PRUTect – Hospital Care, Inovasi OVO Sediakan Asuransi dalam Genggaman

Sebagai seorang kepala keluarga dengan pendapatan aktif, tentunya aku merasa kebutuhan akan proteksi terhadap diriku sendiri menjadi penting. Mungkin ada yang bertanya lho kok yang diproteksi malahan diri sendiri bukannya anak-anak atau istri. Bukankah seorang suami bekerja guna memenuhi kebutuhan keluarga? Mengapa justru ayahnya yang harus diproteksi?

So, begini. Sebagai pekerja swasta yang tidak memiliki tabungan hari tua, tentu aku dan istri berpikir keras bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari tetapi juga persiapan di masa depan, saat anak-anak mulai memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ancaman inflasi, serta tabungan di hari tua. Oleh karenanya sebagai kepala keluarga aku harus bekerja untuk menjamin kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

Prutect - hospital care

Mengingat pendapatan keluarga orang-orang seusiaku berasal dari pendapatan aktif, tentunya akan sangat riskan bagi mereka jika kepala keluarganya mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, sakit, kecelakaan, cacat tetap atau bahkan meninggal dunia. Jika terjadi kondisi tersebut, maka aspek finansial keluarga akan goyah, mengingat tidak ada pemasukan karena kepala keluarga tidak dapat menjalankan kewajiban namun pengeluaran tetap terus berjalan.

Oleh karenanya, pada keluarga muda, sosok pertama yang perlu mendapatkan perlindungan adalah kepala keluarga. Mungkin kita pernah menjumpai sebuah keluarga yang tadinya berkecukupan, namun setelah sang ayah meninggal pada usia paruh baya, ekonomi keluarga itu mulai berantakan. Ibu terpaksa harus menggantikan tugas kepala keluarga mencari nafkah sekaligus mengurus rumah tangga. Pada kondisi ini, pada umumnya yang didahulukan adalah mencari nafkah, sehingga anak-anak seringkali tidak mendapat porsi pendampingan, kasih sayang dan perhatian dari orang tua sebagaimana mestinya. Meski tidak selalu terjadi dengan skenario demikian, kehilangan kepala keluarga tetaplah memiliki dampak finansial yang besar bagi keluarga. Apalagi jika keluarga ini masih mengandalkan pendapatan aktif dalam kesehariannya. 

Perlindungan Asuransi

Asuransi pada dasarnya adalah mekanisme perlindungan untuk meminimalisir dampak resiko yang timbul akibat gangguan pada aset. Aset ini bisa berupa kesehatan, nyawa, maupun harta benda. Dengan adanya asuransi, resiko yang timbul dari sebuah bencana dapat direduksi sedemikian rupa. Dalam kasus yang aku jabarkan di atas, jika seorang kepala keluarga yang terlindungi oleh asuransi kesehatan atau asuransi jiwa mengalami gangguan kesehatan, keluarga masih akan mendapat manfaat perlindungan dari asuransi yang ia miliki.

Apa aja sih manfaat Asuransi?

  • Biaya pengobatan, asuransi kesehatan utamanya digunakan untuk mengcover biaya pengobatan, dengan demikian, beban keluarga menjadi lebih ringan
  • Pengganti nafkah, perusahaan asuransi bisa memberikan santunan harian sebagai pengganti biaya pengobatan, dan jika uang santunannya lebih bisa digunakan sebagai pengganti nafkah saat kepala keluarga masih terbaring di rumah sakit
  • Perlindungan cacat tetap, jika kepala keluarga mengalami kondisi yang menyebabkan cacat tetap sehingga tidak mampu menjalankan tanggungjawab sebagai pencari nafkah, ada santunan agar keluarga bisa mempersiapkan masa peralihan sebelum ibu mengambil alih peran ayah
  • Perlindungan kematian, pada prinsipnya tidak ada nasabah asuransi yang menginginkan uang santunan kematian dari asuransi. Namun jika hal ini terjadi, maka setidaknya keluarga yang ditinggalkan akan mendapat manfaat perlindungan kehilangan nafkah untuk sementara waktu.

Mengingat manfaat asuransi tersebut untuk kepala keluarga, sudah barang tentu, rasanya wajib bagiku sebagai seorang ayah dan kepala keluarga untuk mengasuransikan diri sendiri dengan asuransi kesehatan/asuransi jiwa.

Namun, tidaklah mudah menimbang asuransi apa yang paling tepat untukku, mengingat di luar sana, banyak sekali produk asuransi kesehatan yang ditawarkan. Mulai dari premi rendah, manfaat tambahan, maupun benefit-benefit lainnya. Lalu apa yang aku jadikan patokan untuk memilih asuransi kesehatan ini?

