8 Jebakan Pertanyaan Bodoh Saat Wawancara Kerja

Saat kita ingin melamar pekerjaan, kita sering harus melewati sesi wawancara kerja, dimana para HRD ditugaskan untuk memberikan pertanyaan untuk menggali lebih jauh kompetensi calon karyawan. Tidak jarang mereka menggunakan jebakan dan pertanyaan bodoh yang dilemparkan pada calon karyawan agar mereka mengungkapkan hal-hal yang sebaiknya kita sembunyikan, setidaknya dari para pewawancara.

Menurut Ellis Chase dari Columbia Business School sekurangnya ada 8 pertanyaan jebakan yang digunakan para pewawancara untuk mengetahui lebih banyak fakta mengenai para pelamar kerja. Chase secara lugas menyebutkan pertanyaan ini adalah pertanyaan bodoh yang dilemparkan dan kebanyakan calon pekerja terjebak oleh pertanyaan semacam ini.

8 Jebakan Pertanyaan Bodoh Saat Wawancara Kerja

Berikut ini adalah 8 pertanyaan bodoh yang harus kalian waspadai saat ditanyakan oleh seorang HRD pada mereka yang sedang mencari lowongan kerja

1 Apa yang tidak Anda sukai dari pekerjaan Anda?

Alih-alih bertanya, mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan ini, seorang HRD berupaya mengeksplorasi apa yang tidak disukai calon pekerja sebelum mendapatkan pekerjaan.

Berhati-hatilah karena HRD sedang mempelajari kelemahan anda, apa saja yang berusaha anda hindari dalam sebuah pekerjaan, bukan karena anda tidak kompeten, tetapi karena anda tidak suka.

Jawablah Saya tidak suka saat saya mendapatkan banyak tugas tak terduga, dimana saya sudah kewalahan dengan tugas-tugas yang ada. Anda tambahkan bagaimana anda selama ini mengembangkan manajemen waktu dan mengatur prioritas dalam pekerjaan anda saat anda menghadapi banyak pekerjaan. Jelaskan bahwa anda berusaha menyelesaikan tugas-tugas baru sesegera mungkin untuk menghindari kepanikan akibat bottle neck dan tugas dadakan.

BACA JUGA:   Jenis Lowongan Kerja Bank yang Paling Diminati

2 Apa yang Anda takuti di tempat bekerja?

Jelaskan bahwa anda tidak menyukai meeting mingguan yang menyita waktu lama, namun jelaskan bahwa anda memahami itu sebagai bagian dari harga yang harus anda bayar untuk bekerja dalam sebuah perusahaan yang besar, dimana komunikasi pekerjaan antar departemen menjadi sangat penting.

Tunjukkan pada HRD bahwa anda mampu memberikan penjelasan yang detail dengan presentasi yang efisien mengenai project yang sedang anda kerjakan pada rapat tersebut.

3 Jelaskan masa sulit dalam Karir Anda!

Pertanyaan dalam wawancara kerja ini berusaha menggali bagaimana cara anda menghadapi masalah dan mengelola stress yang timbul akibat pekerjaan anda. Pastikan saat anda menjelaskan hal tersebut, melibatkan penyebab hingga solusi yang anda lakukan. Sebutkan bahwa anda cukup enggan dengan teknologi baru saat anda sudah menguasai teknologi lama di kantor anda. Dan hal tersebut membuat anda kesulitan mengerjakan tugas baru.

Anda bisa sebutkan bagaimana anda berusaha mengejar ketertinggalan anda untuk beradaptasi dengan teknologi baru tersebut, bagaimana anda belajar dan berkomunikasi dengan rekan kerja mengenai cara memaksimalkan teknologi baru tersebut

4 Ceritakan mengenai cinta pertamamu

Dari pertanyaan di atas, sudah jelas bahwa ini adalah pertanyaan paling bodoh yang bisa ditanyakan oleh seorang HRD, serius bertanya soal cinta pertama calon pekerja?

