Baterai Tetap nol persen saat di charger

Pernahkah kamu mengalami baterai tetap nol persen saat dicharger? Waktu colokin laptop dengan charger, baterai nol persen terus, malah ada tanda silang di tampilan baterai pada layar. Kenapa ya? Nah, ada kalanya karena umur perangkat elektronik sudah uzur, maka kekuatannya pun berkurang bahkan mungkin bisa sampai tidak dapat lagi bekerja. Meskipun pada saat ini beberapa komponen diembel-embeli lifetime warranty, pada dasarnya bukan berarti bisa digaransi sampai hari kiamat. Lifetime warranty artinya memang garansi seumur hidup, tapi bukan seumur hidup penggunanya melainkan seumur hidup perangkatnya.

Penyebab Baterai nol Persen Terus saat Dicharger

Ini hanyalah bahasa marketing untuk menarik minat pembeli, peripheral yang sering mendapat lifetime warranty adalah RAM & flashdisk, kedua benda tersebut dapat digaransikan selama pabriknya masih menyediakan perangkat yang sama / sejenis, jika perangkat tersebut sudah tidak didukung maka pilihannya adalah upgrade ke produk yang lebih baru dan kitapun harus bayar.

Sedangkan produk lain seperti baterai, adaptor, laptop punya garansi terbatas hanya satu – dua tahun. Setelah itu jika terjadi kerusakan otomatis menjadi beban penggunanya. Baterai adalah benda yang paling sering bermasalah dimakan usia. Pada saat awal beli mungkin baterai mampu mensupport sumber daya laptop sampai dengan durasi dua jam pemakaian. Tetapi setelah pemakaian bertahun-tahun maka kemampuan si baterai akan terus menurun dan akhirnya tidak dapat lagi digunakan untuk menyimpan daya.

baterai tetap nol persen saat dicharger

 

Penyebab indikator baterai tidak bertambah saat dicharger adalah faktor usia dan pemakaian. Jika usia baterai sudah mencapai lebih dari tiga tahun biasanya baterai akan cepat terkuras dayanya, bahkan meskipun dalam kondisi dicharger terus menerus toh tetap saja setelah charger dilepas baterai hanya akan bertahan selama beberapa menit. Ada kalanya baterai benar-benar butuh penopang hidup, begitu charger dilepas atau kondisi listrik mati, otomatis laptop ikutan mati, artinya bahwa baterai tersebut telah benar-benar mati.

Salah satu indikator lain jika baterai laptop kita sudah mati adalah meski posisi charging dan laptop menyala, tetapi indikator baterai tetap menunjukkan nol persen, artinya arus yang masuk dari adaptor hanya sekedar numpang lewat dibaterai lalu digunakan untuk mensupplai kebutuhan laptop.

Solusi baterai tetap nol persen mulu saat dicharger gimana?

Jika kondisi baterai sudah demikian maka solusi utamanya adalah segera mengganti baterai nol persen laptop anda dengan membelinya di toko terdekat atau secara online. Anda bisa menggunakan baterai laptop yang orisinil dengan harga yang tentu saja lebih mahal atau menggunakan baterai laptop KW yang lebih murah. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.

Jika anda belum memiliki dana untuk membeli baterai tipe KW sekalipun, maka pilihannya adalah memaksa adaptor terus menerus tertancap di stop kontak listrik. Hal ini agak riskan karena otomatis membuat kinerja adaptor terkuras, adaptor cepat panas bahkan untuk pemakaian lama bisa merusak adaptornya sendiri.

Untuk meminimalisir saat terjadi pemadaman listrik yang bisa merusak laptop, bisa menggunakan bantuan UPS agar bisa mematikan laptop lebih aman saat terjadi pemutusan / lonjakan arus. Selain itu, adaptor laptopnya juga perlu didinginkan, bisa menggunakan pendingin aktif seperti kipas angin, atau pendingin pasif seperti heatsink/ casing computer agar panas yang dikeluarkan adaptor cepat terserap oleh logam.

Pilihan terakhir adalah mencoba cara memperbaiki baterai laptop dengan cara memasukkan baterai mati ke dalam freezer kulkas selama 1-2 hari, sebelumnya harus dikemas dalam plastik rapat-rapat agar tidak ada air yang masuk dan menempel di baterai, konon cara ini bisa membantu menghidupkan cell dalam baterai, tetapi hanya bisa berlaku satu kali saja, jika sebelumnya pernah dimasukkan ke dalam freezer maka cara ini tidak lagi berguna. Benar tidaknya saya sendiri kurang tahu karena belum pernah mencoba. Use it at your own risk!

Cara Membeli Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama di Internet

Cara paling mudah mengatasi baterai nol persen saat dicharger adalah dengan membeli baterai baru di marketplace, caranya cukup mudah

  1. Copot baterai laptop kamu, perhatikan kode baterai tersebut
  2. Buka halaman Pencarian baterai di marketplace
  3. Masukkan kode baterai di halaman tersebut
  4. Pilih baterai yang sesuai tipe yang kamu cari, perhatikan
    1. No seri baterai sama/ direkomendasikan untuk seri laptop kamu
    2. Bentuk Fisik baterai harus sesuai dengan baterai laptop kamu
    3. Konektor +- pada baterai tidak terbalik
    4. Harga (biasanya harga lebih mahal dengan spek berbeda lebih baik)
    5. Berat, semakin berat baterai biasanya kualitas penyimpanan semakin baik
  5. Setelah mendapatkan baterai laptop yang cocok klik buy
  6. Lakukan pembayaran dan tunggu baterai diantar sampai ke rumah

Merawat Baterai Bukan Bawaan Laptop

Baterai laptop yang bukan bawaan, atau yang kamu beli di tempat lain biasanya punya kekurangan dibanding baterai yang memang sudah include dalam pembelian laptop. Terutama dalam kualitas kemampuan penyimpanan, jadi jangan terkecoh dengan embel-embel Original di marketplace, karena biasanya original yang dimaksud adalah orisinal dibuat oleh Pabrik OEM (original equipment manufactur)nya

Jika kamu menggunakan laptop dengan baterai yang pernah diganti, baterai baru kamu perlu perawatan dan perhatian yang ekstra

  1. Jangan biasakan mencharger saat digunakan bekerja dalam waktu lama
  2. Biasakan mematikan laptop dan mencharger setelah laptop hampir habis mendekati nol persen, jarak aman aku biasanya antara 10-18%
  3. Jika ingin bekerja lama di rumah/kantor sebaiknya lepas baterai agar laptop terhubung langsung ke stop kontak AC

Solusi no 3 untuk menghindari mati listrik kamu bisa menggunakan UPS agar baterai kamu lebih awet dan pekerjaan kamu tidak hilang gegara mati listrik

 

12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.