Review Atma Aplikasi Penyedia Lowongan Kerja

Salah satu keunggulan teknologi informasi adalah kemudahan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk mencari lowongan kerja. Di masa lalu, mungkin kita mendengar cerita orang tua kita bagaimana dahulu mereka mengajukan lamaran di sana-sini dengan berbagai tantangan dan hambatan.

Mulai dari mempersiapkan lamaran, menuju kota tujuan, dan mendatangi lokasi kantor yang hendak mereka lamar. Belum lagi di masa itu orang-orang tidak memiliki smartphone yang dapat memudahkan mereka berkomunikasi dengan pihak pemberi kerja.

Data Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia

Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia pada Agustus tahun 2021 kemarin jumlah angkatan kerja di Indonesia sebanyak 140,15 juta, atau naik 1.93 juta dibanding tahun 2020. Sebanyak 131,05 juta angkatan kerja memiliki pekerjaan, tingkat pengangguran terbuka 6,49 persen, sebanyak 21,32 juta orang terdampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia 2 tahun terakhir dengan rincian 1.82 juta diputus kerja karena Covid-19, tidak bekerja karena covid 19 1,39 juta orang, mengalami pengurangan jam 17,41 juta orang dan 700 ribu orang lainnya bukan angkatan kerja.

Dari sisi peningkatan permintaan lapangan kerja ada pada industri pengolahan, namun sebagian besar mengalami penurunan terutama pada sektor kehutanan, pertanian dan perikanan.

Meskipun data angkatan kerja 2022 belum dirilis oleh BPS (karena biasanya baru dirilis bulan November) namun data tersebut memberikan sedikit gambaran kondisi dunia kerja di Indonesia satu tahun terakhir.

Upaya Pemerintah Mendukung Pekerja

Pemerintah sendiri berupaya memberi dukungan pada para pekerja dan pencari kerja yang banyak mengalami permasalahan kerja sebagai dampak dari pandemi Covid-19 dengan menghadirkan kartu prakerja. Hingga saat ini program prakerja pemerintah telah dilaksanakan sebanyak 40 gelombang.

Total pendaftar kartu ini mencapai 86 juta orang lebih dan tentunya akan terus bertambah seiring dibukanya gelombang pendaftaran kartu prakerja berikutnya. Dalam program prakerja ini pemerintah memberikan syarat masyarakat yang mendapat kartu untuk melakukan pengembangan karir terlebih dahulu dengan mengikuti berbagai course yang bekerjasama dengan beberapa layanan pelatihan.

Para pemilik kartu bebas untuk memilih kursus keahlian yang diinginkan, mulai dari bidang pengolahan makanan, digital marketing, teknik, dan lain sebagainya, bahkan bisa memilih beberapa course softskill seperti bagaimana membangun kemampuan berkomunikasi, bagaimana mempersiapkan persyaratan lamaran kerja, bagaimana tips lolos tes psikologi dan lain sebagainya.

Diharapkan setelah mereka menyelesaikan pelatihan mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri atau mendaftarkan diri lewat aplikasi pencari kerja.

Mengenal Atma Aplikasi Penyedia Lowongan Kerja Terpercaya

review aplikasi lowongan kerja atma

Salah satu aplikasi pencari kerja yang cukup informatif adalah Atma, aplikasi yang terbilang baru ini tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store. Atma adalah aplikasi penyedia lowongan kerja dan pengembangan karir yang berbasis komunitas.

Menariknya di Atma ini fitur yang disediakan terbilang intuitif dan atraktif, dibuat simpel dan user friendly banget untuk para fresh graduate, profesional pemula atau pencari kerja lainnya.

Cara Melakukan Pendaftaran di Atma

Buat kamu yang pengen cari kerja idaman di Atma, kalian bisa mulai mendownload aplikasi Atma untuk Android, kemudian menginstallnya di smartphone kesayangan kalian.

robot ai menyiapkan CV persyaratan lamaran kerja

Setelah menginstall kamu cukup buka Atma di ponsel kamu dan kamu akan diarahkan untuk melakukan proses pendaftaran, uniknya, di aplikasi pencari kerja satu ini kamu akan disambut oleh robot AI bernama Tama.

Tama akan memandu kamu mendaftar seolah sedang berkenalan dengan kamu via fitur chat, dari interaksi yang kamu lakukan ini kamu akan mendapatkan Kartu Atma. Hmm apa tuh?

Kartu Atma adalah kartu digital pengganti CV tradisional yang terkesan boring dan kaku. Cukup dengan berinteraksi dengan Tama, maka di akhir interaksi Tama akan membuatkan CV Kartu Atma berdasarkan hasil chat kalian berdua nih

Apa aja yang ada di Kartu Atma?

  • Nama Lengkap
  • Pekerjaan Terakhir
  • Total Pengalaman Kerja
  • Pendidikan Terakhir
  • Domisili
  • Foto Profil

Enaknya kalian bisa edit dan sesuaikan Kartu Atma sesuai keinginan kalian nantinya, Tama hanya membantu membuatkan Kartu Atma di awal biar kalian bisa segera menggunakannya untuk cari kerja idaman di Atma.

Mengenal Fitur Aplikasi Pencari Kerja Atma

Menu utama di Atma menampilkan Kartu Atma di bagian atas profil kalian, disini kita bisa melakukan pembaruan Kartu Atma, mengganti tipe pekerjaan yang kita cari, melakukan upload dokumen yang sering menjadi salah satu persyaratan lamaran kerja serta kamu bisa membagikan Kartu Atma ini ke perusahaan atau HRD yang meminta CV kalian.

