8 Kebiasaan Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata

Di zaman yang modern seperti saat ini, pengguna yang menggunakan kacamata terbilang sangat banyak. Terutama untuk jenis kacamata yang memang ditujukan untuk membantu penglihatan. Alasan kenapa mereka menggunakan kacamata adalah karena kemampuan penglihatan yang menurun. Umumnya kondisi ini terjadi lantaran ketidakpedulian dengan kesehatan matanya. Dimana mereka banyak melakukan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan matanya sendiri. Hingga akhirnya mau tidak mau harus menggunakan kacamata.

8 Penyebab Menggunakan Kacamata

Ada banyak sekali penyebab atau kebiasaan yang menjadi pemicu seseorang mengalami permasalahan kesehatan mata (minus, plus, silinder, dll) sehingga harus menggunakan kacamata, antara lain:

Terlalu banyak beraktivitas di depan layar gadget atau peralatan elektronik

Terlalu sering menggunakan gadget, komputer, dan TV tidak baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan sinar radiasi yang dipancarkan dari berbagai benda ini. Selain itu, sering berada di depan layar gadget akan mengurangi jumlah kedipan mata yang seharusnya dilakukan untuk membersihkan mata dan sebagai pelumasan. Berkedip juga berguna untuk mengistirahatkan otak.

Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menyebabkan terjadinya ketegangan mata. Dengan tidur yang cukup antara 6-8 jam per hari akan membantu mengembalikan mata yang lelah setelah digunakan beraktivitas seharian serta untuk memberikan pelumasan kepada mata.

Menggunakan lensa kontak terlalu lama

8 alasan harus menggunakan kacamata

Saat menggunakan lensa kontak, udara tidak bisa masuk ke dalam mata. Padahal mata membutuhkan oksigen agar bisa bernapas. Akibatnya kornea mata mengalami pembengkakan dan beresiko mengalami keratitis dan infeksi mata lainnya.

Mengusap mata terlalu sering

Hal ini terbilang tidak masalah, karena mengusap mata bisa membantu untuk mengistirahatkan mata. Namun ternyata jika dilakukan terlalu sering justru akan mengganggu kesehatan mata. Dimana bisa beresiko mengalami infeksi mata dan alergi konjungtivitas, keratoconus, serta fenomena kornea mata menipis dan berubah bentuknya yang bisa menyebabkan rabun.

Tidak mengonsumsi makanan yang menyehatkan untuk mata

Hal ini memang terbilang sederhana namun bisa berpengaruh pada kesehatan mata. Adapun makanan yang bagus untuk kesehatan mata, seperti sayuran hijau, buah-buahan berwarna orange yang mampu memberikan beta carotene, vitamin C dan E, telur, kacang-kacangan, ikan berlemak, dll.

Kurang konsumsi air putih.

Dehidrasi akibat kurang minum juga bisa menyebabkan produksi air pada mata menjadi berkurang. Sehingga pelumasan pada mata pun menjadi lebih sedikit dan bisa menyebabkan ketegangan mata. Akibatnya mata sering terasa kering, merah, atau bahkan bengkak.

Tidak menggunakan kacamata gelap

Mata yang dibiarkan terlalu menatap matahari tidaklah baik untuk kesehatan mata. Karena bisa menyebabkan mata mengalami photokeratitis, katarak, atau bahkan kanker mata. Sebagai perlindungan mata, kamu perlu menggunakan kacamata gelap yang sudah dilengkapi dengan fitur UVA/UVB.

Beraktivitas di ruangan dengan kondisi minim cahaya

Jika kamu bekerja di dalam ruangan yang minim pencahayaan maka akan menyebabkan mata susah untuk fokus. Hal ini membuat mata harus bekerja ekstra keras sehingga mudah lelah. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebaiknya gunakan lampu yang bisa memberikan pencahayaan cukup.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab harus menggunakan kacamata. Jika kondisi sekarang mengharuskan kamu untuk menggunakan kacamata, entah itu kacamata minus, kacamata gelap, dll maka sebaiknya beli produk yang berkualitas.

SATURDAYS bisa menjadi tempat yang tepat untuk membeli kacamata karena menawarkan desain kekinian dan material yang berkualitas. Sebagai optik dengan brand lokal yang berdiri sejak tahun 2017 oleh pemiliknya Rama Suparta, SATURDAYS berani memberikan jaminan garansi kualitas. Kemudahan untuk membeli produknya pun terlihat dari beberapa pilihan cara belanja, yaitu bisa secara online di websitenya, secara offline di gerai berkonsep kafe-nya yang berada di beberapa mall besar di Jakarta atau bisa juga dengan menggunakan layanan Home Try-On, yaitu layanan pesan kacamata diantar ke rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.