Tools Penguji Situs Mobile Friendly (Official Google)


Hari ini waktu aku buka dashboard Adsense, ada satu tanda pentung di sudut kanan atas yang menandakan adanya notifikasi dari Google yang perlu segera kita baca. Pesan singkat itu berbunyi

Kesesuaian situs Anda untuk seluler sekarang dipertimbangkan sebagai sinyal penentuan peringkat Google Penelusuran.

Benar sudah prediksiku bahwa pada akhirnya Google akan semakin mempertimbangkan kebutuhan website yang mobile friendly dibanding yang full animasi dan super berat loadingnya seperti halnya website company profile perusahaan-perusahaan ternama.

Eh, tapi situs anotherorion.com kan emang berat ya kan? ya kan?

Emang sih iya, tapi itu adalah versi desktopnya, mau gimana lagi emang butuh majang beberapa hal yang gak bisa kutinggalkan, yaitu data statistik situs dan beberapa iklan layanan komersial :D. Sementara untuk versi mobile, kebetulan aku masih make template standar bawaan wordpress yaitu Tweenty Ten. Meski template ini sudah berumur 5 tahunan tetapi tetap diupdate terus oleh tim pengembangnya jadi pada waktu ribut urusan template responsif, aku tetap adem ayem.

BACA JUGA:   Meningkatkan earning adsense dengan safelink converter

mobile computing

Nah balik ke soal mobile friendly ini, karena pangsa pasar mobile phone dan tablet sudah semakin menjamur, dan tingkat akses internet lewat perangkat-perangkat mobile ini meningkat dengan tajam, maka aku yakin pertimbangan website yang ramah smartphone menjadi sesuatu yang mutlak. Jika anda ingin mendapatkan banyak pengunjung dan bertengger di halaman pertama pencarian Google, selain anda menerapkan 7 cara mudah SEO untuk meningkatkan pengunjung blog, anda harus membuat website anda cukup responsif.

Pertama dari segi kecepatan loadingnya lebih cepat dari website yang belum responsif, kedua karena mementingkan kecepatan tersebut maka otomatis jumlah byte yang ditampilkan lebih kecil dan ringkas, untuk para pengguna paket data yang menggunakan perhitungan per kilobyte tentunya lebih hemat. Yang terakhir adalah optimalisasi tampilan dengan layar user, template responsif akan menampilkan tampilan terbaik sesuai resolusi layar penggunanya.

Google telah merilis tools official mobile usability untuk para pemilik blog dan administrator web, untuk memudahkan para blogger dan admin untuk menyajikan tampilan terbaik dan ramah device. Blogger cukup memasukkan url blog yang ingin dianalisis, atau jika sebelumnya telah memiliki akun webmaster google tinggal memilih url blog yang telah terdaftar untuk dicek oleh tools ini.

BACA JUGA:   Anti SEO 404

Link tools mobile usability by Google bisa dicek disini


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Tools Penguji Situs Mobile Friendly (Official Google)

  • Emakmbolang

    (Mei 23, 2015 - 2:23 pm)

    Aku pakai simple template karena laasan itu, simple. Trus nggak masang terlalu banyak widget. Nggak suaknya adsense kalau buka di tablet selalumuncul dan nutupi layar utama 🙁

    • anotherorion

      (Mei 24, 2015 - 8:54 am)

      klo adsense g boleh mbak nutupin layar, bisa dibanned blogger yg gitu. tp iklan2 lain memang dpakai buat njebak pengunjung dari mobile phone

Berikan tanggapan anda