Review Hacktiv8; Sekolah Coding ala Bootcamp Terbaik

Metode Bootcamp adalah salah satu metode belajar yang sangat dikenal di kalangan pegiat IT, dalam kegiatan bootcamp ini, kita diajak untuk bersama-sama belajar bareng dalam satu suasana kondusif. Biasanya bootcamp digelar dalam beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung dengan scope materi yang sedang dipelajari.

Berbeda dengan model pembelajaran lain, bootcamp merupakan cara belajar yang efektif dan efisien. Memang waktu yang diperlukan tidak akan selesai dalam satu hari, namun yang membuat bootcamp ini efektif dan efisien karena kita benar-benar dituntut untuk fokus dengan materi pembelajaran selama bootcamp.

Mengapa Mengambil Kursus Data Science?

Aku tertarik untuk mengikuti sesi bootcamp yang digelar oleh Hacktiv8 yaitu Full Time Data Science. Di kelas ini kami belajar bagaimana mengolah data menjadi sesuatu yang bermakna.

Ngapain sih aku ambil kursus data science ini? Era ini adalah era big data, dimana data-data yang mungkin terlihat sepele dan gak penting ternyata memegang peranan penting dan menguntungkan di tangan orang-orang yang tepat.

Aku ambil contoh Google. Kita tahu, Google mengambil data query dari pencarian yang dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia yang ingin mencari informasi di internet.

Apa sih yang dicari orang-orang ini? Mungkin apa yang dicari mereka adalah hal-hal yang ah cuma gitu doang buat kita. Mungkin kamu gak tahu kalau ada artikel tutorial cara naik pesawat terbang yang beberapa tahun lalu sempat menghebohkan. Yah, naik pesawat aja pake tutorial?

Ingat, tidak semua orang pernah naik pesawat, tidak semua orang pernah ke bandara juga. Orang-orang ini sebelum beneran bepergian naik pesawat untuk pertama kalinya, bingung, mau nanya ke siapa? akhirnya mereka bertanya pada Google.

Review FTDS Bootcamp Hacktiv8

Dari hal-hal kecil inilah, yang digunakan oleh para data scientis di Google untuk merumuskan pola, kata kunci apa yang banyak dicari pengguna, konten seperti apa yang disukai oleh mereka, dan dimana sebaiknya para pengiklan membagikan iklan mereka.

Hasilnya?

Kita bisa menduga bukan. Digital marketing memiliki cost yang sangat efektif dibanding media periklanan lain, seperti televisi, surat kabar dan billboard. Dengan kemampuan inilah, banyak para pemilik produk yang mulai beralih ke channel digital, dimana mereka bisa membuat strategi periklanan yang efektif.

Selain Google, kita juga bisa melihat jenama smartphone bernama Xiaomi, Di Indonesia, kamu mungkin gak akan menemukan iklan ponsel tersebut dicetak dalam billboard besar maupun iklan televisi. Tapi kita tahu, merk satu ini berhasil menguasai top 5 pasar ponsel tanah air. Harganya murah lagi, tentunya karena mereka bisa spend cost dengan lebih fokus pada channel digital yang berdasarkan data.

Masih kurang puas, mari kita tambahkan aplikasi ride hauling dan online travel agent. Kedua jenis aplikasi ini sama sekali tidak memiliki armada transportasi maupun property hotel. Mereka hanya tahu, siapa, kapan, dan dimana seseorang membutuhkan akomodasi dan dimana orang yang menyediakan akomodasi tersebut. Memangnya, aplikasi tersebut bisa tahu kalian pengen makan Soto Banjar darimana? Data!

