Analogi

Analogi, apa sih yang dimaksud dengan analogi? Analogi adalah sebuah perbandingan terhadap dua kondisi yang memiliki persamaan. Dengan menggunakan analogi diharapkan seseorang dapat memahami cara kerja sesuatu yang baru, yang rumit dengan hal yang lebih simpel dan memiliki persamaan dengan yang hendak dianalogikan

Selain kerap dijadikan sebagai sarana untuk menjelaskan sebuah fenomena baru atau rumit, analogi juga kerap dihadirkan dalam sebuah arena diskusi dan perdebatan. Analogi dianggap sebagai pendekatan pembenaran terhadap materi yang ia sampaikan, sehingga dengan menggunakan analogi lawan diskusinya akan menjadi kabur dengan interprestasi terhadap subyek awalnya karena tersamar oleh analogi yang disajikan. Ingat sedekat apapun analogi dengan subyek aslinya, tetaplah ia tidak mewakili secara keseluruhan. Hanya sebagian kecil dan tentunya adalah yang memiliki persamaan menguntungkan.

Dulu seorang kontak di blog lamaku pernah menulis tentang apa itu analogi, pada dasarnya, ketika seseorang membuat analogi maka ia akan membuat analogi yang sesuai dengan keinginannya, dengan maksud agar mendukung pernyataan2nya, dan tidak mungkin bagi seseorang memunculkan analogi yang justru bertentangan dengan apa yang hendak disampaikannya.

Disini artinya ketika seseorang muncul dengan sebuah analogi, dan ia tidak sedang mencoba untuk menjelaskan sebuah fenomena, maka sudah pasti ia menggunakan analogi terbaik yang bisa ia temukan untuk mendukung pernyataannya, bukan sebaliknya.

BACA JUGA:   Fight Hard
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.