Tips Maksimalkan Email Marketing

Email marketing adalah sebuah cara untuk meningkatkan brand awareness dan menyebarkan promosi ke pelanggan. Email marketing selalu digunakan oleh penyedia jasa dan layanan digital guna menjangkau pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan informasi mengenai layanan bisnis mereka.

Namun pada teknisnya, tidak semua perusahaan memanfaatkan email marketing secara efektif, akibatnya tujuan bisnis tidak tercapai dan lebih parah lagi mungkin pelanggan merasa terganggu dengan email yang mereka dapatkan.

Anda juga harus menyiapkan website sebagai landing page untuk email marketing yang akan anda kirimkan, anda bisa belajar cara membuat website dari awal melalui internet untuk memulainya. Lalu bagaimana cara efektif menggunakan email marketing?

Tips Efektif Email Marketing

Agar email marketing yang kita kirimkan tidak sia-sia dan memberikan feedback seperti yang kita harapkan. Ada beberapa tips yang perlu kita lakukan

Mengelompokkan Email List

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membangun email listing terlebih dahulu. Kita kelompokkan calon penerima email dalam beberapa kategori.

  • Loyalti user
  • Buyer
  • Potential Buyer
  • New user

Keempat kategori di atas perlu dikelompokkan secara berbeda, gunanya untuk memetakan kebutuhan marketing seperti apa yang cocok dengan jenis user tersebut. Loyalti user adalah penerima email yang sering melakukan pembelian di situs kita. Tentu konten yang dibutuhkan dalam email marketing akan berbeda dengan orang yang masih ragu untuk melakukan pembelian.

Inilah sebabnya kita perlu mengelompokkan user berdasar seberapa dalam mereka berinteraksi dengan layanan yang kita miliki. Selain itu, usia, jenis kelamin, hobi dan lain-lain bisa kita buatkan kategori terpisah, tentunya agar semakin relevan konten yang kita kirimkan dengan kebutuhan mereka.

Bersifat Personal

email marketing

Meski email marketing di blast ke banyak penerima email sekaligus, tentu akan lebih efektif jika kita langsung menyapa nama setiap penerima dengan hangat.

Orang akan lebih suka jika email yang dikirimkan kepadanya memang ditujukan kepadanya, penggunaan greetings dan sapaan harus menyertakan nama orang tersebut, akan lebih baik jika menyapa nama depan penerima email agar lebih terasa personal.

Judul yang Menarik

Sama seperti pemberitaan, email juga bisa kita buat boombastis dan click bait. Informasi seperti diskon, keuntungan, reward, kemudahan bisa kita taruh di judul agar membuat rasa penasaran penerima email.

Yang perlu diperhatikan, judul ini meski bombastis harus tetap sesuai dengan promosi yang memang sedang kita jalankan. Jangan sampai user mendapat email diskon 50% tetapi pas melakukan checkout di website kita ternyata kuponnya sudah tidak berlaku. Hal ini akan langsung menurunkan tingkat kepercayaan klien terhadap brand kita.

Gunakan Call to Action

Cara efektif dalam email marketing adalah menyisipkan call to action pada body email. Sebuah tombol beli sekarang, atau klik untuk mendapatkan diskon, akan mempercepat pengaruh kepada penerima email untuk segera merespon penawaran yang kita sematkan pada email marketing.

Berikan perintah singkat dan jelas agar mereka dapat segera memahami apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari konten email kita.

No Spamming

Spamming adalah hal yang paling mengesalkan dalam dunia internet marketing, tidak ada yang suka mendapatkan email spamming, tidak saya tidak juga anda, oleh karena itu kita perlu membatasi frekuensi email marketing yang kita kirimkan pada seorang pelanggan.

Satu – dua email per minggu sudah lebih dari cukup untuk menjaga informasi relevan sampai pada penerima email tanpa mengganggu mereka setiap hari dengan berbagai promosi yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Gunakan Email Hosting

Selalu gunakan email hosting bisnis terpercaya agar mampu mengirimkan ribuan email ke para pelanggan secara akurat. Menggunakan email hosting yang tepat juga dapat memastikan email yang kita kirimkan tidak masuk ke spam folder milik pelanggan.

Anda bisa menggunakan layanan email hosting MailSpace dari Domainesia yang teruji mampu mengirimkan 1000 email per user setiap harinya dan telah dibekali fitur premium anti spam filter. Dengan menggunakan MailSpace email anda pun terlihat lebih profesional karena langsung menggunakan nama domain anda.

Lakukan A/B Testing

Dalam berbagai hal apapun anda perlu melakukan A/B testing, yaitu melakukan percobaan pengiriman email dengan beberapa perlakuan khusus yang berbeda. Dari hasil A/B testing ini anda bisa mengukur jenis campaign seperti apa yang lebih menarik minat dan interaksi pelanggan anda.

Bahasa seperti apa yang cocok untuk mereka, dan konten seperti apa yang membuat mereka tertarik dengan email anda.

Itulah beberapa cara memaksimalkan email marketing yang bisa anda terapkan dalam membangun awareness dengan para pelanggan anda.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.