Aplikasi Belajar Online QuBisa Ada Kursus Gratis Bersertifikat

Pandemi corona membuat aplikasi belajar online mengalami booming, data Global Web Index pada Juli 2020 mencatat peningkatan kebutuhan penggunaan platform belajar online untuk anak mencapai 67%, dengan jumlah download aplikasi di Playstore mencapai 466 juta download dan Apps Store sebanyak 470 juta download pada kuartal pertama tahun 2020.

Tentu tidaklah mengherankan karena sejak adanya pandemi corona, dan pemerintah negara mulai meniadakan pembelajaran tatap muka serta memulai aktifitas belajar online lewat platform e-learning, maupun aplikasi belajar online.

Para siswa dan mahasiswa dari seluruh dunia terpaksa harus belajar dari rumah dan memanfaatkan perangkat komputer maupun smartphone mereka sebagai sarana mengikuti kelas online yang diselenggarakan oleh sekolah maupun universitas.

Pada satu sisi, pandemi sebagai bencana global ini justru secara langsung berimbas pada percepatan akses teknologi digital, meskipun tentu saja ada pengecualian di daerah-daerah yang infrastruktur teknologinya masih kurang, akan tetapi hal tersebut juga membuat para provider mulai membuka mata akan kebutuhan pelanggan akan kecepatan akses serta coverage area yang meningkat dengan pesat selama masa pandemi ini.

aplikasi belajar online qubisa

Dan bukan hanya platform belajar daring untuk anak usia sekolah saja, mereka yang sudah lulus pun mendapatkan kesempatan yang sama dengan program pemerintah seperti prakerja, pelatihan instansi pemerintah seperti pelatihan kemnaker, kominfo, maupun instansi lain.

Di sisi lain, peningkatan permintaan juga oleh masyarakat umum yang ingin terus mengasah dan mengembangkan skill mereka dengan mengikuti kursus online maupun webinar pengembangan diri. Ada banyak pilihan media kursus online yang bisa dimaksimalkan oleh masyarakat dalam sebagai bagian dari career development di bidang pekerjaan mereka.

Aplikasi Belajar Online QuBisa

QuBisa merupakan platform belajar online yang mengambil segmentasi untuk mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda agar lebih kompeten dalam bidang mereka terutama dalam masa Masyarakat Ekonomi Asean seperti saat ini.

ksm mv2

Sebagaimana kita tahu saat ini, sejak MEA berjalan, ada banyak perusahaan dan tenaga kerja Asean yang juga turut hadir di Indonesia, hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda yang juga harus turut berkompetisi dalam ketatnya persaingan dunia kerja.

Menjawab Permasalahan Pendidikan Indonesia

Kemunculan QuBisa ini seolah menjadi jawaban atas permasalahan dunia pendidikan Indonesia. Data Badan Pusat Statistik bulan Agustus tahun 2020 mencatat kenaikan drastis jumlah pengangguran di Indonesia hingga 34.16% dibanding bulan yang sama di tahun 2019. Jumlah tersebut adalah 7,07 persen dari jumlah angkatan kerja Indonesia sebanyak 138,2 juta orang. Dengan demikian ada 9,77 juta angkatan kerja yang menganggur.

Berdasarkan persentase pengangguran terbuka yang dirilis BPS dilihat dari tingkat pendidikan adalah sebagai berikut

  1. SMK 13,55%
  2. SMA 9,86%
  3. Diploma 8,08%
  4. Sarjana 7,35%
  5. SMP 6,46%
  6. SD 3,61%

Jumlah pengangguran dengan tingkat pendidikan rendah ternyata juga paling rendah di Indonesia, kondisi ini bisa disebabkan oleh dua faktor. Pertama adalah keberhasilan program pemerintah dalam menuntaskan wajib belajar selama 9 dan 12 tahun. Faktor kedua adalah kurangnya minat masyarakat Indonesia berwirausaha.

Jika dilihat dari persentase di atas, jumlah pengangguran di Indonesia masih didominasi oleh kaum terdidik, dan yang lebih mencengangkan bagaimana profil lulusan SMK kita yang masih banyak tidak terserap oleh dunia kerja. Sedangkan mereka sebenarnya sudah dibekali dengan skill pengetahuan di bidang masing-masing.

Pertanyaannya adalah, ada apa dengan dunia pendidikan dan dunia kerja di Indonesia? apakah keduanya berjalan sendiri-sendiri sehingga lulusan dari sekolah dan kampus tidak dapat terserap oleh industri?

QuBisa hadir sebagai jembatan para lulusan baru untuk mempelajari berbagai hal yang tidak ditemukan selama masa pendidikan mereka, baik berupa hard skill maupun soft skill. Harapannya, dengan pembelajaran online di QuBisa, dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan, atau memulai berwirausaha.

Apa Saja Yang Ada di QuBisa

QuBisa merupakan platform belajar online yang cukup lengkap guna mendukung berbagai tipe belajar penggunanya, ada model webinar, kelas online, kelas gratis, kelas bersertifikat, microlearning maupun kelas kilat.

Microlearning dan kelas kilat merupakan jenis kursus yang baru aku ketahui saat membuka QuBisa, keduanya bisa dihabiskan dalam satu kali tatap muka saja.

