Keunggulan Memiliki Mentor Bisnis yang Tidak kamu Dapatkan Dari Buku Entrepreneur

Sebagai seorang pengusaha atau entrepreneur, memiliki seorang mentor bisnis adalah keunggulan yang tidak dapat dipungkiri. Dengan memiliki seorang mentor, pengusaha pemula dapat belajar bagaimana cara mengelola bisnis yang lebih baik dan cara menemukan peluang-peluang baru dari insight yang diberikan oleh seorang mentor.

Membangun sebuah bisnis adalah tantangan berat yang tidak semua orang Indonesia mau dan mampu melakukannya, itulah mengapa di Indonesia lebih banyak orang yang berusaha mencari kerja dibanding menjadi seorang penyedia kerja.

Tiga Cara Memulai Usaha untuk Pemula

Otodidak

Untuk memulai sebuah bisnis, kita bisa memulai dengan berbagai cara. Cara termudah adalah dengan otodidak, atau belajar secara mandiri. Pada awalnya, mungkin kita yang akan melakukan semua pekerjaan untuk bisnis kita, mulai dari bagian purchasing, produksi, marketing hingga mengirimkan produk kita kepada konsumen.

Kita juga harus menangani permasalahan-permasalahan yang muncul saat menjalankan bisnis, mulai dari ketersediaan bahan, kerusakan alat, kesulitan pemasaran dan lain sebagainya. Butuh mental yang benar-benar kuat agar mampu bertahan dalam kondisi sulit saat membangun usaha.

Belajar dari Buku Entrepreneur

Banyak buku entrepreneur yang bisa kita peroleh dengan mudah di toko buku terdekat atau kita beli secara online. Buku-buku ini ditulis oleh para entrepreneur yang sudah terlebih dahulu sukses dengan usahanya. Dalam buku tersebut kita bisa mendapatkan banyak insight terkait dengan pengalaman membangun usaha dari para penulis buku.

Dengan memiliki tambahan wawasan tersebut, kita setidaknya memiliki tambahan amunisi untuk menjalankan bisnis kita. Namun tentu saja, ada keterbatasan, buku hanya memberikan informasi satu arah. Jika ada hal yang ingin kita tanyakan, kita tidak bisa menanyakannya pada buku

Belajar dari Mentor

Cara ketiga adalah dengan belajar dari seorang mentor. Seorang mentor adalah mereka yang sudah berkecimpung terlebih dahulu di dunia usaha, para mentor sudah kenyang dengan pengalaman jatuh bangun dalam membangun bisnis.

Dan seorang mentor akan sangat berguna dalam membantu seorang pebisnis pemula merintis usahanya.

memilih mentor bisnis

Menurut pendiri Sekolah Pengusaha Jogja, Mugihardhi dalam salah satu sesi kelas SEO yang aku ikuti, banyak pemula membuat kesalahan dalam menjalankan bisnisnya, oleh karenanya diperlukan kemauan untuk terus belajar, salah satunya adalah dengan belajar pada para praktisi di bidangnya.

Tentu tidak salah dengan apa yang dikatakan oleh pria yang akrab disapa Pak Dhe Mugi ini, dengan kemauan untuk belajar bersama para ahli, kita memperoleh wawasan baru yang bisa kita maksimalkan untuk mendukung bisnis kita. Memiliki mentor belajar bisnis adalah sebuah keunggulan bagi para entrepreneur pemula yang terkadang masih diliputi kecemasan dengan keberlangsungan bisnisnya.

Pentingnya Memiliki Mentor Bisnis

keunggulan memiliki mentor bisnis untuk pemula merintis usaha

Setidaknya ada empat alasan mengapa mentor bisnis memiliki peran penting dalam pembelajaran kita merintis usaha sendiri. Setiap poin disini memberikan kesempatan pengembangan bisnis yang lebih cepat pada lini usaha yang sedang kita rintis.