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Kepala Keluarga

  • Premi terjangkau, pastikan bahwa kita mampu membayar biaya premi setiap bulannya
  • Manfaat yang diberikan mampu mengcover kebutuhan kita pada saat mengalami masalah kesehatan
  • Akan lebih baik jika memiliki benefit tambahan
  • Sebaiknya beli produk asuransi yang pure asuransi, bukan unit link untuk memaksimalkan manfaat perlindungannya
  • Klaim mudah, empat faktor di atas tidak akan bermanfaat jika klaimnya susah, bukannya mendapat manfaat, justru kita yang kerepotan untuk mengurus klaim

Mengapa Memilih Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash

Sebenernya, tidak ada unsur kesengajaan saat aku memutuskan untuk memilih asuransi OVO | Proteksi PRUTect. Namun karena di aplikasi OVO ku tersedia fitur baru yakni fitur proteksi, akupun tertarik mempelajarinya. So, apa sih Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash?

Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash adalah produk asuransi kerja sama antara OVO | Proteks dengan Prudential Indonesia guna menghadirkan asuransi yang mudah dan murah untuk kalangan generasi muda dan sangat aktif menggunakan teknologi.

Manfaat dasar dari Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash adalah asuransi jiwa, namun dengan tambahan yakni

  1. Manfaat harian rawat inap
  2. Manfaat perawatan ICU
  3. Manfaat cacat total akibat kecelakaan
  4. Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan
  5. Manfaat meninggal dunia akibat penyakit menular

Keunggulan Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash

  1. Merupakan asuransi berbasis syariah, dalam akadnya menggunakan akad syariah
  2. Biaya premi sangat terjangkau, mulai dari Rp 5000/bulan* untuk Paket Silver PRUTect Care – Hospital Cash 1 Tahun
  3. Manfaat rawat inap sampai Rp 300.000/hari selama 90 hari
  4. Manfaat meninggal dunia karena kecelakaan dan penyakit menular hingga Rp 63.000.000
  5. Registrasi mudah cukup menggunakan aplikasi OVO
  6. Klaim mudah menggunakan aplikasi Pulse dari Prudential Indonesia

Dengan mengintegrasikan keunggulan OVO sebagai media pembayaran digital, serta pengalaman Prudential Indonesia sebagai pioner lembaga asuransi di Indonesia, Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash menjawab kebutuhan pengguna akan layanan asuransi yang dekat dengan keseharian masyarakat. Hanya berbekal smartphone, kita sudah bisa melakukan registrasi asuransi, membayar premi, maupun melakukan klaim asuransi, semuanya bisa dilakukan secara online dari mana saja.

Cara Registrasi Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash

Prutect - Hospital Care

  1. Pastikan sudah memiliki aplikasi OVO dengan versi minimal 3.32.1 ke atas, masuk ke aplikasi OVO
  2. Temukan menu Proteksi
  3. Pilih Produk Prudential PRUTect Care – Hospital Cash
  4. Pilih Paket yang diinginkan, ada tiga paket yakni
    1. Paket Silver, mulai dari Rp. 8.000/ bulan
    2. Paket Gold, mulai Rp. 16.000/bulan
    3. Paket Platinum, mulai Rp. 24.000/bulan
  5. Sesuaikan dengan premi yang bisa kita inginkan dan benefit yang diharapkan
  6. Jika sudah tekan tombol Pilih Paket
  7. Setelah itu kita akan diberi opsi pembelian asuransi per bulan/per tahun. Untuk Paket Silver tahunan sendiri sedang ada promo, sehingga pengguna cukup membayarkan Rp. 64.000/tahun 
  8. Aktifkan opsi Autodebit, jika ingin melakukan perpanjangan proteksi Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash secara otomatis
  9. Pilih Lanjutkan
  10. Kita diarahkan ke Deklarasi Kesehatan, dan melakukan centang kondisi kesehatan kita
  11. Selanjutnya Aplikasi akan menunjukkan Data Diri Kita sebagai nasabah asuransi, data diri ini tidak perlu diisi karena sudah diambilkan dari data pribadi kita yang ada di OVO
  12. Scroll ke bawah untuk mengisi Nama Lengkap Penerima Manfaat, Sesuai E-KTP, dalam hal ini bisa nama kita sendiri, atau nama anggota keluarga, misalnya istri
  13. Klik Konfirmasi, dan kita diminta mengisi Pin OVO kita untuk melakukan pembayaran menggunakan e-wallet OVO
  14. Selesai

ovo step 2

Setelahnya silahkan cek email untuk mendapatkan informasi product summary, term and condition, serta tentu saja sertifikat polis Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash yang telah kita bayar. Mudah sekali bukan?

Yuk tunggu apalagi buat kamu yang belum punya aplikasi OVO, bisa segera download apps OVO di Play Store maupun di Apps Store di sini dan aktifkan OVO | Proteksi lewat ponsel kesayanganmu, cuma 5 ribu sebulan dan #SemuaTenangTerlindungi. Pastikan kamu terlindungi oleh Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash.

47 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.