Syarat Dan Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang di Bank BRI, BCA, BNI dan Mandiri

Siapa sih yang kehilangan sesuatu atau barang yang amat sangat penting kemudian tidak panik? Pasti semua orang akan panik dan bahkan bingung.

Salah satu contohnya misalkan Buku tabungan kita hilang, lalu gimana dong cara mengurusnya? Bukankah sekarang sudah serba online? Apakah buku tabungan masih penting? Walaupun saat ini transaksi bisa dilakukan secara elektronik tanpa membutuhkan buku tabungan lagi, namun fungsi buku tabungan tetaplah penting. 

Semua transaksi perbankan yang dilakukan melalui kantor cabang sebuah bank wajib menunjukkan buku tabungan sebagai identitas pemilik rekening.

Mengapa Tabungan Tetap Penting di Era Tabungan Online

Memang manfaatnya tidak begitu terpampang nyata dan terlihat namun tetap saja Anda harus menjaga buku ini dengan baik. Namun sayangnya, banyak di antara kita yang sering tidak tahu posisi buku tabungan kita sekarang di mana.

Apakah kalian pernah mengalami kehilangan buku tabungan? Kalau “iya” kalian harus segera mengurusnya secepat mungkin. Meskipun benar jika Anda kehilangan buku tabungan masih bisa setor uang tunai, menabung, menarik uang tunai melalui ATM, dan masih dapat melakukan transaksi melalui berbagai fasilitas seperti SMS banking, M-banking atau Internet banking.

Namun buku tabungan harus segera Anda dapatkan kembali untuk berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, saat kartu ATM hilang sementara buku tabungan Anda juga hilang entah ke mana, maka hal ini akan lebih merepotkan.

Banyak juga urusan administrasi yang membutuhkan buku tabungan sebagai persyaratannya, seperti lampiran untuk pelaporan pajak, pengajuan pinjaman, rekonsiliasi rekening, pengajuan kartu kredit, dan lain sebagainya.

Dalam hal pelaporan pajak lebih lanjut diperlukan detail isi buku tabungan selama 1 tahun.

Untuk pengajuan kartu kredit pihak bank biasanya akan membutuhkan data keuangan Anda dari buku tabungan tersebut kurang lebih selama 3 sampai 6 bulan terakhir.

Secara garis besar cara mengurus buku tabungan yang hilang di bank mana pun hampir memiliki cara dan syarat yang sama, kecuali biaya yang dikenakan karena setiap bank memiliki kebijakan masing-masing.

Apabila saat ini mengalami buku tabungan hilang, jangan panik. Yuk mulai mengurusnya. Berikut ulasan lengkap syarat dan cara mengurus buku tabungan yang hilang.

Syarat Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

  1. Sebelum kalian datang ke bank tempat Kalian menabung atau membuka rekening, terlebih dahulu Kalian harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan atau yang menjadi syarat.
  2. Datang ke Bank/ Cabang dimana kalian membuat Buku tabungan ini
  3. Tentang apa saja persyaratan tersebut, secara umum inilah berkas-berkas yang perlu disiapkan:
  • Surat Kehilangan dari kepolisian
  • KTP/SIM atau Paspor
  • Kartu ATM/ Kartu Debit

Cara membuat surat kehilangan untuk mengurus buku tabungan yang hilang:

– Datangi kantor kepolisian terdekat di wilayah Anda tinggal.

– Sampaikan keperluan Anda terkait untuk membuat surat kehilangan. Pihak kepolisian akan membuatkan surat kehilangan untuk pengurusan buku tabungan Anda yang hilang.

Catatan: ada beberapa bank yang tidak memerlukan surat kehilangan. Misalnya, di bank BCA biasanya tidak memerlukan persyaratan surat kehilangan dari kepolisian.

Sebagai seorang nasabah tabungan, kamu akan diberikan buku tabungan untuk mencetak riwayat transaksi keuangan.

Lakukan Ini Jika Buku Tabungan Hilang

Bagi kamu yang mengalami kehilangan buku tabungan, segera urus dengan menempuh lima langkah berikut :

Menghubungi call center bank 

Untuk mendapatkan respons tercepat, kamu bisa melaporkannya kepada bank via telepon. Dengan begitu, call center bank bisa langsung membuat langkah antisipasi jika terdapat penyalahgunaan. 

