5 Tips Jitu Membangun Customer Engagement

Selain marketing produk bisnis Anda secara langsung, ada hal penting lainnya yang tidak boleh terlupakan; komunikasi dan interaksi dengan pelanggan (konsumen) atau yang dikenal dengan customer engagement.

Customer engagement dapat dilakukan dengan semua saluran korespondensi yang bisnis Anda miliki. Bisa secara offline atau dengan berinteraksi langsung jika memungkinkan, dan juga online seperti lewat chat di website resmi bisnis Anda, akun media sosial dan juga email.

Tips Membangun Customer Engagement

Hubungan ini perlu dibina dengan baik untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menyeluruh terhadap produk atau jasa yang mereka ingin beli atau sudah dibeli dari Anda. Dengan customer engagement yang baik, konsumen Anda bisa merasa dihargai, didengarkan dan menjadi prioritas sehingga tidak akan ragu untuk membeli lagi di kemudian hari.

Lalu bagaimana tips membangun customer engagement yang baik dan bisa membantu meningkatkan kualitas dan pelayanan bisnis Anda? Berikut tipsnya untuk Anda!

  1. Manfaatkan Media Sosial untuk Menarik Perhatian

Customer engagement yang baik itu bisa membuat pelanggannya menggunakan produk Anda secara berkala dan terus akan kembali menggunakannya. Sebagai contoh jika ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain bangunan rumah.

Ketika perusahaan desain bangunan rumah tersebut sudah berhasil menerapkan customer engagement yang baik terhadap pelanggannya, maka pelanggan tersebut akan selalu mengandalkan perusahaan desain bangunan tersebut jika ingin remodelling atau membangun rumah baru.

Cara memulai membangun customer engagement yang baik bisa dimulai dengan media sosial yang representatif. Media sosial saat ini termasuk platform yang cukup powerfull untuk membantu Anda dalam mempromosikan produk dan jasa bisnis Anda. Media sosial juga dapat menjadi tools andalan untuk membangun customer engagement.

Jika Anda sudah memiliki media sosial, maka langkah selanjutnya bisa dengan membuat tagline sebagai ‘identitas’ bisnis Anda. Jangan lupa buat hashtag yang catchy dan mudah diingat.

Berikutnya call to action kepada pelanggan untuk memberi komentar, repost, atau share postingan di akun Anda sehingga Anda mendapatkan tingkat engagement yang tinggi.  Tapi jangan lupa untuk selalu respon komentar pelanggan di akun sosial media Anda ya!

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kuis atau challenge lucu sesuai dengan brand Anda. Bisa juga dengan mengajak pelanggan memposting dirinya sambil menggunakan produk Anda dan berikan reward untuk foto paling menarik.

  1. Berikan Pelayanan yang Responsif

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membangun customer engagement adalah selalu memberikan pelayanan yang responsif atas segala interaksi yang diberikan pelanggan dari mulai kritik dan saran, feedback, maupun hanya sekedar komentar di media sosial milik bisnis anda.

cara membangun costumer engagement

Karena dengan selalu memberikan pelayanan yang responsif maka pelanggan Anda akan merasa jika feedback, saran atau keluh kesah mereka tentang produk Anda didengarkan.

  1. Berikan Reward untuk Pelanggan Setia

Jika Anda sudah memiliki beberapa pelanggan setia yang mendukung kelangsungan bisnis anda, maka peliharalah hubungan baik dengan mereka dengan memberikan reward atau hadiah menarik. Hal ini karena ada pelanggan setia akan tetap membeli produk di Anda meski ada kompetitor lain yang mungkin juga menjual produk yang mirip.

reward platform untuk membangun customer engagement retention tada

Dengan Anda memberikan reward sebagai bentuk apresiasi, maka pelanggan akan semakin loyal dan bahkan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang disekitarnya dan tanpa disadari pelanggan setia anda telah membantu dalam hal memasarkan produk Anda ke orang-orang terdekatnya.

Agar lebih mudah, Anda bisa pakai platform TADA yang sudah berpengalaman membantu berbagai jenis bisnis dalam meningkatkan customer engagement lewat berbagai produk menarik, seperti digital reward dan digital membership.

  1. Selalu Berikan Pengalaman Positif Kepada Pelanggan

Biasanya seseorang tidak akan mudah melupakan sebuah rasa atau pengalaman yang didapat saat berbelanja offline maupun online. Kesan pertama yang pelanggan rasakan saat membeli produk atau jasa Anda dapat membekas; baik itu kesan positif karena pelayanan yang baik atau bahkan negatif karena pelayanan yang buruk.

Nah, untuk menciptakan pengalaman yang baik untuk pelanggan ketika membeli produk atau jasa Anda, Anda harus bisa membangun hubungan positif yang tidak bisa dilupakan pelanggan.

Contohnya Anda bisa menanyakan perkembangan apa yang mereka rasakan setelah menggunakan produk yang anda tawarkan dan lain sebagainya.

  1. Selalu Menyapa Pelanggan

Agar bisa membangun customer engagement secara personal dengan pelanggan Anda, maka Anda bisa menciptakan persona untuk menyapa pelanggan Anda.

Anda bisa menanyakan hal yang berkaitan dengan pengalaman mereka menggunakan produk Anda yang dikombinasikan dengan event yang sedang ramai, misalnya momen Idul Adha.

Anda bisa menyapa mereka di media sosial dengan membuat postingan “Bagaimana kabarnya nih? Idul Adha Spesial PPKM ini sudah berapa gram daging yang dimakan? ingat jangan berlebihan ya” maka pelanggan akan mendapat update berkala dari brand Anda; entah itu produk baru atau hanya greeting.

Anda juga bisa menyapa pelanggan lewat email newsletter maupun notifikasi via aplikasi (jika ada) dengan sebuah informasi promo yang ada dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut pelanggan merasa memiliki ikatan emosional dengan produk Anda maupun produk yang anda tawarkan.

Nah itu dia 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan customer engagement, mudah-mudahan dengan tips diatas bisa membantu Anda menjadi lebih mudah dalam membangun customer engagement yang lebih baik dengan pelanggan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.