Kenali Berbagai Jenis Genre Game

Game adalah jenis software yang disukai oleh banyak manusia karena memberikan perasaan menyenangkan seperti sedang melakukan permainan. Jenis genre game yang bisa kamu mainkan sendiri cukup banyak. Sejarah game sendiri bermula di tahun 1972 saat Magnavox Oddysey, game konsol pertama kali dirilis untuk pasar Amerika Serikat.

Sejak saat itu bermunculan berbagai jenis genre game, kita mengenal game mulai dari mesin Atari, permainan ding-dong, game boy, Sega console, Nintendo, Play Station, XBox dan kemudian merambah ke game online. Dalam permainan game kita bisa berubah menjadi tokoh utama game, entah itu Sonic Hedgedog, Ryu Street Fighter, Superman, dan masih banyak lagi.

jenis genre game

Semakin berkembangnya teknologi, kita menemukan berbagai macam jenis game online, Ragnarok Online, Call of Duty adalah satu dari beberapa jenis game online yang banyak dimainkan di warnet Indonesia di pertengahan tahun 2000-an, saking seringnya anak sekolah memainkan game online mereka seringkali menginap di game center.

Di awal dasawarsa 2010, platform sosial media Facebook banyak digunakan Mafia Wars, Texas Hold’em Poker, Candy Crush dan beberapa game berbasis flash. Hingga kemudian muncullah berbagai platform game online seperti Plays.org yang memungkinkan semua orang mengakses game online tanpa harus datang ke game center maupun memiliki game console seperti Play Station

Jenis Genre Game Yang Banyak Disukai

Nah, ada berbagai macam genre game yang bisa kalian mainkan saat ini, baik game console, PC, online maupun smartphone. Berikut adalah beberapa jenis genre game yang banyak disukai

First Person Shooter

First Person Shooter adalah game tembak-tembakan dengan menggunakan first person view, kamera game akan mengikuti pergerakan kita sebagai player yang memainkan tokoh utama. Call of Duty, Battle Field, PUBG, Free Fire adalah jenis game yang menganut aliras FPS.

genre game FPS

Game ini sangat menguji adrenalin karena mengharuskan kita seolah berada di tengah permainan dan memastikan bisa membunuh musuh yang bisa datang dari berbagai penjuru

MoBA

Multiplayer Online Battle Arena, merupakan salah satu game yang banyak dimainkan remaja di Indonesia, sebut saja Mobile Legends, Arena of Valor, Wild Rift. Sejak diperkenalkan oleh DoTA, game MoBA memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Terlebih vendors game secara rutin menyelenggarakan turnamen e-Sport untuk game milik mereka.

Role Playing Game

Role Playing Game adalah jenis game yang jalan ceritanya akan terbuka setelah kita menyelesaikan urutan task dalam permainan. Game ini seperti Final Fantasy, Ragnarok Online, Grand Theft Auto sangat disukai karena memberikan pengalaman bermain dan mengenal dunia dalam permainan tersebut dengan sangat baik. Kita diharuskan menyelesaikan task task untuk membuka level berikutnya.

genre game role playing game final fantasy

Biasanya di akhir setiap level kita diharuskan mengalahkan seorang bos yang level ketangguhannya semakin meningkat seiring dengan meningkatnya level hero kita.

Real Time Strategi

Real Time Strategi adalah jenis genre game yang mengharuskan kita untuk mengalokasikan sumber daya sebelum melakukan task utama, biasanya task utama tersebut adalah menghancurkan negara musuh. Game real time strategi banyak digunakan dalam permainan game ala kerajaan, dimana kita bertindak sebagai raja yang harus mengatur alokasi resource, mengamankan sumberdaya, melatih prajurit dan meningkatkan pertahanan kota.

age of empire genre game RTS

Selanjutnya kita harus menghancurkan kota pemain lain untuk dapat memenangkan game. Stronghold Crusader, Age of Empires dan Shogun Total War adalah beberapa jenis game bergenre Real Time Strategi yang banyak disukai. Meski demikian game RTS juga tidak selalu membawa tema pertempuran, seperti game Tycoon yang lebih mengutamakan menguasai bisnis di sebuah kota.

