Alasan Kenapa Memakai SSL

Kenapa memakai SSL untuk blog anotherorion.com? Sebenernya, semua blog yang aku miliki selalu menggunakan SSL. Buat yang belum kenal apa itu SSL, SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Masalah SSL ini beberapa kali aku angkat dalam beberapa artikel terpisah.

But biar lebih fresh gak ada salahnya kalau sekali lagi aku bahas mengenai teknologi SSL ini. Media internet menggunakan infrastruktur komunikasi mulai dari fiber optik, kabel maupun wireless. Media penghantar tersebut menghantarkan data dari smartphone / laptop kita dengan dunia maya yang begitu luas. Entah itu platform social media, blog, marketplace, android apps maupun aplikasi mobile banking.

Ancaman di Dunia Internet

Mengingat dunia internet yang begitu luas, dan tidak selalu aman. Maka data yang dilewatkan dalam jaringan internet sedikit krusial, karena dapat dibaca oleh orang-orang yang tidak berhak. Kita mengenal istilah hacker, yaitu orang yang melakukan hacking terhadap informasi teknologi yang beredar di internet. Hacking adalah istilah teknik menemukan titik lemah/ vulnerable pada sebuah sistem komputer. Saat ditemukan titik lemah yang disebut dengan bug tersebut, seorang hacker dapat mengeksploitasi kelemahan tersebut untuk melakukan serangan, penyadapan data maupun aktivitas lain yang merugikan. Meski begitu tidak jarang juga ada hacker baik yang akan menguji keamanan sistem dan melaporkan pada pihak berwenang mengenai adanya bug yang bisa dieksploitasi pihak lain. Istilah ini disebut ethical hacking.

Selain hacking, terdapat juga cracking. Jika hacking bisa saja bertujuan baik, menemukan kelemahan sistem untuk diperbaiki. Cracking sebaliknya, seorang cracker bertujuan menemukan kelemahan sistem komputer untuk tujuan jahat. Menanam virus, malware, ransomware, menyadap data, mencuri password atau bahkan digunakan untuk kejahatan cyber financial.

Mengapa SSL Penting Bagi Keamanan Dunia Maya

keuntungan menggunakan ssl certificate https

Maka tidaklah heran, jika sebuah website seperti mobile banking, marketplace, dan akun sosial media kita menggunakan teknologi pengaman yang disebut dengan SSL. SSL berfungsi untuk melakukan enkripsi data yang dilewatkan lewat dunia maya.

Agar lebih jelas mengenai teknologi SSL ini ada analogi yang cukup mudah dipahami.

Bayangkan, kamu mengambil uang sepuluh juta dari bank ke rumah. Uang tersebut kamu genggam di tangan, di sepanjang jalan, orang-orang bisa melihat kamu memegang uang sebanyak 10 juta. Tidak semua orang akan berusaha mencuri atau merampas uang itu, tetapi semua orang bisa melihat dengan jelas kamu membawa uang yang cukup besar.

Opsi berikutnya, kamu mengambil uang di bank dan menaruhnya dalam money box terkunci yang kamu sembunyikan di dalam tas kamu. Mungkin ada ratusan orang yang bertemu denganmu di sepanjang perjalanan ke rumah, tetapi tidak seorangpun yang tahu apa yang kamu bawa, apakah kamu membawa uang, atau sekedar buku pelajaran.

Begitu sampai di rumah, kamu bisa mengambil uang tersebut dari moneybox dan menunjukkannya pada orang rumah, bahwa uangnya genap 10 juta.

Analogi di atas, adalah perumpamaan sebuah data yang dilewatkan di dunia maya, tanpa menggunakan enkripsi, dan menggunakan enkripsi. SSL bertindak sebagai tas yang akan melindungi data yang kamu bawa sepanjang perjalanan. Sehingga tidak menarik orang lain untuk ingin tahu, dan berusaha untuk mencurinya.

Sekarang seandainya tas kamu jatuh dijalan, tidak semua orang bisa mengambil uang kamu karena tidak memiliki kunci money box untuk membukanya. Dan demikianlah cara kerja SSL, saat data kamu jatuh ke tangan hacker, belum tentu mereka mampu membuka isi data yang mereka dapatkan karena sudah dienkripsi sedemikian rupa.

Lalu data apa saja yang kita kirimkan melalui internet?

Username dan password berbagai akun mulai dari email sosial media, blog, marketplace, e-wallet dan ibanking. Selain itu data transaksi digital banking, baik melalui e-wallet maupun internet banking. Apa jadinya jika data-data tersebut bisa dibaca oleh orang yang tidak bertanggungjawab?

Cara membedakan sebuah website sudah menggunakan teknologi SSL atau belum sangat mudah, jika url bar menunjukkan http, maka dia belum SSL, tapi jika sudah menggunakan https maka sudah pasti menggunakan SSL.

cara membedakan website SSL atau belum

Selain itu, di beberapa browser, website yang menggunakan SSL ditandai dengan icon gembok atau warna hijau.

Tujuan Memasang SSL di Blog

Meskipun blog tidak melakukan transaksi finansial atau login sebagaimana social media, marketplace maupun internet banking, akan tetapi, penambahan fitur SSL akan sangat berguna untuk pembaca blog kita.

  1. SSL meningkatkan tingkat kepercayaan sebuah blog di mata pembaca
  2. SSL menaikkan tingkat kepercayaan sebuah blog di hadapan search engine

Dengan perkembangan SEO saat ini, penggunaan SSL merupakan sebuah keniscayaan. Mengingat, Google sendiri menyebutkan jika ada dua website yang memiliki skor SEO sama, maka Google akan mengutamakan website yang sudah menerapkan SSL untuk ditampilkan di peringkat yang lebih tinggi dibanding website yang belum menerapkan SSL.

alasan kenapa memakai ssl untuk website blog

SSL dapat mengamankan data yang berada di perjalanan dari website kita ke browser pengguna. Meski demikian kita masih tetap membaca data analitik dari pengunjung kita maupun data search performance di google search console. Karena memang website kita adalah node tujuan yang ingin dibuka pengunjung web kita. Akan lain halnya jika terjadi aktivitas hacking, dimana pengunjung kita diarahkan ke website lain yang menyerupai website kita, maka pengunjung tersebut akan memperoleh warning.

Cara Mendapatkan SSL

Agar dapat memperoleh SSL caranya cukup mudah, untuk pengguna blogspot, cukup dengan mengaktifkan fitur HTTPS di bagian pengaturan dashboardnya. Untuk pengguna wordpress TLD, bisa menggunakan SSL yang gratis maupun berbayar.

sertifikat SSL domainesia

Untuk solusi sertifikat SSL Indonesia, kamu bisa mendapatkannya di Domainesia. Dengan harga mulai Rp. 99.000 per tahun, kamu sudah bisa mendapatkan sertifikat SSL Domain Validated Grade A dari Positive SSL.

Buat kamu yang sekalian mau cari hosting, Domainesia juga menawarkan hosting murah gratis SSL untuk pembelian paket hosting di Domainesia. Jangan kuatir mengenai fitur dan kecepatan hosting di Domainesia, karena sudah dilengkapi dengan Entreprise grade NVMe SSD, garansi 99.9% uptime, dukungan Cloudflare Railgun serta pilihan 5 lokasi server di 5 data center terbaik di seluruh dunia.

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.