Sejarah Perjalanan Warnet Terbaru Saat ini

Sejarah Perjalanan Warnet Terbaru Saat ini- Personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.Semangat kerjasama, kekeluargaan gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Aktivitas pembuatan warnet Wasantara dari PT Pos Indonesia dan Pointer yang merupakan spin-off dari CNRG ITG merupakan segelintir pioner warnet di Indonesia. Warnet bahkan sempat bereksperimen dengan VW Combi untuk warnet keliling.

Istilah Warnet

Pada masa itu secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari warung internet antara warin dan warnet. Seharusnya, jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti warteg menjadi warung tegal dan wartel menjadi warung telekomunikasi, maka yang seharusnya dipilih adalah warin. Karena net menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan internet, maka kebanyakan rekan-rekan di masa itu lebih memilih istilah warnet.

Asosiasi Warnet Indonesia

Merupakan hari bersejarah bagi rekan-rekan penggiat warnet, karena telah lahir Asosiasi Warnet Indonesia yang ada secara fisik dalam pertemuan di kantor Ditjen Dikmenjur Depdiknas. Asosiasi ini terbentuk dalam sebuah rapat untuk melihat kemungkinan kerjasama rekan-rekan warnet dengan SMK, dipimpin oleh Dr Gatot HP pada saat itu. Asosiasi Warnet Indonesia kemudian dikenal sebagai AWARI. 

sejarah warnet

Saat akses internet semakin mudah didapatkan, mulai dari operator seluler via 3G hingga layanan gratis di ruang publik dan kafe. Saat ini, masyarakat modern dan internet menjadi satu entitas tak terpisahkan. Gedung perkantoran, ruang publik dan kafe menyediakan akses internet tanpa batas sebagai fasilitas standar. Mahasiswi Ilmu Komunikasi UI, saat ditanya kriteria kafe pilihannya.

Operator seluler pun gencar menelurkan jaringan internet yang bisa diakses dimana pun. Mulai dari 2G, 3G, hingga 4G yang sedang diatur regulasinya. Penguatan jaringan dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern. Yakni, akses internet cepat di manapun dan kapanpun melalui perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet).

Salah satunya dengan mengalihkan fungsi warnet menjadi arena game online atau penyedia layanan cetak dokumen.  Ke warnet enggak pernah buat internet. Di rumah ada internet. Di smartphone juga pakai internet. Biasanya ke warnet buat numpang print.

Manajer BoNet Pajajaran yang hingga kini masih mengelola bisnis warnet. Selain tetap menjadi penyedia akses internet, BoNet juga fokus ke area lain. Kami juga menyediakan jasa digitalisasi data, dukungan teknis seperti titip download, pengetikan dan asistensi untuk pengguna.

Ada juga jasa pencetakan dokumen sesuai kebutuhan pelanggan,  Berbeda dengan jalan yang dipilih kebanyakan pengusaha warnet untuk membuka game center, BoNet Pajajaran berpikir untuk mengembangkan warnet menjadi pusat pengetahuan dan pelatihan perkembangan teknologi. “BoNet tidak akan menjadi game center,” kata Manager BoNet Pajajaran Hani Purnawanti. Sampai saat ini, BoNet Pajajaran terbukti masih hidup dengan mengarah pada inovasi tersebut.  

Era game center juga tak bakal bertahan lama. Warnet kedepannya harus kembali menjadi sumbu yang berkenaan langsung dengan kebutuhan masyarakat.   (Warnet) menjadi IT Excellent Center yang dibutuhkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah untuk dapat menelurkan ide-ide yang berbasis kearifan lokal dan dapat dijalankan oleh orang lokal.

Demikian Artikel yang saya buat Tentang Warnet Semoga Bermanfaat Terima Kasih. Nah untuk info menarik lainnya seputar warnet Anda bisa kunjungi skaternet3d.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.