Review Hacktiv8 FTDS Bootcamp

Hacktiv8 merupakan salah satu platform sekolah coding yang menyelenggarakan kursus data science di Indonesia. Visi Hacktiv8 adalah mentransformasi para pemula untuk menjadi digital talent terbaik di Indonesia yang siap bekerja. Di sini, selain kamu akan mendapatkan pembelajaran terkait coding, kamu juga akan mendapatkan growth mindset, relevan skillset dan tentunya, peluang direkrut oleh mitra Hacktiv8 yang saat ini berjumlah lebih dari 350 startup dan perusahaan digital di Indonesia. Gak bakalan bingung deh klo kamu nanti lulus dari Bootcamp Hacktiv8.

Ada tiga metode pembelajaran yang disediakan oleh coding bootcamp terbaik ini, yang pertama adalah bootcamp, merupakan program intensif untuk kamu yang ingin jadi programmer full stack developer maupun data science, kemudian ada profesional development yang ditujukan buat kamu yang gak bisa ninggalin kerjaan tapi pengen terus ningkatin skill di bidang teknologi.

Yang terakhir adalah corporate program yaitu kerjasama dengan perusahaan yang ingin memberikan tambahan pengetahuan untuk para pekerjanya.

Nah di kursus full stack developer n kursus data science, metode pembelajaran yang digunakan adalah bootcamp. Buat kamu yang ingin kursus full stack developer maupun belajar bahasa pemrograman Python, Bootcamp Hacktiv8 bisa jadi salah satu solusi kamu belajar.

Kamu yang pengen ikutan untuk belajar kursus Data Science bisa banget klik link Kursus Data Science ini. Nah disini aku mau coba review Hacktiv8, apa aja sih yang mereka tawarkan di salah satu kelas data science bootcamp Indonesia terbaik ini?

Apa Yang Kamu Bisa Pelajari Di Bootcamp Hacktiv8

Di Kursus Data Science Hacktiv8 ini, kamu akan belajar bagaimana mengolah data yang bersumber dari internet. Data yang disajikan ini merupakan data real yang diambil oleh tim Hacktiv8 dari internet, misalnya kemarin kami menggunakan data yang berasal dari Spotify untuk kami olah.

Dari data inilah kami diminta untuk mengolah data dan mempresentasikan data tersebut sehingga bisa dibaca oleh masyarakat awam. Di kelas data science bootcamp kami, gak semuanya berasal dari latar belakang IT kok, jadi Bootcamp Hacktiv8 FTDS ini juga bisa digunakan sebagai tempat belajar programming untuk pemula.

Oh ya, mengapa menggunakan bahasa Python? Karena saat ini bahasa Python berkembang cukup pesat dan memiliki kemampuan mumpuni untuk mengolah data. Selain itu ada berbagai tools online yang bisa kamu gunakan untuk live coding.

Tools Apa yang Dipakai?

review hacktiv8 sekolah coding python

Ada banyak tools yang tersedia jika kamu ingin belajar pemrograman Python, di Bootcamp Hacktiv8 ini kami menggunakan beberapa tools yang cukup familiar

  • Github, merupakan repository yang digunakan oleh programmer di seluruh dunia untuk saling berbagi dan berkolaborasi. Github ini sifatnya open source, jadi kamu juga bisa mempelajari berbagai project programmer lain sebagai sarana belajar
  • Google Colabs, nah ini menarik, aku baru sadar kalau Google ternyata memiliki perhatian dengan memberikan sarana belajar live coding terutama buat kamu yang belajar pemrograman Python
  • Anaconda, merupakan platform lengkap untuk pemrograman python, kamu bisa menggunakan Anaconda Navigator tanpa perlu menginstall stand alone VS Code, Jupyter Notebook, Sypder dan lain-lain

Alur Pembelajaran Cocok Untuk Pemula

Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin mendapatkan pengalaman coding bootcamp terbaik, aku bisa sarankan kamu memilih Hacktiv8 ini sebagai sekolah coding kamu.

Kamu bisa mempelajari pembelajaran coding di Hacktiv8 ini tanpa kesulitan karena selain kamu didampingi oleh tim pengajar yang sabar n profesional. Kamu juga bisa mengikuti alur pembelajaran yang runtut.

