Berikut Ini Cara Mengobati Batuk Yang Bisa Anda Coba

Semua orang pasti pernah mengalami batuk? Pada saat batuk tentunya anda akan terasa terganggu untuk melakukan aktvitas sehari-hari. Apalagi batuk tersebut tersebut disertai dengan demam yang tentunya akan membuat anda tidak bisa melakukan apa-apa. Lalu bagaiman cara mengatasi batuk ini? oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara mengobati batuk dengan cepat sebagai berikut :

Cara Mengobati Batuk

1. Mengurangi Alergen

cara mengobati batuk

Salah satu cara untuk mengobati batuk dengan cepat yang pertama adalah mengurangi alergen. Karena alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat yang tidak berbahaya. Akibatnya, gejala seperti batuk, pilek, dan bersin sering muncul sebagai respon tubuh terhadap alergi. Biasanya alergen atau pemicu alergi ini bisa berupa jamur, bulu hewan peliharaan, dan debu. Dalam hal ini, menurut National Sleep Foundation, anda bisa mengurangi alergen terkait alergi di kamar tidur dengan berbagai cara, seperti :

– Rutin membersihkan kamar tidur dari debu-debu yang menempel.

– Mencuci seprai dengan air panas selama seminggu sekali.

– Mandi sebelum tidur guna menghilangkan alergen yang berasal dari luar ruangan.

– Tidak membiarkan hewan peliharaan anda masuk ke dalam kamar apalagi ke atas kasur.

2. Minum Teh Herbal Dengan Madu

Cara mengobati batuk dengan cepat berikutnya adalah dengan minum teh herbal dengan madu. Dalam hal ini, Norman H.Edelman,MD,Association mengatakan bahwa minum teh herbal hangat dengan madu bisa membantu untuk melegakan tenggorokan, mengurangi iritasi, serta mengencerkan lendir pada saluran pernapasan. Namun sebaiknya minum teh yang tidak mengandung kafein supaya tidur anda tidak terganggu. Selain itu, usahakan menaruh termos berisi air hangat di dekat tempat tidur saat anda terbangun di malam hari karena batuk sehingga anda bisa segera meminumnya.

3. Berkumur Dengan Air Garam

Air garam ini diklaim mampu meredakan tenggorokan yang sakit dan mengalami iritasi. Bukan hanya itu, air garam ini juga bisa membantu mengeluarkan lendir yang berada di belakang tenggorokan serta mengurangi rasa gatal di saluran napas. Untuk mengobati batuk, anda bisa mencampurnya dengan 1 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat dan berkumur sebanyak beberapa kali sebelum tidur. Mudahkan?

4. Meninggikan Posisi Bantal Saat Tidur

Dengan meninggikan posisi bantal ketika tidur bisa membantu mengatasi batuk di malam hari. Soalnya, jika tidur terlentang akan membuat lendir menumpuk di belakang tenggorokan dan bisa menghalangi saluran napas. Akibatnya, anda akan terbatuk-batuk sepanjang malam untuk mengeluarkan lendir yang menghalangi saluran napas. Oleh karena itu, cobalah anda menmbah bantal saat tidur supaya letak kepala menjadi lebih tinggi.

5. Minum Obat Pereda Batuk

Cara berikutnya untuk meredakan batuk secara cepat adalah dengan meminum obat pereda batuk. Saat ini obat pereda batuk sudah banyak dijual di pasaran, bahkan bisa anda temukan di warung-warung dekat rumah anda. Secara umum, terdapat 2 golongan obat batuk yakni :

– Penekan rangsangan batuk, dimana obat ini bisa mencegah refkejs tubuh untuk batuk

– Ekspektron, yang membantu mengencerkan lendir di paru-paru sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan dan membantu untuk mempercepat penyembuhan batuk.

6. Berhenti Merokok

Merokok bisa menyebabkan batuk kronis yang bisa terjadi sepanjang hari, termasuk pada malam hari. Oleh karena itu, dengan berhenti merokok pastinya bisa membantu mengurangi batuk.

Selain dengan cara-cara di atas anda juga bisa mencoba meredakan batuk dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti jahe, seledri, teh, dan lain sebagainya.

 

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.