5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

tips memilih asuransi keluarga rawat inap

Asuransi kesehatan keluarga bisa melindungi seluruh anggota keluarga yang tertanggung dalam polis. Karena polisnya digunakan untuk banyak orang tidak mengherankan jika pembayaran preminya jauh lebih mahal dibandingkan dengan asuransi perorangan atau individu. Semakin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan khusus keluarga ini membuat masyarakat bingung harus memilih yang mana. Hal itu dikarenakan salah dalam memilih hanya akan membuat perlindungan yang diberikan tidak seperti yang diharapkan. Bagi Anda yang tertarik mengikuti asuransi kesehatan keluarga, simak tips memilih produk asuransi terbaik berikut ini:

Fokus pada Rawat Inap

Cara memilih asuransi kesehatan keluarga pertama adalah pilihlah yang fokus pada rawat inap. Mengapa demikian? hal itu dikarenakan rawat inap mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan rawat jalan. Terutama untuk biaya kamarnya dimana tarifnya bervariasi tergantung dengan kelasnya. Selama Anda masih dirawat dan menginap di rumah sakit tersebut biaya kamar dan lain sebagainya akan terus di akumulasikan.

Hari Maksimum Pertanggungan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam memilih asuransi kesehatan untuk keluarga adalah pilihlah yang hari maksimum perawatannya lebih tinggi. Setiap perusahaan asuransi membatasi limit hari perawatan di rumah sakit per tahunnya sehingga Anda perlu mencermati hal ini.

Limit Biaya Per Perawatan

Saat akan memilih asuransi kesehatan penting bagi Anda untuk memilih produk yang tidak memiliki batasan limit per perawatan. Selain itu jika memberlakukan limit perawatan gabungan, pilihlah yang limitnya tinggi.

Proteksi Asuransi Jiwa

asuransi di usia produktif

Tidak semua produk asuransi kesehatan memberikan proteksi untuk asuransi jiwa, sehingga akan sangat bagus jika ada asuransi kesehatan yang memberikan proteksi berupa asuransi jiwa ini. Yang dimaksud dengan proteksi asuransi jiwa adalah jika ada pihak keluarga yang tertanggung dalam polis meninggal dunia akan mendapatkan Juang Pertanggungan atau UP sesuai yang tertulis di dalam polis. Semakin tinggi nilai UPnya maka semakin bagus.

Premi dan Pembayarannya

Agar membuat Anda bisa membayar premi secara tepat dan lancar pilihlah premi sesuai dengan kemampuan. Percuma saja menginginkan produk asuransi yang bagus namun tidak kuat dalam pembayaran premi. Jika hal ini dilakukan takutnya pembayaran premi asuransi Anda macet di tengah jalan sehingga berimbas pada pencabutan polis yang Anda miliki. Untuk mengetahui berapa premi yang cocok untuk Anda adalah hitung berapa jumlah pengeluaran tetap yang harus dikeluarkan setiap bulannya ditambah dengan dana darurat. Barulah setelah itu akan didapatkan nominal sisa keuangan yang dimiliki dimana bisa Anda gunakan untuk ikut asuransi. Pilihlah pembayaran premi yang fleksibel yaitu tanpa harus datang ke perusahaan asuransinya secara langsung dan metode pembayarannya terbagi dalam beberapa macam tidak hanya satu macam misalnya tahunan, semesteran, dan lain sebagainya.

Asuransi kesehatan khusus keluarga memang penting. Biaya pengobatan yang terus meningkat ditambah lagi jika ada anggota keluarga yang sakit secara bersama-sama membuat Anda harus menanggung risiko kerugian finansial yang tidak sedikit. Lakukanlah beberapa cara memilih asuransi kesehatan keluarga seperti yang disebutkan di atas supaya bisa mendapatkan produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.