ALAY atau lebih tepatnya @L4Y adalah sebuah fenomena yang agak gemana getoh klo menurutku, rodo njijiki ning yo kadang lucu bin pekok, tapi banyakan sih ya najis tralala. Asal mula alay diadopsi anak2 muda mbuh entah darimana, mungkin karena kebiasaan anak muda seneng membuat hal aneh jadi sesuatu banget dan menjadi ciri khas kelompok mereka.
Entah apakah sudah ada ahli bahasa yang sudah mendeskripsikan sejarah tulisan alay secara ilmiah, lebih gaul lagi klo penelitian bahasa ini juga ditulis menggunakan bahasa alay, opo ora marake profesore skak-mat do keloloden goro2 moco 1 bab penelitian kuwi
Menurut aku sendiri ada 2 hipotesis mengenai tulisan alay, yang dua2nya adalah efek samping dari sistem keamanan di internet. Pertama, waktu kita mendaftar di sebuah website kita sering diminta membuat password dengan kombinasi huruf dan angka, dengan begitu kemungkinan untuk orang mencoba kombinasi password menjadi lebih susah, ealah saiki malah dijadikan password buat smsan dan komen2an antar gengnya.

Yang kedua, berasal dari para programmer berotak ngeres, alias pembuat spam-bot. Sejak kemunculan situs2 porno, makin banyak iklan spam yang dikirim ke email2 pribadi netter, hal itu membuat para penyedia layanan email menggunakan filtering content untuk mencegah masuknya pornspam masuk ke inbox pengguna.
Tapi justru itulah yang memicu programmer berotak ngeres mengkombinasikan karakter2 angka dan huruf sehingga lolos dari filter email, contoh: p0rn, s.3.x, [email protected], nud3. Selain sukses melewati filter, ternyata mereka juga sukses meracuni tatabahasa anak2 muda kita, yang jadi ikut2an alay, n btw ngomong2 sebelum alay merajalela di fesbuk, beberapa ID di MP juga menggunakan kombinasi karakter alay sebagai ID mereka, hehehe piss ah
gambar dari sini

tulisan alay, siapa pencipta tulisan alay?
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.