Racing

Penggemar balap tidak akan mau ketinggalan dengan game satu ini, mulai dari balap ala motoGP, F1, road race, motorcross, maupun balap sepeda. Semua memiliki task yang mudah dimengerti, selesaikan balapan dan jadilah yang paling cepat untuk memenangkan permainan.

genre game racing

Game seperti Need For Speed, Asphalt, F1, MotoGP adalah beberapa game yang memacu adrenalin kamu berbalapan dengan kecepatan penuh tanpa perlu kuatir terjadi kecelakaan. Ya alih-alih kamu melakukan balapan liar di luar. Mending kamu berusaha menjadi atlet e-sport dengan balapan di game racing.

Sport

Game sport mulai dikenal di Indonesia secara luas dengan penetrasi Play Station version 1, saat itu FIFA, merajai demam game sepakbola di tanah air, selain itu juga ada Pro Evolution Soccer maupun Football Manager yang lebih mementingkan sisi teknis dan persiapan match pertandingan.

game arcade sport tasmanian devil
game arcade sport tasmanian devil

Tentu saja, tidak hanya sepakbola yang bisa kamu mainkan di genre game sport, melainkan juga basket, volley, balap sepeda serta masih banyak lagi.

Fighting Game

Fighting Game adalah game yang mengharuskan pemain berhadapan satu lawan satu dalam sebuah pertandingan, tujuannya jelas, meng-KO musuh sebelum waktu permainan berakhir. Pemenang dapat menggunakan berbagai combo untuk melakukan hit yang sakit pada musuhnya. Salah satu game legendaris di genre fighting adalah Street Fighter.

genre game fighting

Saat ini kamu juga bisa memainkan Shadow Fight, Dragon Ball Fighter jika kamu penyuka genre game fighting.

Arcade

Permainan arcade adalah permainan klasik yang menyenangkan untuk dimainkan oleh pemain segala usia. Dalam permainan arcade, pemain tidak perlu terlalu memusingkan dengan kualitas hardware yang dimiliki. Namun permainan arcade meski terbilang simple dan klasik tetap digilai oleh banyak gamer di seluruh dunia.

Game arcade merupakan game yang paling disukai orang-orang yang ingin bernostalgia dengan game masa kecil mereka. Game paling legendaris dari genre arcade adalah Pacman, selain itu kita juga mengenal game Kong serta Mario Bros. Salah satu website yang memiliki koleksi game arcade online ini adalah Plays.org. Di Plays.org, kamu bisa memainkan berbagai jenis game arcade yang bisa membuatmu kembali mengenang masa kecilmu.

genre game console pac rat inspired pacman

Mulai dari Pac-Rat, Space Invaders, Mario, permainan Block puzzle ala Game Boy. Yang menyenangkan saat kamu memainkan game di Plays.org kamu tidak perlu menyiapkan console sendiri atau membutuhkan hardware yang mahal. Game di Plays.org dapat dimainkan menggunakan PC / laptop dengan spek minimal. Kamu juga bisa menggunakan smartphone untuk bermain game.

Aku suka banget permainan game PacRat, karena mengingatkanku akan game PacMan yang sering aku mainkan dulu di mesin ding dong, ya, game Pac Rat ini memang terinspirasi dari Pac Man, bedanya ia menggunakan tokoh tikus dan harus menghabiskan keju yang ada di dalam area permainan. Selain itu aku juga bisa memainkan Space Invaders, salah satu game yang pertama kali aku mainkan selain Block di console Game Boy.

genre game classic space invaders

Masih banyak game yang membawaku mengenang masa lalu di Plays.org, seperti Pac-Rat, Space Invaders, bahkan MineSweeper ala Windows jaman dahulu. Kamu bisa memilih genre game yang kamu sukai di Plays.org dan mulailah mengenang permainan game yang kamu mainkan di masa lalu.

Nah itulah, beberapa jenis genre game yang bisa kamu mainkan, kamu sendiri lebih suka memainkan game apa? Share di kolom komentar yuk

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.