Sebenarnya, HRD tidak sedang bertanya siapa cinta monyet kita, oke ia memang bertanya cinta pertama, tapi bukan pada manusia, ia sedang mencari tahu apakah kita mencintai pekerjaan pertama kita.

wawancara kerja jebakan pertanyaan bodoh

Jelaskan bagaimana anda merasa senang memperoleh pekerjaan pertama anda, tunjukkan anda sangat bersemangat saat memperoleh tugas untuk melakukan penjualan secala langsung di ruang publik, bertemu banyak orang, bersikap ramah, mendengarkan mereka dan berusaha memberitahukan anda memiliki solusi dalam produk anda untuk kebutuhan mereka

5 Jika diperkenankan mengundang makan malam tokoh hebat, siapa yang akan anda undang?

Mohon dengan sangat, anda tidak menyebutkan tokoh fiksi seperti Superman, Flash atau QuickSilver, itu adalah jawaban yang paling tidak diharapkan HRD dari pertanyaan bodoh ini, kecuali anda melamar pada perusahaan yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan seperti jasa logistik.

Anda bisa menggunakan orang-orang yang memiliki background sama dengan bidang perusahaan yang sedang anda lamar, sebutkan Warren Buffet, Steve Jobs, Bill Gates, atau orang-orang yang menjadi pioner dalam bidang perusahaan tersebut.

BACA JUGA:   Amankan Keuangan Bisnis UMKM Dengan Aplikasi Buku Warung

Jelaskan apa yang akan anda diskusikan dengan tokoh-tokoh tersebut yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang anda perjuangkan di depan HRD.

6 Apakah Ukuran Adalah Hal Penting?

Dalam sebuah wawancara kerja, pertanyaan ini jelas pertanyaan jebakan, bahkan jika anda sudah memiliki jawaban dari pertanyaan tersebut, anda tidak boleh langsung menjawab ya atau tidak.

Mulailah dengan mengatakan anda perlu tahu tersebut apa yang mungkin perlu anda pelajari dari kasus yang sedang dihadapi. Apakah ini ukuran sebuah proyek atau sebuah produk, jika ini sebuah proyek, anda dapat menyebutkan ukuran sebuah proyek bukanlah dari besar kecilnya project, tapi bagaimana anda dapat menyelesaikan proyek tersebut secara tepat, cepat dan efisien.

Jika ini adalah sebuah produk, anda juga harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai produk tersebut, apa manfaatnya, bagaimana produk tersebut berinteraksi dengan pelanggan, dan bagaimana meningkatkan nilai tambah produk tersebut, jelaskan bahwa ukuran mungkin bisa menjadi salah satu dari nilai tambah yang bisa diberikan pada produk tersebut.

7 Dimana Anda berada, lima tahun dari sekarang?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan mengenai visi diri anda 5 tahun mendatang, anda sebaiknya menyebutkan bahwa Anda menikmati dan mencintai pekerjaan anda, sehingga anda tidak menemukan diri anda berada di perusahaan lain, anda melihat diri anda berada di perusahaan yang sama, dengan jabatan yang satu/dua tingkat lebih tinggi dari pekerjaan yang sedang anda lamar.

Sebutkan bahwa pekerjaan yang anda lamar ini menggabungkan seluruh kemampuan yang telah anda pelajari selama beberapa tahun sebelumnya.

8 Apakah Warna Kesuksesan?

Ini jebakan pertanyaan bodoh yang bisa menipu anda, anda bisa menjawab berbagai warna, jika anda menemukan perusahaan memiliki identitas warna dominan tertentu, ikutilah warna tersebut dan sebutkan filosofi anda mengapa memilih warna tersebut.

Hindari menyebutkan warna identitas milik kompetitor meskipun anda suka, jelaskan mengapa anda memilih warna yang sesuai dengan identitas perusahaan yang anda lamar.

Untuk memperoleh informasi lowongan kerja, anda dapat mengunjungi website Jooble, anda bisa mencari berbagai loker dari bidang-bidang yang anda kuasai dengan mudah dan melamar pekerjaan anda di Jooble. Dan ingat, jangan sampai terjebak pertanyaan bodoh saat anda melakukan wawancara kerja

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.