Pertama kamu akan dikenalkan dengan tools yang akan dipakai, kemudian syntaks dan alur logika pemrograman yang dipakai. Jika kamu sebelumnya belum pernah belajar pemrograman python pun tidak jadi masalah karena asal kamu paham alur logikanya, kamu bisa mengikuti proses pembelajaran di Bootcamp Hacktiv8 ini dengan mudah.

Kurikulum Belajar dan Mentoring Lengkap

Proses belajar di Hacktiv8 menggunakan media komunikasi Zoom. Untuk resource belajar, kamu dibekali dengan resource pembelajaran di Kode.id, platform ini berisi resource pembelajaran yang bisa kamu pelajari baik sebelum maupun saat kamu ada di dalam kelas.

hacktiv8 belajar programming untuk pemula

Kurikulum yang disajikan cukup lengkap, mulai dari fase awal pengenalan tools, materi dan cara belajar di Hacktiv8, kemudian materi untuk setiap sesi pembelajaran.

In my humble opinion sebagai seorang guru, materi yang ada di Kode.id ini bener-bener ngebantu siswa yang punya kemampuan learning berbeda. Anak-anak yang fast learning bisa melahap semua materi di Kode.id ini dengan cepat.

Sementara untuk mereka yang kurang memahami materi selama pembelajaran, I won’t say them as slow learner ya, karena bisa jadi mereka berasal dari latar belakang pendidikan non IT, yang perlu sedikit waktu lebih untuk memahami syntaks yang digunakan, atau logika pemrogramman di Python tuh seperti apa. So, platform Kode.id ini mendukung banget belajar programming untuk pemula.

Mereka bisa kembali mereview pembelajaran data science bootcamp mereka di Kode.id, poin apa yang kurang dipahami, bagian mana yang tadi terlewat. Selain itu mereka bisa melihat schedule pembelajaran, dan tentunya silabus apa aja sih yang akan mereka pelajari di kursus full stack developer di Hacktiv8 ini?

Apa sih isi materi kurikulum FTDS Hacktiv8?

Introducing Data Science

Sesi pertama kami belajar apa sih data science, bagaimana perkembangan ilmu ini di luar, tools apa aja yang digunakan? Oh ya untuk tools ini kami menggunakan beberapa tools, seperti Anaconda, Google Colab, dan tentunya repository online Github.

Anaconda bisa dibilang sebuah software yang lengkap karena disini kamu gak perlu menginstall software lain seperti Jupyter Notebook atau Visual Studio Code. Yang menarik adalah Google Colab, dimana kita bisa langsung melakukan programming secara realtime menggunakan tools Google. Mengingat Google Colab ini mendukung Python aku pikir di masa depan trend pemrogramman Python akan semakin tinggi peminatnya.

Pandas dan Data Visualization

Di hari kedua kami belajar cukup intens dengan beberapa library Python seperti Pandas, Numpy dan Matplotlib. Pandas ini mirip seperti bahasa SQL untuk melakukan manipulasi query, Numpy digunakan untuk penghitungan data numerik, sementara Matplotlib mengingatkanku dengan Matlab untuk visualisasi data.

Yang mengasyikan, kami juga diajarkan bagaimana menampilkan data tersebut secara realtime di internet, meskipun masih via localhost, tapi bisa dikembangkan sendiri untuk menampilkan data realtime di blog kita. Untuk Matplotlib, kami juga diajarkan bagaimana cara membuat graphic reporting berupa chart, line maupun pie.

Live Coding dan Milestone Presentation

Setelah pembelajaran, ada sesi live coding di hari kedua dan ketiga. Hari kedua kami diminta membuat data visual dari penjualan property, sementara pada hari ketiga kami diminta untuk membuat sebuah analisa data yang diterjemahkan dalam bentuk visual, datanya adalah data lagu yang beredar di internet. Dari data tersebut kami diberi beberapa rules untuk menampilkan beberapa data terpisah. Bebas apakah mau membuat data tentang Top 5 lagu paling banyak diputar, atau lagu yang paling cocok mengenai patah hati.

