Wajib Tahu! Cara Berhemat Untuk Kamu yang Boros

Mengatur keuangan merupakan hal penting yang harus kamu lakukan sebagai usaha untuk menghadapi kebutuhan di masa yang akan datang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur keuangan agar bisa melakukan penghematan terhadap pengeluaran kamu.

Penghematan ini merupakan langkah penting yang harus kamu lakukan untuk menciptakan financial freedom kamu kedepannya karena penghematan ini akan berfungsi untuk mengeliminasi pengeluaran-pengeluaran tidak penting.

Mungkin secara teori, proses penghematan merupakan kegiatan yang tidak terlalu sulit dilakukan namun secara praktek proses ini tidak semudah yang dibayangkan. 

Tips Cara Berhemat yang Wajib Kamu Lakukan 

Namun kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara berhemat yang mudah dan efektif untuk kamu yang ingin mempersiapkan bekal finansial untuk masa depanmu

1 Pahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan 

Pengeluaran yang kamu lakukan umumnya didasari oleh dua faktor yaitu faktor kebutuhan dan faktor keinginan, dalam proses berhemat kamu harus dapat memahami faktor tersebut dengan baik.

Secara harfiah, kebutuhan adalah pengeluaran yang wajib kamu fasilitasi karena faktor ini sangat menentukan keberlangsungan hidupmu sendiri.

cara berhemat untuk kamu yang boros

Kebutuhan ini antara lain adalah kebutuhan primer dimana meliputi sandang, pangan dan papan yang semua hal tersebut tentunya harus kamu cukupi namun tidak berlebihan.

Sedangkan, keinginan adalah sesuatu hal yang didorong oleh hasrat kepemilikan terhadap suatu benda yang bisa dimiliki setiap manusia.

Keinginan disini meliputi hal-hal sekunder yang tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kelangsungan hidupmu sebagai contoh gadget atau kendaraan model terbaru.

Maka dari itu untuk melakukan proses penghematan penting untuk kamu memahami kedua hal tersebut agar tercipta garis batas yang membagi kedua hal tersebut sehingga pengeluaranmu tidak bercampur aduk dan membuat cash flow mu berantakan.

2 Bijak dalam berbelanja 

Meskipun keinginan bukanlah sesuatu yang penting untuk keberlangsungan hidupmu bukan berarti keinginanmu harus dihilangkan.

cara berhemat untuk anak muda

Karena baik secara langsung atau tidak langsung keinginan ini dapat menjadi self reward yang baik untuk kesehatan mental-mu karena dapat dianggap sebagai apresiasi untuk dirimu sendiri yang telah lelah bekerja untuk mencari uang.

Namun satu hal yang harus kamu ingat dalam proses ini adalah kamu tidak boleh lupa diri karena tentu saja kamu harus mempertimbangakan pengeluaranmu juga.

3 Maksimalkan promo

Satu hal penting yang harus kamu ingat dalam proses pemenuhan keinginan selain pertimbangan terhadap pemasukan dan mengontrol keinginan adalah dengan memanfaatkan promo.

Saat ini dengan hadirnya platform e-commerce tentu saja sangat memudahkanmu dalam proses berbelanja dan selain itu juga banyak promo yang bisa kamu gunakan.

Salah satu platform e-commerce yang sering mengadakan promo adalah LaDaRa disana banyak promo yang bisa kamu manfaatkan mulai dari gratis ongkir, potongan harga, cashback, hingga voucher yang bernilai ratusan ribu.

Dengan memanfaatkan promo tersebut tentu saja kamu dapat menghemat pengeluaran kamu namun tetap memenuhi keinginanmu.

4 Pisahkan tabungan 

Salah satu cara berhemat secara efektif yang bisa dilakukan untuk memudahkanmu dalam menabung adalah dengan membuat tempat penyimpanan terpisah antara tabungan dan juga uang untuk kebutuhanmu.

cara berhemat untuk kamu yang boros

Hal ini dilakukan agar untuk membangun mindset bahwa simpanan tabungan yang kamu miliki merupakan tempat yang tidak boleh kamu sentuh.

Dari kedisiplinan ini, kamu akan terbiasa hemat dengan mengatur keuanganmu dan juga kamu akan memiliki tabungan yang bisa digunakan suatu hari nanti dengan metode ini.

5 Tabung secara berkala

Hal penting dari kegiatan menabung bukanlah soal nominal melainkan soal konsistensi, dimana tidak masalah jika nominal yang kamu tabung tidaklah besar namun penting untuk kamu melakukan ini setiap bulan.

cara berhemat agar tidak terlalu boros

Bila sudah terbiasa melakukan ini maka kamu juga bisa beranjak ke langkah selanjutnya yaitu dengan meningkatkan nominal secara berkala.

Dengan konsistensi dan kebiasaan untuk meningkatkan nominal tabungan secara berkala ini tentu saja akan sangat membantu kamu dalam proses berhemat dan menabung untuk kebaikan finansialmu di masa depan.

Demikianlah lima cara berhemat yang akan sangat berguna bagi kamu yang boros, kamu masih bisa menyiapkan financial freedom di masa depan. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam berhemat ya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.