Pekerjaan

Namanya aplikasi penyedia lowongan kerja, tentu yang kita harapkan dengan menggunakan Atma adalah bisa memperoleh pekerjaan idaman sesuai dengan bidang keahlian kita.

Di menu pekerjaan ini, Atma membagi jenis pekerjaan menjadi 5 jenis

  1. Sikattt! – pekerjaan yang bersifat hot dan menjadi buruan para pencari kerja di Atma
  2. Rekomendasi Atma – Atma juga merekomendasikan beberapa pekerjaan yang sesuai dengan profile kamu
  3. Gaji Tinggi – ih gak perlu repot deh nyari pekerjaan yang kasih salary berlimpah dengan Atma, cukup pilih dari fitur satu ini
  4. Paling Dekat – buat kalian yang mau cari kerja gak jauh-jauh amat dari tempat tinggal
  5. New – lowongan pekerjaan yang baru dipublish di Atma

Nah, disini informasi lowongan kerja yang ditampilkan Atma adalah berdasar preferensi kalian, kalian bisa menambahkan preferensi pekerjaan lain di luar yang telah kalian masukkan di Kartu Atma untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang lebih banyak lagi.

Untuk setiap pekerjaan yang tampil, kalian bisa langsung melihat, judul lowongan, perusahaan penyedia, tanggal penerimaan kerja, jumlah posisi, gaji, jenis full time/part time.

tips cari kerja idaman di atma

Kalian juga bisa melihat persyaratan lamaran kerja yang dibutuhkan seperti tingkat pendidikan, keahlian yang diperlukan, peralatan yang digunakan bekerja, serta dokumen yang dibutuhkan, berikut deskripsi pekerjaan kalian jika kalian diterima di posisi ini.

Ada tiga tombol intuitif, dengan warna

  1. Warna merah dengan simbol X jika tidak tertarik
  2. Warna hijau dengan simbol pesawat kertas untuk melamar
  3. Warna kuning dengan simbol bintang untuk menyimpan informasi lowongan

Selain itu kalian bisa menggunakan gesture ke kanan untuk menyimpan, dan ke kiri untuk menyatakan tidak tertarik dengan informasi lowongan.

Manfaat Atma untuk Member dengan Komunitas Andalan

Gak hanya fokus di pencarian kerja saja, Atma juga mendukung para pencari kerja untuk melakukan pengembangan karir di Atma, salah satunya melalui fitur Komunitas Atma.

dukungan pengembangan karir di atma

Dengan menggunakan aplikasi Atma, para pencari kerja bisa mendapatkan manfaat dari grup komunitas dalam aplikasi Atma. Ada berbagai komunitas yang bisa diikuti, Komunitas Atma Andalan adalah komunitas yang fokus pada pengembangan karir para pengguna Atma, kalian juga bisa masuk ke beberapa komunitas lain yang dibuat oleh pengguna seperti informasi loker bodong, atau sekedar sharing curhat mengenai pengalaman melamar pekerjaan.

 

Fitur Chat

Fitur chat adalah fitur penting untuk berkomunikasi dengan calon pemberi kerja, setelah kita mengajukan lamaran kerja di Atma, pihak pemberi kerja yang tertarik dengan lamaran kerja kita bisa menghubungi via chat.

Jawab dengan antusias, ramah, siapa tahu mereka bisa langsung menerima lamaran kamu atau menjadwalkan wawancara segera.

Fitur Upload Dokumen

Atma menyediakan fitur upload dokumen untuk kalian yang ingin menambahkan dokumen yang sering digunakan sebagai persyaratan lamaran kerja, nah agar lebih memudahkan, Atma membagi tipe dokumen ini menjadi beberapa tipe seperti KTP, CV, Surat Lamaran, NPWP, Kartu Keluarga dan SIM. Yes dong, kalau lowongannya sebagai driver tentu kita harus menunjukkan SIM yang sesuai dengan kebutuhan lowongan kerja tersebut.

Kesimpulan Setelah Mereview Aplikasi Pencari Kerja Atma

Intuitif, kata yang tepat untuk menggambarkan Atma, aplikasi pencari kerja yang menawarkan konsep berbeda, mulai dari interaksi dengan Tama, fitur digital CV dalam bentuk Kartu Atma, fitur gesture yang memudahkan, serta adanya dukungan komunitas resmi maupun komunitas member Atma yang bisa memberikan berbagai insight bermanfaat bagi para pencari kerja.

Beberapa manfaat menggunakan Atma adalah

  • Memudahkan proses pencarian kerja
  • Memudahkan membuat digital CV sejak mulai mendaftar
  • Kemudahan mengupload dokumen portofolio
  • Adanya dukungan komunitas pencari kerja yang terintegrasi di dalam aplikasi

aplikasi pencari kerja atma

So buat kalian yang pengen cari kerja idaman, bisa banget segera download aplikasi penyedia lowongan kerja Atma di Google Play Store, dan mulai mencari kerja. Buat kalian yang belum lulus kuliah, masih mencari-cari pekerjaan apa, juga boleh pasang Atma. Kalian bisa memperhatikan skill apa yang nanti perlu kalian persiapkan setelah lulus kuliah, dan tentunya, kalian bisa ikut belajar apa aja sih pain problem yang dialami para pencari kerja melalui komunitas di Atma.

12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.