Tentunya, kami gak bisa nih sembarangan menyebut 5 lagu paling cocok untuk menemani patah hati, semua harus berdasarkan data, dan dalam live coding tersebut ada alur yang harus kami kerjakan mengapa memilih tema tersebut. Dan mengapa lagu-lagu tersebut adalah lagu-lagu yang paling kami rekomendasikan untuk menemani disaat patah hati.

Selama proses live coding, kami diminta secara bergantian untuk share screen progress pekerjaan, tema apa yang dikerjakan dan mengapa memilih tema itu. Secara tidak langsung kami belajar membuat hipotesis dan menguji hipotesis tersebut. Mirip seperti kuliah tapi dengan sesi yang lebih santai namun tetap fokus

Oh ya, Hacktiv8 ini terdaftar di CIRR (Council on Integrity Result Reporting), Sebagai member CIRR, kursus full stack developer ini wajib memastikan siswa lulus dengan standar layak untuk menghindari deceptive graduation, sehingga, bisa dipastikan lulusan dari Hacktiv8 ini nantinya memang memiliki kompetensi sesuai dengan kurikulum yang diajarkan.

Tim Hacktiv8 juga memberikan pendampingan lewat Discord, Discord ini berfungsi sebagai media komunikasi antara para peserta dengan mentor, yang disebut buddy di Hacktiv8. Selain itu, Discord digunakan sebagai media pengumuman kelas yang akan berjalan.

discord coding bootcamp terbaik

Setiap peserta memiliki buddy sendiri, mereka bisa berkonsultasi apapun mengenai kesulitan pembelajaran bersama buddy. Jadi jika nanti di kelas tertentu ada kesulitan, ia bisa meminta bantuan buddy agar bisa lebih mudah memahami materi dan tidak ketinggalan dari teman-teman lain tentunya.

Dibekali Engineering Emphaty

Yang menarik di Hacktiv8 ini adalah adanya sesi engineering emphaty, jadi setelah seharian lelah berhadapan dengan coding,  ada sesi engineering emphaty, dimana kamu bisa merefleksi pembelajaran kamu hari itu, dan mendapatkan bimbingan psikologis dari tim Engineering Emphaty. Lho, emangnya ada berapa tim di Hacktiv8.

Selain tim pengajar, Hacktiv8 juga punya tim karir dan tim emphaty. Tim karir berisikan mereka yang advanced di bidang karir, sedangkan tim EE, bertindak untuk memberikan semangat untuk para peserta. Jujur deh ini salah satu poin plus yang aku temukan saat review Hacktiv8.

Biasanya di sore hari, kami juga diberi kesempatan untuk open class bersama buddy. Buddy tidak selalu pengajar yang memberikan materi hari itu. Tapi salah satu anggota tim pengajar yang memang didedikasikan untuk membantu kamu jika mengalami kesulitan teknis saat pembelajaran.

So, misal kamu kurang paham dengan penjelasan salah satu pengajar, kamu bisa dapetin insight yang lebih saat sesi bersama buddy.

Career Class

Di penghujung bootcamp Hacktiv8, kamu juga akan menjumpai Career Class, disini kamu akan belajar dengan suasana yang lebih santai bersama team career. Mengingat sekolah coding ini bertujuan untuk mengantarkan kamu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat kamu. Maka gak heran jika Hacktiv8 menghadirkan team career yang bisa membekali kamu gimana nantinya saat melamar pekerjaan di bidang data science.

sekolah coding kursus data science hacktiv8

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program Full Stack Data Science di Hacktiv8 tapi masih ragu apa kamu cukup siap nantinya, bisa banget kepoin artikel belajar programming untuk pemula yang ada di blog Hacktiv8 biar kamu lebih siap nantinya saat ikutan sesi bootcamp Hacktiv8.

So, apa kamu udah siap buat jadi seorang yang advanced di bidang data science?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.