Tips Merawat Smartphone Agar Tetap Awet

Dewasa ini hadirnya gadget sangatlah memberi banyak kemudahan bagi kita. Gadget yang dalam hal ini adalah ponsel smartphone memang memiliki fitur – fitur canggih dan mumpuni untuk mendukung aktivitas kita sehari – sehari. Dulu kita menggunakan ponsel hanya sebagai alat komunikasi saja, tapi kini, jauh lebih banyak hal bisa dilakukan dengan adanya smartphone.

Benar jika smartphone menawarkan banyak kemudahan yang menunjang kegiatan. Karena banyaknya kemudahan tersebutlah kadang kita akan sangat jengkel ketika smartphone tiba – tiba bermasalah.

Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kita mulai memutar otak tentang bagaimana cara merawat smartphone yang kita miliki agar senantiasa awet dan dalam kondisi baik. Dan berikut akan kami ulas mengenai tips merawat smartphone agar tetap awet.

  • Tambahkan Casing dan Pelindung Layar

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk melindung smartphone adalah dengan menambahkan pelindung layar dan juga casing. Dua poin ini menjadi salah satu cara merawat smartphone yang paling mudah. Tenang saja, adanya casing tidak akan mengurangi tampilan elegan smartphone yang kita miliki. Sebab kini sudah tersedia berbagai jenis pilihan casing yang menarik yang akan mendukung penampilan smartphone.

smartphone-water Tips Merawat Smartphone Agar Tetap Awet  wallpaper

Dengan memasang pelindung layar juga akan melindungi layar smartphone dari goresan – goresan yang mungkin saja timbul akibat adanya gesekan – gesekan saat kita menyimpan ponsel di dalam tas atau dompet.

  • Simpan di Tempat yang Aman

Tips merawat smartphone selanjutnya adalah dengan menyimpannya di tempat yang aman. Bukan berarti lantas kita menjadikan smartphone menjadi pajangan ya. Yang dimaksud disini adalah usahakan selalu menyimpan smartphone di tempat yang aman dari hal – hal tidak diinginkan.

Oia, perlu diketahui untuk jangan terlalu lama menyimpan smartphone pada wadah yang tertutup ya, seperti tas misalnya. Terlebih ketika sedang mengisi daya, sebab hal ini dapat membuat daya baterai smarphone lebih singkat dan juga berpotensi menimbulkan kebakaran.

  • Install Aplikasi yang Diperlukan

Tidak sedikit dari kita yang hobi mengoleksi berbagai macam aplikasi di smartphone. Padahal tidak semua aplikasi tersebut benar – benar dibutuhkan. Alhasil aplikasi – aplikasi tersebut justru membuat memori internal maupun eksternal menjadi penuh, dan akhirnya smartphone pun menjadi lemot.

Bukan hanya membuat kinerja smartphone menjadi lemot saja, dengan banyaknya aplikasi yang ada tentu saja akan menyedot daya baterai secara massal. Imbasnya pun daya baterai akan cepat habis. Bahkan smartphone bisa juga akan mengalami hang karena beban aplikasi yang “terlalu berat”. Oleh karena itu pastikan kita menginstall aplikasi yang memang dibutuhkan ya.

  • Jangan Asal Mengisi Ulang Daya Baterai

Inilah poin yang sering diabaikan, terlebih bagi kita yang tidak memiliki power bank. Hal ini sering dilakukan ketika kita tiba – tiba ada agenda dadakan dan daya smartphone sedang tidak penuh. Akhirnya kita pun mengisi daya baterai smartphone sesuka hati kita, padahal seharusnya kita mengisi daya baterai saat baterai dalam kapasitas lemah.

Apabila hal seperti ini dilakukan berulang kali, yang ada akan membuat baterai smartphone menjadi rusak bahkan menggembung. Pasti kita tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Apalagi jika nantinya kita harus membeli smartphone baru yang mungkin saja harga hp Lenovo sudah semakin merangkak naik karena gencar menaikkan versinya. Wah, sudah jatuh, tertimpa tangga pula kan jadinya?

  • Backup dan Restore

Tips merawat smartphone agar tetap awet selanjutnya adalah dengan mem-backup file – file di dalamnya secara berkala. Hal ini untuk menghindari hilangnya file – file penting saat smartphone mengalami kerusakan tiba – tiba. Dengan mem-backup file – file tersebut, kita bisa mengembalikan file yang hilang karena smartphone yang rusak.

Nah demikian tadi beberapa tips merawat smartphone agar tetap awet. Memang sih pada praktiknya banyak yang mengabaikan hal – hal di atas, namun pada akhirnya banyak juga yang menyesal kenapa tidak merawat smartphone-nya dengan baik.

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

%d blogger menyukai ini: