5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera DSLR


Belakangan ini hobi fotografi tengah ramai diminati banyak kalangan. Apabila dulu kamera-kamera canggih hanya dimiliki oleh fotografer dengan jam terbang tinggi, maka kini remaja yang menyukai fotografi pun juga sudah memiliki kamera DSLR yang canggih. Padahal kalau dipikir-pikir harga kamera DSLR tersebut tidak murah, namun hari ini kegemaran memang menjadi hal yang penting untuk diprioritaskan.

Harga yang mahal memang sebanding dengan kualitas kamera ini. Mengingat harganya terbilang cukup mahal, maka sudah pasti jika kamera DSLR ini membutuhkan perawatan ekstra agar kamera selalu awet. Nah, buat kamu yang dalam waktu dekat ini berencana membeli kamera DSLR sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak salah dalam membeli kamera DSLR.

Gali informasi tentang kamera DSLR

Apabila kamu mengenal kamera DSLR ini hanya dari “katanya”, maka sekarang coba cari informasi detail tentang kamera DSLR di internet. Pastikan kamu tahu betul apa kekurangan dan kelebihan kamera ini sehingga tidak merasa kecewa saat membelinya nanti.

Namun secara umum kamera DSLR ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah; memiliki fitur autofocus yang lebih cepat, mudah diganti lensa sesuai kebutuhan, dapat mengambil gambar berturut-turut, resolusi gambar cukup tinggi sehingga hasil jepretan akan terlihat jernih sekalipun diambil di ruang yang minim pencahayaan.

harga-kamera-DSLR 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera DSLR  wallpaper

ISO

BACA JUGA:   Asus Zenfone 5, Stylish, Canggih, dan Murah

ISO ini merupakan tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya. Jadi, semakin besar ISO suatu kamera, maka kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin bagus. Pada kamera DSLR ini mempunyai ISO hingga 6400 yang mendukung kamu untuk dapat menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik.

Resolusi kamera

Entah apapun jenis dan merk kameranya, resolusi gambar adalah yang terpenting. Pada kamera DSLR ini umumnya dibekali dengan resolusi 12 MP. Kualitas gambar akan semakin baik apabila resolusinya semakin besar. Namun ini juga mempengaruhi ukuran gambar pada komputer.

Misalnya kamu mempunyai gambar dengan format RAW kamera 16 MP dengan ukuran 25 MB di komputer, maka untuk bisa mengedit gambar ini kamu membutuhkan komputer yang dibekali RAM dan prosesor yang kuat agar proses editing lebih mudah untuk dilakukan.

Usahakan dekat dengan service center

Karena kamera ini buatan manusia, maka kamera DSLR ini juga berpotensi mengalami kerusakan. Untuk itu agar tidak kebingungan ketika kamera DSLR mendadak rewel, sebaiknya kamu memastikan bahwa tempat tinggalmu dekat dengan service center. Dengan begitu kamera bisa langsung diperbaiki.

Sesuaikan dengan budget

Selain hal-hal di atas, faktor lain yang harus diperhatikan adalah perihal budget untuk membeli kamera. Yup, sudah disinggung sebelumnya bahwa harga kamera DSLR ini tidak murah, itu artinya kamu membutuhkan budget yang lumayan agar bisa meminang kamera kece ini. Coba cek lagi saldo tabungan kamu, apakah sudah cukup untuk membeli kamera DSLR tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu berencana membeli kamera DSLR. Mungkin saat ini kamu menjadikan fotografi sebagai hobi, namun jika konsisten menekuninya bisa jadi hobi ini kelak dapat menjadi profesi yang membanggakan.

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda