Sensor PIR dengan Arduino


PIR atau passive infrared merupakan salah satu aplikasi inframerah untuk sensor. Sensor ini berfungsi mendeteksi adanya pergerakan manusia dari perubahan pancaran gelombang inframerah dari tubuh manusia. Ketika manusia bergerak maka pancaran gelombangnya akan berubah, perubahan nilai ini akan menyebabkan sensor PIR aktif dan mengirimkan sinyal output.


Aplikasi sensor PIR bisa ditemukan dalam bentuk pintu otomatis di pusat perbelanjaan/hotel dan gedung2 lainnya. Pintu akan membuka otomatis saat sensor menangkap ada perubahan panjang gelombang inframerah. Dan akan menutup ketika sensor tidak lagi menangkap perubahan panjang gelombang.

Seperti halnya devices berbasis inframerah lainnya, PIR memiliki kelemahan yaitu bukan perangkat omnidirectional sehingga tidak mampu mendeteksi benda yang berada di belakangnya. Tidak seperti bluetooth yang mampu mendeteksi semua benda disekelilingnya dalam cakupan tertentu.

data capture pergerakan sensor PIRUntuk mendeteksi semua benda yang ada disekitarnya diperlukan beberapa sensor PIR yang dihadapkan ke segala arah. Meskipun begitu, sensor PIR memiliki angle view sampai sekitar 110 derajat dari face sensornya. PIR juga dapat digunakan sebagai pendeteksi maling, jika dipasang di tempat2 yang beresiko, tetapi masih perlu diteliti kembali apakah penggunaannya bisa efektif, jangan sampai ada alarm palsu gara2 ada kucing lewat didepan sensor.

BACA JUGA:   Membuat Running led dengan Arduino

Supply tegangan sensor ini antara 3-9V sehingga bisa langsung menggunakan tegangan vcc 5V dari arduino atau board mikrokontroller lainnya. Terdapat tiga pin berupa VCC, Ground dan output untuk dihubungkan ke mikro. Contoh penggunaan sensor PIR menggunakan arduino dapat dilihat dari kode berikut yang diubah dari contoh kode PIR sensor di arduino playground dengan meniadakan alarm buzzer dan hanya menggunakan LED untuk indikator adanya gerakan.

Saat kondisi diam, arduino akan mengirimkan durasi kondisi diam pada serial monitor, begitu juga pada saat sensor mendeteksi adanya pergerakan. Serial.print(“x”) pada serial monitor digunakan untuk menandai lama pergerakan/tidak adanya pergerakan obyek yang dideteksi sensor.


int ledPin = 13; // choose the pin for the LED
int inputPin = 2; // choose the input pin (for PIR sensor)
int pirState = LOW; // we start, assuming no motion detected
int val = 0; // variable for reading the pin status

void setup() {
pinMode(ledPin, OUTPUT); // declare LED as output
pinMode(inputPin, INPUT); // declare sensor as input
Serial.begin(9600);
}

void loop(){
val = digitalRead(inputPin); // read input value
if (val == HIGH) { // check if the input is HIGH
digitalWrite(ledPin, HIGH); // turn LED ON
delay(300);

if (pirState == LOW) {
Serial.println();
Serial.println("Motion detected!");
// We only want to print on the output change, not state
pirState = HIGH;
}
} else {
digitalWrite(ledPin, LOW);
delay(300);
if (pirState == HIGH){
Serial.println();
Serial.println("Motion ended!");
pirState = LOW;
}
}
Serial.print("x");
}

sensor PIR dengan arduino


DMCA.com Protection Status

contoh pir sensor makalah (11), contoh program sensor pir arduino (7), sensor pir (3), cara program PIR for arduino (2), alarm pintu arduino (2), jurnal pir sensor dan arduino (2), program sensor pir arduino (2), program arduino untuk sensor pir (2), pengaplikasian sensor pir (2), sensor pendeteksi manusia berdasarkan nama (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan pada “Sensor PIR dengan Arduino

  • Alfin Makarios

    (Februari 14, 2016 - 1:49 am)

    gan jelaskan fungsi pin yang ada di sensor pir ini ??

  • Alfin Makarios

    (Februari 14, 2016 - 1:48 am)

    gan jelaskan fungsi pin yang ada di sensor pir ini ??

  • Willy Siura

    (Februari 3, 2015 - 2:55 am)

    thanks buat postingannya gan, ngabantu banget (y)
    sukses trus

Berikan tanggapan anda