Belajar Bareng Rucika, Perbedaan Pipa HDPE, PPR dan PVC

Jika kita bicara pipa air, kita akan segera mengingat PVC, namun selain PVC juga ada pipa HDPE dan pipa PPR. Lalu Apa sih perbedaan pipa PVC, HDPE dan PPR? Biar gak penasaran dan tahu apa perbedaan ketiga pipa di atas, aku sendiri jadi tahu perbedaanya setelah mampir dan baca-baca di websitenya Rucika.

Emangnya ngapain sih aku cari informasi mengenai jenis-jenis pipa air ini? Rencananya sih, rencana aja nih, aku punya target satu tahun ini setidaknya mulai pembangunan rumah di belakang unit ruko.

Dua tahun lalu pas pembuatan ruko, aku emang gak dilibatkan karena ya namanya masih anak muda, jadi pembangunan di handle mertua dan timnya. Sebenernya ya banyak hal yang kurang pas soal pengerjaan, terutama mengenai aliran air mulai dari sumur sampai pembuangan.

Cuma ya karena namanya anak mantu, jadi ya manut kalo kata orang Jawa sih ngestokaken dhawuh.

Tapi ya wis lah, cuma ya aku mikir karena ini besok rencana mau bikinnya hunian paling gak belajar sedikit-sedikit biar nantinya pembangunan bisa berjalan efektif, efisien n dananya juga gak terbuang percuma mengingat saldo rekening pun sebenernya gak seberapa.

Rumah itu sendiri sih nantinya gak aku tempati sendiri, rencananya mau diputerin dulu disewakan or dikontrakkan. Untuk sementara aku gak masalah sih menempati perum PMI (Pondok Mertua Indah) biar sekarang duitnya muter dulu jadi ruko sama rumah kontrakan.

Nah bicara soal rumah kontrakan itu nantinya, posisinya bakalan ada di tengah, beda dengan ruko yang posisinya di depan dan langsung dapet selokan, di bagian tengah ini aku perlu menyiapkan pipa yang cukup panjang untuk menjangkau selokan biar proses pembuangan air limbahnya bisa sekali jalan, kuat dan tahan lama. Maka gak heran kan klo aku belajar sedikit soal jenis pipa air ini.

Perbedaan Pipa HDPE, PVC dan PPR

Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah pipa yang dibuat dari High Density Polyethylene, pipa hdpe terbuat dari senyawa polytethylene yang berasal dari petrokimia. Plastik HDPE memiliki rantai polimer tunggal yang cukup panjang sehingga membuatnya padat, kuat dan tebal.

HDPE adalah plastik jenis food grade yang aman digunakan untuk peralatan makan dan minuman. Untuk pembuatan pipa HDPE dikenal material PE-100 yang mendukung penyaluran air bersih bertekanan.

perbedaan pipa hdpe pvc ppr rucika

Pipa HDPE ini bersifat lentur, biasanya dijual dalam bentuk roll sepanjang seratus meter. Pipa ini cocok digunakan untuk pemasangan jaringan pipa di daerah yang menantang seperti rawa, daerah bertanah labil, rawan gempa, mudah tergenang. Karena selain memiliki tingkat elastisitas tinggi dan keretakan yang rendah. Pipa HDPE Rucika Black memiliki lifetime lebih dari 50 tahun.

Pipa air Rucika ini dirancang untuk kebutuhan transportasi dan kebutuhan air untuk industri, pertanian dan perkebunan.

Pipa PVC

kelebihan pipa PVC Rucika

Pipa PVC adalah jenis pipa paling familiar dan paling banyak digunakan untuk instalasi perumahan dan perkantoran. Pada umumnya semua gedung menggunakan pipa jenis PVC. Pipa yang terbuat dari senyawa PolyVinyl Chloride ini merupakan bahan plastik kedua paling banyak digunakan setelah polyethylene (dimana HDPE juga termasuk anggota polyethylene)

Btw, bahan PVC sebenarnya sangat tidak disarankan digunakan oleh masyarakat, karena ada beberapa zat yang digunakan dalam kandungan PVC yang bisa menyebabkan kanker serta alergi pada anak.

Tidak heran jika Rucika memiliki produk Rucika Standard untuk kategori pipa PVC, jenis ini terbuat dari bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride) dimana polimer ini memiliki kandungan Calcium Zinc tanpa timbal yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Rucika Standard juga telah mengantongi sertifikasi JIS dan ISO 9001:2000

Pipa PPR

Perbedaan pipa PVC, PPR dan pipa HDPE Rucika

PPR adalah singkatan dari Polypropylene Random, bahan PPR ini bersifat kaku dan tahan panas, kekuatannya sendiri memang tidak sekuat pipa HDPE, namun lebih kuat dibanding plastik berjenis LDPE. Plastik PPR dapat digunakan aman untuk makanan dan minuman, bahkan aplikasinya juga digunakan untuk bahan pembalut dan popok bayi sekali pakai.

Untuk kebutuhan pipa, Pipa PPR biasanya berwarna hijau, karena sifatnya yang tahan panas, pipa berkarakter unik ini dapat digunakan untuk air bersuhu tinggi dan bertekanan.

Pipa Air PPR produk Rucika adalah Rucika Kelen Green. Produk Rucika Kelen Green sendiri terbagi menjadi tiga spesifikasi yakni

  • PN 10 untuk mengalirkan air dingin bertekanan
  • PN 16 untuk mengalirkan air panas dan dingin bertekanan
  • PN 20 untuk mengalirkan air panas bertekanan

Kesimpulan

perbedaan pipa hdpe pvc dan ppr pipa air rucika

Dari jenis pipa air yang tersedia di pasaran, paling gak nanti aku bakalan make pipa jenis HDPE dan PVC, perbedaan pipa HDPE nanti aku alokasikan untuk pipa dari sumur ke dapur dan menuju tempat pembuangan, sedangkan pipa PVC bisa dipakai untuk kamar mandi, untuk PVC nanti rencananya ambil seri Rucika Standar yang berbahan uPVC tanpa timbal yang aman untuk kesehatan.

Kalian sendiri setelah baca artikel ini sudah paham belum perbedaan pipa HDPE, PVC dan PPR?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.