Pemaparan model ini cocok untuk mereka yang ingin dapet insight baru tapi tidak punya banyak waktu untuk mengakses seluruh materi pembelajaran jika harus mengikuti kursus online gratis yang terbagi jadi beberapa materi dan harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu.

Kategori pembelajarannya mulai dari bisnis, design, finance accounting, human resource, personal development, academic, juga ada pelatihan digital marketing

kdm mv2

Ada dua kategori yang menarik menurutku yakni Keterampilan Sukses Millenial dan Keterampilan Digital Millenial. Keterampilan Sukses Millenial merupakan jenis keterampilan yang membantu mengarahkan penggunanya agar dapat sukses dalam bidang mereka masing-masing. Jadi disini yang ditekankan adalah soft skill seperti keterampilan dasar, agilitas, kepemimpinan, kemampuan berinovasi serta self development.

BACA JUGA:   Kuliah di Malang? Coba Salah satu Kampus Ini

Keterampilan Digital Millenial sendiri merupakan sebuah nilai tambah buat kalian yang merupakan generasi digital, kalian bisa mempelajari berbagai pelatihan digital marketing, baik yang gratis maupun berbayar. Oh ya selain kelas berbayar, platform QuBisa ini punya banyak kelas gratis, jadi klo kalian cari kursus online digital marketing yang gratis, coba deh mampir di QuBisa

Bagaimana jika kebutuhan akan sertifikat menjadi salah satu hal penting dalam pekerjaan kalian? Ada beberapa course bersertifikat yang ada di QuBisa, dari yang aku amati beberapa course ini ada yang bersertifikat umum dan ada juga yang bersertifikat khusus. Bersertifikat khusus maksud aku adalah sertifikasi pelatihan yang memang sudah jamak digunakan dan diakui sebagai standar sertifikasi industri bidang tertentu.

Microlearning Untuk Sukses Di Usia Muda

kesuksesan hidup

Aku cukup suka dengan model microlearning ini, salah satu yang kemarin aku ikuti adalah microlearning Maria T Kurniawati, seorang Human Capital Expert & ICF Certified Coach, microlearningnya berjudul 6 Tahapan Menuju Sukses Usia Muda, menurut bu Maria ini ada tahapan yang perlu setiap manusia lakukan, terlepas dari siapa ia, dan apa bidang pekerjaan yang dilakukannya.

BACA JUGA:   Koordinasi UNBK Kabupaten Sleman

Semua dimulai dari diri kita sendiri, untuk mengambil sebuah pilihan, kemudian kita mulai menjalankan kegiatan sebagai konsekuensi dari pilihan tersebut, behaviour adalah bagaimana kita masih membiasakan diri dengan kebiasaan, sedangkan habit adalah saat kebiasaan mulai mendriven diri kita, selanjutnya adalah konsisten dengan apa yang kita lakukan.

Bikin Microlearning Kamu Sendiri di QuBisa

Saat ini QuBisa tengah mengadakan lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta, agar kamu bisa berkesempatan menjadi salah satu pemenang ada syaratnya lho, caranya adalah dengan membuat konten video edukasi di QuBisa melalui microlearning festival ini.

Videonya bisa kalian buat sendiri menggunakan smartphone kalian, dengan durasi maksimal 2 menit saja lho. Tidak mengandung unsur negatif serta tidak melanggar hak cipta dari pihak lain. Cara upload video pembelajaran microlearning ini juga cukup gampang

tutorialuploadmicrofestival mobile

Untuk kalian yang punya kemampuan di bidang tertentu dan ingin jadi instruktur kalian juga bisa menjadi instruktur di QuBisa dan menggelar kelas online kalian sendiri lho. Pilih menu Jadi Instruktur yang ada di bagian bawah profil kalian, kemudian kalian akan di arahkan ke subdomain instruktur milik QuBisa. Disini kalian bisa mengupload draft konten kalian. Mengatur apakah course materi kalian berbayar atau free.Draft tersebut nantinya akan direview oleh tim QuBisa sebelum diputuskan apakah memenuhi standar atau belum.

Belajar Sambil Kumpulin Poin

Oh ya disini kalian bisa juga kumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar. Caranya pun cukup mudah, jika kalian melakukan aktifitas di QuBisa, kalian akan mendapatkan poin, semakin panjang durasi course yang kalian ikuti semakin banyak juga poin yang bisa kalian kumpulkan.

poinqu

Apa saja cara kumpulin poin di QuBisa? Beberapa di antaranya

  1. Membuat akun
  2. Login harian
  3. Mendaftar kursus
  4. Menyelesaikan kursus
  5. Mereview kursus
  6. Mendaftar webinar
  7. Mengikuti webinar
  8. Mereview webinar
  9. Menonton microlearning
  10. Menyukai microlearning
  11. Mengomentari microlearning

Para pengguna akan otomatis terdaftar dalam Liga PoinQu, 50 pengguna dengan PoinQu terbanyak akan mendapatkan uang total senilai 10 juta rupiah. Nah gimana? Seru bukan, di aplikasi belajar online QuBisa, kamu gak sekedar belajar aja lho, tapi juga bisa jadi pengisi konten dan mendapatkan berbagai hadiah menarik, gabung yuk sekarang

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.