6 Rekomendasi Channel Digital Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda

Teknologi merupakan salah satu ciptaan manusia, yang bertujuan untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan dan transaksi bisnis online melalui channel digital marketing. Merupakan salah satu bentuk dari produk kecerdasan manusia, membuat perkembangan teknologi menjadi salah satu yang paling pesat dari perkembangan lainnya.

Salah satu perkembangan teknologi yang sangat pesat di Indonesia bahkan dunia adalah dengan adanya digital marketing. Keuntungan dengan adanya digital marketing adalah memudahkan pebisnis untuk memasarkan produk bisnisnya. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Karena banyak dari kita yang sudah mengetahui banya platform gratis yang dapat memasarkan produk bisnis anda.

Rekomendasi Channel Digital Marketing Terbaik Untuk Bisnis Online          

digital marketer

Digital marketing merupakan salah satu teknologi, yang dapat membantu pebisnis ataupun pedagang dalam memasarkan produknya. Apalagi dengan mengingat pesatnya peningkatan yang terjadi pada penggunaan internet di Indonesia, yang mencapai 143,26 juta pengguna dan selalu meningkat tiap tahunnya.

Hal ini membuat kami sebagai pedagang, banyak memasarkan produk kami melalui platform online atau dikenal dengan online shop. Dengan begitu, digital marketing merupakan salah satu upaya terbaik untuk berdagang saat ini. Adapun di bawah ini beberapa channel digital marketing terbaik yang dapat digunakan untuk bisnis online.

  1. Email Marketing

Email marketing merupakan email yang digunakan dengan tujuan untuk mempererat keakraban konsumen dengan marketer. Hal ini dikarenakan di dalam email marketing, banyak hal yang dapat anda kirimkan seperti rincian produk atau promosi dan diskon yang bisnis anda miliki.

keunggulan sms blast

Selain itu, email marketing juga memudahkan karena dapat dikirimkan dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Meskipun dengan adanya email marketing, seorang marketer dapat mengirimkan email kepada konsumen mengenai banyak hal.

Namun, sebagai marketer tetap harus tahapan awal dalam membangun email marketing. Yaitu tahap meminta izin kepada pelanggan terkait email marketing yang nantinya akan dikirim kepada mereka. Email marketing yang baik adalah email yang memiliki isi padat, lengkap dan tidak bertele-tele.

  1. SMM (Social Media Marketing)

Social media marketing adalah menggunakan sosial media yang anda miliki dengan tujuan memasarkan produk bisnis anda. Dengan adanya sosial media, pelanggan dapat mengetahui foto ataupun keterangan produk dengan gamblang. Hal ini lah yang dapat menarik pelanggan agar membeli produk bisnis yang anda miliki.

belajar jualan di instagram

Selain itu, melalui sosial media akan terbentuk komunikasi antara pelanggan dan pebisnis. Karena sosial media memiliki fitur yang memadai untuk menjembatani komunikasi antara pebisnis dan pelanggan.

Adapun beberapa contoh sosial media seperti Facebook, Instagram, Telegram, dan lain-lain. Dalam penggunaannya pun, anda juga harus memperhatikan kerapian, seni dalam mengambil gambar dan penyusunan kata.

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah proses dalam mengoptimasi mesin pencarian sesuai dengan namanya. Search Engine Optimazion (SEO) dapat mempengaruhi visibilitas dari sebuah halaman website secara alami.

Dengan adanya SEO (Search Engine Optimization), anda dapat mengoptimalisasi halaman website anda secara alami, sehingga dapat berapa diposisi teratas di mesin pencarian. Selain dapat membuat halaman website yang anda miliki berada di atas mesin pencarian, sehingga produk anda akan mudah dikenal dan dijual.

rekomendasi channel digital marketing terbaik tips memilih nama domain

SEO (Search Engine Optimization) juga merupakan proses yang tidak mengeluarkan biaya yang besar. Sehingga dapat menjadi investasi jangka panjang bagi pebisnis, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Maka dari itu dengan adanya optimasi SEO dapat menjadi channel digital marketing yang tepat untuk sales produk jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan. Tanpa harus mengeluarkan budget perhari yang sangat besar tentunya.

Tentunya, dalam menerapkan SEO website, bukan sebuah hal yang mudah. Ada lebih dari 200 faktor yang harus dilakukan dengan tepat sesuai Standar Pedoman Webmaster Google. Menggunakan layanan optimasi SEO website bisnis juga harus melalui vendor yang tepat, salah satu perusahaan jasa SEO yang profesional dan bergaransi uang kembali adalah Studi SEO Indonesia.