Pembelajaran Nyata

Pengalaman adalah guru yang terbaik, termasuk pengalaman gagal dan berhasil saat meniti karir sebagai seorang entrepreneur. Dengan memiliki seorang mentor bisnis, kita bisa mendapatkan insight berdasarkan pengalaman mentor yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Pengalaman tersebut bisa berupa kesalahan mindset, kesalahan strategi, pengalaman melakukan ekspansi, mencari supplier, memperluas segmen market dan saran untuk membangun pondasi bisnis yang kuat. Hal-hal semacam ini tidak dapat diperoleh sekedar dari membaca buku.

Ya, meskipun kamu memiliki puluhan buku tentang entrepreneurship, tanpa seorang mentor bisnis yang nyata mendampingi kamu, yang ada kamu akan terjebak dengan metode-metode berbeda dari buku-buku tersebut.

Dengan adanya mentor, kamu punya role model bagaimana melihat dunia bisnis dari sudut pandang seorang entrepreneur.

Kemungkinan Sukses Lebih Besar

Dengan memiliki bekal pengetahuan dari mentor, seorang pengusaha pemula dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dibanding melakukannya secara otodidak.

Proses pencapaian tahapan perkembangan bisnis pun terasa lebih cepat karena adanya panduan dari mentor bisnis kita.

Hasil riset dan survei yang dilakukan Sage terhadap para pendiri startup menyebutkan, 93% pelaku startup mengakui bahwa mentor bisnis memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan mereka.

Memperluas Jaringan

Salah satu hal penting yang tidak dimiliki oleh buku-buku entrepreneur dalam mendukung para pengusaha pemula adalah tidak adanya opsi untuk memperluas networking.

Dengan memiliki mentor bisnis, selain mendapatkan nasihat dan saran yang berguna terkait perkembangan bisnis kita, kita juga memperoleh tambahan jaringan pengusaha yang berasal dari mentor kita.

mentor bisnis memperluas jaringan

Ya, seorang mentor biasanya akan menunjukkan pada kita dimana bisa menemukan supplier untuk kebutuhan bisnis kita, menemukan target market yang baru yang mungkin belum pernah kita tahu sebelumnya. Kita juga bisa mengenal jaringan bisnis yang dimiliki oleh circle mentor tersebut.

Semakin banyak relasi bisnis yang kita kenal, semakin mudah juga gerak kita dalam mengembangkan usaha.

Dukungan Saat Bisnis Kamu Down

Berdasarkan riset SBA, 30 persen bisnis baru bertahan tidak lebih dari 24 bulan lamanya, dan 50 persen lainnya tidak berhasil merayakan anniversary ke lima. Dalam riset yang sama, 70 persen bisnis yang mampu bertahan di atas 5 tahun, punya kunci utama, yaitu memiliki mentor bisnis.

dukungan mentor bisnis saat usaha bangkrut

Hal ini masuk ke poin terakhir yang tidak akan kamu temukan dalam buku-buku membangun usaha yaitu tidak adanya dukungan dari pihak eksternal saat kamu mengalami permasalahan dalam bisnis kamu yang bisa menyebabkan kamu bangkrut.

Seorang mentor, dapat memberikan dampak positif yang kuat bagi para pengusaha muda. Mentor dapat meyakinkan seorang pemula dalam mengambil keputusan strategis terkait bisnisnya.

Pemula juga bisa mendapatkan dukungan moril saat mereka mengalami depresi saat bisnis yang dirintis menunjukkan tanda-tanda kegagalan. Seorang mentor, mampu memberikan penilaian yang obyektif, memetakan permasalahan yang sedang kita hadapi sekaligus mampu memberikan alternatif solusi yang bisa diambil untuk mengurangi kerugian.

Terkadang saran yang diberikan seorang mentor di masa krusial ini terasa sangat berat, beberapa saran tersebut mengharuskan kita merelakan pencapaian yang sudah kita capai untuk menunjang keberlangsungan bisnis kita. Entah dengan menutup cabang, mengurangi jumlah karyawan, dan lain sebagainya.

Namun saran tersebut adalah saran obyektif terbaik yang bisa kita dapatkan dari seorang yang berpengalaman.

So, jika kamu seorang yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis sebagai seorang entrepreneur, sebaiknya mulai sekarang carilah seorang mentor bisnis yang bisa mendampingi kamu merintis usaha. Kamu juga bisa menemukan mentor bisnis di Kuncie.com

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.