memang wajib di konsumsi elama hamil. Di dalamnya banyak terkandung zat besi dan juga kolin, tentunya dapat membantu perkembangan dan juga pertumbuhan otak bayi. Kolin juga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan memori dan juga kemampuan belajar anak nantinya. Telur juga termasuk salah satu jenis makanan yang cukup mudah untuk di dapatkan, sehinga ibu bisa dengan mudah mencari dan mengkonsumsinya.

Kacang- kacangan

Perkembangan usia Hamil 6 bulan dan makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil 4

Jenis makanan lainnya yang perlu and akonsumsi ketika hamil 6 bulan adalah kacang- kacangan. Kacang- kacangan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki banyak kandungan protein, asam lemak, niasin, asam folat dan juga omega 3 serta vitamin E. dan yang perlu ibu ketahui vitamin E sangat membantu untuk fungsi DHA serta bisa melindungi sel otak janin di dalam kandungan. Did alam kacang- kacangan juga terdapat kandungan vitamin B6 yang bisa membantu dalam pembentukan sel- sel otak bayi.

Nah, berikut ulasan mengenai perkembangan janin ketika usia 6 bulan, serta makanan yang harus ibu konsumsi selama kehamilan memasuki usia 6 bulan. Yang perlu ibu perhatikan disini adalah memberi banyak asupan vitamin dan juga kandungan bermanfaat lainnya agar bisa menjaga dan membantu dalam pembentukan otak bayi selama di dalam Rahim.

 

 

 

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.