Customer service bank akan memblokir penggunaan buku tabungan agar tidak bisa diproses untuk transaksi apa pun sehingga uang kamu tetap aman dan tidak berkurang.

Melaporkan ke kepolisian terdekat

Sebagai bagian dari pelaporan buku rekening yang hilang, kamu harus melaporkannya juga ke kantor polisi. Sesampainya di kantor polisi, ceritakan kejadian yang dialami perihal buku tabungan kamu yang hilang. 

Setelah itu, kepolisian akan mengeluarkan surat keterangan yang merupakan menjadi persyaratan untuk membuat buku tabungan yang baru di bank. 

Datang ke kantor bank terdekat

Setelah memiliki surat keterangan dari polisi, kamu bisa mendatangi kantor bank terdekat. Namun demikian, kamu sebaiknya pergi ke cabang yang menerbitkan buku tabungan sebagaimana akan ditandatangani oleh pejabat bank yang dahulu mengesahkannya.

cara mengurus buku tabungan hilang di bank

Selain membawa surat keterangan dari kepolisian, kamu juga harus membawa KTP/SIM dan kartu ATM. Hal ini bertujuan demi memudahkan bank menerbitkan buku tabungan yang baru. 

Diproses customer service

Saat tiba di bank, kamu langsung mengambil nomor antre ke customer service dan melaporkan bahwa buku rekening hilang.

Kemudian, customer service akan meminta nasabah mengisi formulir terkait kehilangan buku tabungan. Formulir itu harus nasabah tanda tangani di atas materai Rp6.000.

Cara mengurus buku tabungan hilang di BRI

Jika kamu nasabah BRI dan mengalami kehilangan buku rekening, langkah pertama adalah menyiapkan berkas yang harus dibawa ke Bank BRI terdekat. Hampir sama dengan berkas yang perlu disiapkan sebelumnya, yaitu:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Kartu ATM
  • Surat Kehilangan
  • Jika di ATM kamu tidak ada saldo, siapkanlah beberapa uang cash untuk membayar biaya ganti kartu. Harganya pun bervariatif, bahkan ada yang gratis.

Harga termurah mulai dari Simpedes sebesar Rp 25.000 dan Rp 50.000 untuk BritAma.

Cara mengurus buku tabungan hilang di BCA

Penggantian buku rekening BCA yang hilang dapat dilakukan di kantor cabang dengan membawa syarat-syarat berikut ini.

  • Identitas diri berupa KTP
  • Kartu ATM.
  • Uang Rp5.000 sebagai biaya penggantian buku rekening.

Cara mengurus buku tabungan hilang di BNI

Bagi kamu nasabah BNI yang juga kehilangan buku tabungan, mengurus buku tabungan BNI yang hilang terbilang mudah. Kamu harus mempersiapkan berkas, yaitu:

  • KTP/SIM/Paspor.
  • Kartu ATM BNI.
  • Mengingat nomor rekening buku tabungan BNI.
  • Surat kehilangan di kepolisian terdekat.
  • Prosesnya sangat mudah, hanya butuh 15 – 20 menit kamu sudah bisa memperoleh buku tabungan baru. Khusus penggantian buku rekening baru, biasanya dikenakan biaya Rp 15.000 atau bahkan gratis.

Cara mengurus buku tabungan hilang di Bank Mandiri

Lakukan pengurusan buku rekening Bank Mandiri yang hilang di kantor cabang terdekat dengan mempersiapkan syarat-syarat berikut ini.

  • KTP.
  • Kartu ATM Mandiri.
  • Nomor handphone.
  • Surat kehilangan dari kepolisian
  • Biaya penanganan.

Di kantor cabang Mandiri nasabah nantinya diminta mengambil nomor antrean. Begitu dipanggil, sampaikan maksud pengurusan buku rekening Bank Mandiri baru ke customer service.

Serahkan berkas-berkas yang diminta dan isi formulir pembuatan buku rekening tabungan baru. Ikuti prosedur-prosedur yang diminta hingga buku rekening baru selesai disiapkan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.