Studi SEO Indonesia adalah Konsultan SEO yang berdomisili di Jakarta dan sudah berpengalaman lebih dari 3 tahun serta merupakan bagian dari Bacalagers Media Digital Group. Tim mereka siap membantu Anda untuk meningkatkan peringkat website di Google tanpa ribet akan risiko dengan layanan Jasa SEO Terpercaya.

  1. PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click (PPC) adalah salah satu model periklanan yang mampu meningkatkan traffic website anda. Secara singkatnya, Pay Per Click (PPC) adalah iklan yang dibayar sejumlah banyak penayangan yang dilakukan pelanggan. Jadi, setiap kali iklan diklik oleh konsumen, maka akan berubah menjadi pendapatan bagi penayang. Salah satu PPC yang terkenal saat ini adalah Google Adwords.

Adapun beberapa keuntungan dari penggunaan Pay Per Click (PPC) setidaknya ada tiga keuntungan. Pertama, budget yang terkontrol untuk iklan. Kedua, dapatkan target konsumen dan Return On Investment (ROI) meningkat. Ketiga, memiliki pengaruh yang baik terhadap Search Engine Optimazion (SEO) dari halaman website yang anda miliki.

  1. Mobile Marketing

Mobile marketing adalah marketing atau kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaat media mobie anda miliki. Adapun media mobile yang anda miliki adalah handphone. Melalui handphone yang tersambung akan internet, anda sudah dapat melakukan kegiatan marketing secara maksimal.

kelebihan telegram dibanding whatsapp

Jika dulu kita hanya mengenal SMS, maka saat ini banyak aplikasi yang dapat digunakan. Seperti WhatsApp, Telegram, dan Line. Adapun yang sekarang banyak dilakukan adalah video marketing, yang merupakan salah satu bagian dari mobile marketing.

Salah satu srategi dalam penggunaan mobile marketing, adalah dengan selalu menjaga silaturahmi dengan pelanggan yang dimiliki. Karena terkadang, kedekatan dapat meningkatkan penjualan seseorang.

  1. Video Marketing

Salah satu cara menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang anda miliki, adalah dengan menunjukkan langsung detail produknya. Salah satu sarana untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan video. Menggunakan video dengan tujuan melakukan kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan disebut dengan video marketing.

kredit usaha

Meskipun bukan hal baru di dunia marketing, karena video sejak dulu sudah digunakan sebagai strategi marketing. Namun, saat ini pebisnis dituntut untuk menghasilkan video marketing yang lebih kreatif dan inovatif.

Salah satu platform video terkenal yang dapat kita gunakan adalah Youtube. Namun, masih banyak media lain yang juga dapat digunakan seperti Instagram. Sebagai manusia, kita tidak akan pernah bisa menghindari secara penuh dampak dari perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital.

Dampak perkembangan ini terdiri atas dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan penjual dan mendukung kegiatan pemasaran suatu bisnis.

Perkembangan teknologi ini juga dapat menjadi wadah dari inovasi dan kreatifitas yang dimiliki oleh seseorang. Khususnya anak muda, yang saat ini sangat memperhatikan perkembangan teknologi digital yang ada. Sehingga tidak heran, jika kita banyak melihat anak muda sekarang yang membangun bisnis dan juga membangun aplikasi untuk mendukungnya.

Dengan adanya perkembangan teknologi digital seperti digital marketing, juga memberikan atau menciptakan profesi baru seperti selebgram. Dimana jika kita banyangkan, jika tidak ada instagram dan kegiatan bisnis online melalui instagram, maka tidak akan ada yang namanya selebgram. Maka dari itu, digital marketing ini banyak memberikan manfaat, apabila dikelola dengan baik.

Meskipun banyak dampak positif yang dihasilkan, teknologi digital juga memiliki dampak negatif. Seperti semakin mudahnya penipu dalam melakukan penipuan, seperti penipuan akan produk bisnis, harga dan kulitas produk yang dimiliki.

Maka dari itu perkembangan teknologi digital juga harus diimbangi dengan kecerdasan penggunanya dalam menggunakan teknologi untuk berbisnis serta memanfaatkan channel digital marketing yang tepat untuk promosi bisnis.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.